Roboguru

Pembuatan kerangka teks harus menitikberatkan pada pembuatan ....

Pertanyaan

Pembuatan kerangka teks harus menitikberatkan pada pembuatan ....space 

Pembahasan Soal:

    Teks laporan hasil observasi merupakan teks yang berisi penjabaran tentang suatu objek melalui kegiatan pengamatan/penelitian. Penjabaran tersebut harus sesuai fakta yang ada, berupa data-data yang akurat. Hal ini bertujuan untuk memperkuat informasi yang disampaikan dalam bentuk teks.

Adapun langkah-langkah menulis teks laporan hasil observasi sebagai berikut. 

  • Menentukan topik

    Penentuan topik bertujuan agar penulis atau pengamat yang akan melakukan observasi dapat fokus untuk menentukan dan mencari sumber referensi mengenai objek yang akan diamati.

  • Membuat judul

    Penulisan judul harus menarik dan sesuai pengamatan yang telah dilakukan.

  • Membuat kerangka teks 

    Pembuatan kerangka teks harus menitikberatkan pada pembuatan gagasan utama sesuai hasil pengamatan. Kerangka karangan akan memudahkan kita ketika menulis.

  • Menyusun teks

    Penyusunan teks LHO harus sesuai dengan struktur teksnya, yaitu pernyataan umum (pengenalan tentang objek yang diamati), klasifikasi, deskripsi bagian (penjelasan tentang klasifikasi objek yang diamati), dan deskripsi manfaat.

  • Menyunting Teks 

    Menyunting teks dilakukan untuk mengurangi atau meminimalisasi kesalahan dalam penulisan, baik isi maupun tata bahasa. Jika terdapat kalimat janggal atau kesalahan penulisan, teks dapat segera diperbaiki kembali.

    Dilihat dari langkah-langkah menyusun teks laporan observasi, kerangka teks harus menitikberatkan pada gagasan utama yang sesuai dengan pengamatan.

Dengan demikian, pembuatan kerangka teks harus menitikberatkan pada pembuatan gagasan utama.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Iga

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Laporan yang tepat sesuai dengan data tersebut adalah....

Pembahasan Soal:

Laporan berarti memberikan penjelasan terkait dengan kegiatan yang sudah kita laksanakan. Laporan tersebut harus dijelaskan secara terperinci, tidak ada keterangan yang dibuat-dibuat atau dilebihkan bahkan ada data yang dikurangi, jadi harus berdasarkan fakta yang ada. Maka, laporan yang tepat sesuai dengan data tersebut adalah: "SMP Pemuda memiliki kantin sekolah yang memadai. Dengan jumlah siswa sebanyak 568 orang, kantin yang berada di lantai dua itu dilayani oleh empat petugas yang ramah. Di ruang yang luas itu ada 20 meja panjang lengkap dengan bangku-bangku plastiknya yang berwarna merah. Siswa yang jajan mengantre dengan tertib saat istirahat".

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined 

0

Roboguru

Kerangka laporan hasil observasi meliputi ....

Pembahasan Soal:

Untuk dapat menyusun teks laporan hasil observasi dengan baik, kita perlu melakukan kegiatan pengamatan atau dengan membaca sumber referensi terkait objek yang akan diobservasi (buku, artikel, surat kabar, dll). Hal ini bertujuan supaya kita dapat mengumpulkan fakta sebagai bukti untuk memperkuat infoermasi yang hendak disampaikan dalam teks observasi tersebut.. Berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan, mulailah menyusun kerangka laporan dengan memperhatikan bagian/struktur teksnya, yaitu pernyataan umum, deksripsi bagian, deksripsi manfaat, dan kesan/simpulan.

Dengan demikian, kerangka teks laporan hasil observasi yaitu pernyataan umum, deskripsi bagian, deskripsi manfaat, dan kesan atau simpulan.space 

0

Roboguru

Buatlah kalimat menggunakan kata konservasi!

Pembahasan Soal:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konservasi merupakan pemeliharaan dan perlindungan sesuatu secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan dengan jalan mengawetkan, pengawetan, dan pelestarian. 

Berikut contoh kalimat menggunakan kata konservasi: Hutan Lindung Sungai Wain menjadi tempat konservasi bagi satwa dan tumbuhan endemik Balikpapan. 

Dengan demikian contoh kalimat menggunakan kata konservasi adalah Hutan Lindung Sungai Wain menjadi tempat konservasi bagi satwa dan tumbuhan endemik Balikpapan. 

0

Roboguru

Susunlah sebuah peta pikiran untuk menyusun teks laporan hasil observasi dengan objek Bumi!

Pembahasan Soal:

Teks laporan hasil observasi merupakan teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi, setelah diadakannya investigasi atau penelitian secara sistematis. Sebuah teks laporan hasil observasi memiliki pokok-pokok isi teks sesuai dengan objek yang dipilih. Pokok-pokok isi teks dapat dibuat menjadi sebuah peta konsep (mind map) sebelum diuraikan menjadi sebuah teks laporan hasil observasi. Dalam observasi Bumi, pertama kita dapat menguraikan definisi dari bumi. Kemudian, mendeskripsikan karakteristik bumi, contohnya terdapat oksigen di bumi yang cukup untuk makhluk hidup bernapas. Selanjutnya, dapat menjabarkan tentang makhluk hidup dan benda mati apa saja yang terdapat di bumi.

Dengan demikian, berikut adalah contoh peta konsep dengan objek bumi:

space 

0

Roboguru

Bisakah laporan ditulis berdasarkan studi pustaka (membaca buku)?

Pembahasan Soal:

Laporan adalah keterangan atau informasi yang dikumpulkan, diolah, dan disajikan secara tertulis maupun lisan berdasarkan fakta mengenai suatu keadaan ataupun suatu kegiatan.

Adapun rangkaian kegiatan yang memerlukan laporan ini dapat bermacam-macam, seperti:

  • Kegiatan pengamatan.
  • Kegiatan diskusi.
  • Kegiatan penyelidikan.
  • Kegiatan studi pustaka (buku pengetahuan, buku ajar, dan self improvement)

Berdasarkan penjelasan di atas, laporan dapat ditulis berdasarkan studi pustaka (membaca buku) tetapi hanya pada buku yang bersifat nonfiksi, seperti buku pengetahuan, buku ajar, dan self improvement.


Dengan demikian, laporan bisa ditulis berdasarkan studi pustaka (membaca buku) khusus pada buku nonfiksi.space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved