Roboguru

Pembuatan gas HCl dalam suatu wadah terjadi seperti reaksi berikut. 2Cl2​(g)+2H2​O2​(l)⇌4HCl+2O2​(g)△H=+113kJ  Jika wadah yang digunakan dicelupkan dalam air panas, pengamatan yang diperoleh adalah …

Pertanyaan

Pembuatan gas HCl dalam suatu wadah terjadi seperti reaksi berikut.

2Cl2(g)+2H2O2(l)4HCl+2O2(g)H=+113kJ 

Jika wadah yang digunakan dicelupkan dalam air panas, pengamatan yang diperoleh adalah …blank subscript blank

  1. Gas HCl berkurang, reaksi bergeser ke HCl

  2. Gas HCl bertambah, reaksi bergeser ke HCl

  3.  Gas Cl2 berkurang, reaksi bergeser ke Cl2

  4. Gas Cl2 bertambah, reaksi bergeser ke Cl2

  5. Gas Cl2 bertambah, reaksi bergeser ke CHl

Pembahasan Soal:

Dari pernyataan tersebut terjadi dalam reaksi endoterm (entalpi bernilai positif), maka reaksi akan bergeser ke kanan (menuju arah endoterm) jika suhu dinaikkan. Lalu, reaksi akan bergeser ke kiri (menuju arah eksoterm) jika suhu diturunkan.

Reaksi diatas berlangsung dengan reaksi endoterm karena entalpi bernilai positif. Apabila wadah dicelupkan ke dalam air panas artinya suhu dinaikkan, maka reaksi akan bergeser ke kanan maka dapat disimpulkan Gas HCl akan bertambah.blank subscript blank

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Solichah

Terakhir diupdate 15 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan reaksi kesetimbangan berikut! 2NO(g)+O2​(g)⇌2NO2​(g)△H=+150kJ Apabila pada volume tetap dan suhu dinaikkan, kesetimbangan akan bergeser ke arah …

Pembahasan Soal:

Aturan pergeseran kesetimbangan kimia:

  1. Ketika volume diperkecil dan tekanan diperbesar, kesetimbangan agar bergeser ke jumlah koefisien terkecil.
  2. Ketika volume diperbesar dan tekanan diperkecil, kesetimbangan agar bergeser ke jumlah koefisien terbesar.
  3. Ketika suhu dinaikkan, kesetimbangan akan bergeser ke arah reaksi endoterm, sebaliknya ketika suhu diturunkan, kesetimbangan akan bergeser ke arah reaksi eksoterm.
  4. Ketika salah satu sisi ditambahkan konsentrasinya, maka kesetimbangan akan bergeser ke sisi yang lainnya.

2NO(g)+O2(g)2NO2(g)ΔH=+150kJ 

Reaksi pembentukan berikut terjadi dalam reaksi endoterm (entalpi bernilai positif), maka reaksi akan bergeser ke kanan (menuju arah endoterm) jika suhu dinaikkan. Lalu, reaksi akan bergeser ke kiri (menuju arah eksoterm) jika suhu diturunkan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Pada suhu 427∘C, gas CCl4​ terurai sesuai dengan reaksi berikut. CCl4​(g)⇌C(s)+2Cl2​(g)△H=+134kJ  Bagaimana arah pergeseran kesetimbangan dan harga K jika suhu sistem dibuat menjadi 527∘C?

Pembahasan Soal:

Pengaruh suhu terhadap pergeseran kesetimbangan yaitu jika suhu dinaikkan maka kesetimbangan akan bergeser ke arah reaksi endoterm, sedangkan jika suhu diturunkan maka kesetimbangan akan bergeser ke arah reaksi eksoterm. Reaksi di atas, merupakan reaksi endoterm. Hal ini ditandai dengan harga perubahan entali yang positif. Oleh karena itu, saat suhu dinaikkan dari 427C menjadi 527C, kesetimbangan akan bergeser ke arah reaksi endoterm yaitu arah kanan.

Pergeseran kesetimbangan dilakukan agar tetap tercapinya kesetimbangan, walaupun suhu sistem dinaikkan. Oleh karena itu, harga K yang menyatakan kesetimbangan adalah tetap.

Jadi, jika suhu sistem dibuat menjadi 527C maka kesetimbangan bergeser ke arah kanan, dan harga K tetap.

0

Roboguru

Amonia dapat dioksidasi menghasilkan gas nitrogen monoksida menurut reaksi kesetimbangan berikut. 4NH3​(g)+5O2​(g)⇌4NO(g)+6H2​O(l)△H=−907kJ Jika menginginkan produksi gas nitrogen monoksida maksimal, ...

Pembahasan Soal:

Jika menginginkan produksi gas nitrogen monoksida maksimal, maka harus diatur agar kesetimbangan bergeser ke arah kanan yaitu ke arah NO dan H2O. Perlakuan yang dinyatakan pada soal, masih kurang benar. Perlakuan yang benar yaitu antara lain:

  • Suhu diturunkan
    Reaksi tersebut merupakan reaksi eksoterm, ditandai dengan perubahan entalpi yang negatif. Oleh karena itu, saat suhu diturunkan kesetimbangan akan bergeser ke arah kanan, sehingga gas nitrogen monoksida (NO) bertambah.
  • Penambahan konsentrasi NH3 dan O2
    Pengaruh konsnentrasi terhadap pergeseran kesetimbangan yaitu jika konsentrasi ditambahkan maka kesetimbangan bergeser ke arah reaksi lawan. Senyawa  NH3 dan O2 ada di sebelah kiri. Oleh karena itu, saat NH3 dan O2 ditambahkan kesetimbangan bergeseer ke arah kanan, yaitu ke arah NO dan H2O sehingga NO bertambah.
  • Tekanan diperkecil
    Pengaruh tekanan terhadap pergeseran kesetimbangan yaitu jika tekanan diperkecil maka kestimbangan bergeser ke arah ke reaksi yang jumlah molekulnya lebih besar. ada reaksi tersebut, jumlah molekul yang lebih besar adalah reaksi arah ke kanan yaitu 4NO dan 6H2O. Oleh karena itu, kesetimbangan bergeser ke arah kanan, sehingga NO bertambah.

Jadi, untuk memaksimalkan produksi nitrogen monoksida, dilakukan penurunan suhu, penambahan konsentrasi  NH3 dan O2, dan tekanan diperbesar.

0

Roboguru

Pada suhu 298 K, reaksi:   dapat mencapai kesetimbangan dengan  = 0,14. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa ....  Reaksi tersebut bersifat endoterm. Jika dua mol  bereaksi pada 298 ...

Pembahasan Soal:

  • Reaksi endoterm merupakan reaksi yang disertai dengan penyerapan sejumlah energi yang ditandai dengan nilai increment H greater than 0 (pernyataan 1 benar).
  • Reaksi N subscript 2 O subscript 4 open parentheses italic g close parentheses equilibrium 2 N O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses space space increment H equals plus 57 comma 2 space kJ artinya reaksi penguraian N subscript 2 O subscript 4 menjadi 2 molekul N O subscript 2 membutuhkan (menyerap) energi sejumlah 57,2 kJ. Jika reaksi dibalik, dimulai dari 2 molekul N O subscript 2 yang membentuk N subscript 2 O subscript 4, maka akan disertai dengan pelepasan energi sebesar 57,2 kJ (pernyataan 2 salah).
  • Jika reaksi dimulai dengan N subscript 2 O subscript 4, maka mula-mula hanya ada gas N subscript 2 O subscript 4 dengan konsentrasi maksimum, kemudian berkurang terus seiring terbentuknya gas N O subscript 2 sampai konsentrasinya tetap. Diketahui K subscript p pada suhu 298 K sebesar 0,14; maka K subscript c:

    table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell K subscript p end cell equals cell K subscript c open parentheses RT close parentheses to the power of increment n end exponent italic space italic space italic space end cell row cell 0 comma 14 end cell equals cell K subscript c left parenthesis 0 comma 082 cross times 298 right parenthesis to the power of left parenthesis 2 minus sign 1 right parenthesis end exponent end cell row cell 0 comma 14 end cell equals cell K subscript c left parenthesis 24 comma 436 right parenthesis end cell row cell K subscript c end cell equals cell 5 comma 73 cross times 10 to the power of negative sign 3 end exponent end cell end table 

    K subscript c adalah nilai konstanta perbandingan konsentrasi produk (pangkatkan koefisien) dengan pereaksi (pangkat koefisien), dengan nilai 0,00573 dapat disimpulkan konsentrasi N O subscript 2 (produk) lebih rendah dari konsentrasi N subscript 2 O subscript 4 (pereaksi) (pernyataan 3 benar).
  • Karena reaksi berlangsung secara endoterm (membutuhkan panas), maka peningkatan suhu menyebabkan N O subscript 2 terbentuk semakin banyak (kesetimbangan akan bergeser ke arah produk), sedangkan N subscript 2 O subscript 4 semakin berkurang (pernyataan 4 salah).

Dengan demikian, pernyataan 1 dan 3 benar.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Pada 298 K, reaksi  diketahui dapat mencapai kesetimbangan dengan . Dapat disimpulkan bahwa . . . . (1) reaksi tersebut bersifat endoterm (2) jika dua mol  bereaksi pada 298 K hingga mencapai keseti...

Pembahasan Soal:

Pada reaksi kesetimbangan di atas, terjadi kondisi sebagai berikut:

  1. Reaksi bersifat endoterm, karena entalpinya positif
  2. Jika 2 mol N O subscript 2 bereaksi hingga mencapai titik kesetimbangan, akan melepas kalor sebesar 57,2 kJ, karena reaksi dibalik, entalpi juga dibalik
  3. Jika reaksi dimulai dengan N subscript 2 O subscript 4, dalam kesetimbangan, konsentrasi N O subscript 2 lebih rendah dari konsentrasi N subscript 2 O subscript 4, karena koefisien N O subscript 2 lebih besar dari N subscript 2 O subscript 4.
  4. peningkatan suhu akan meningkatkan kadar N O subscript 2 dalam campuran reaksi dalam kesetimbangan

Berdasarkan uraian di atas, maka poin yang benar adalah 1 dan 3, maka jawaban yang benar adalah B

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved