Roboguru

Pembuatan ban memanfaatkan ...

Pertanyaan

Pembuatan ban memanfaatkan ...space 

  1. Kayu karetspace 

  2. Kayu pinusspace 

  3. Getah pinusspace 

  4. Getah karetspace 

Pembahasan Soal:

Ban merupakan salah satu komponen penting karena bekerja secara langsung bersentuhan dengan jalanan. Dalam pembuatannya, komponen berwarna hitam ini menggunakan bahan-bahan alami yang tergolong ramah lingkungan. Bahan baku pembuatan ban yaitu getah karet yang dipanen dari pohon karet. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat yaitu D.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Amalia

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Hewan mamalia yang memiliki ciri khusus ekolokasi adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Ekolokasi merupakan kemampuan yang melibatkan suara dan pendengaran untuk melacak benda-benda di sekitar. Kemampuan ini dimiliki oleh kelelawar yang aktif mencari makan pada malam hari. Kemampuan ini menguntungkan kelelawar yang memiliki penglihatan buruk.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Tumbuhan berikut yang termasuk tumbuhan heterotrof adalah ....

Pembahasan Soal:

Tumbuhan heterotrof adalah tumbuhan yang memenuhi kebutuhan makanannya dengan mengambil zat makanan dari organisme lain yang masih hidup (sebagai parasit). Contoh tumbuhan heterotrof adalah jamur. Jamur tidak dapat membuat makanannya sendiri karena jamur tidak memiliki klorofil. Jamur mengambil zat makanan dari organisme yang sudah mati. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.  

0

Roboguru

Seiring berjalannya waktu, ada beberapa jenis tanaman yang hampir punah. Sebutkan jenis tanaman yang saat ini hampir mengalami kepunahan?

Pembahasan Soal:

Tanaman di Indonesia sangat beragam jenisnya. Belum semua jenis tumbuhan dapat diidentifikasi. Saat ini, baik tumbuhan maupun hewan mengalami penurunan populasi diakibatkan aktivitas manusia seperti penebangan hutan secara liar untuk dijadikan lahan perindustrian dan kebakaran hutan yang sering terjadi. Berikut ini beberapa tumbuhan langka yang hampir punah yaitu kantong semar, Rafflesia Arnoldii, bunga bangkai, pohon damar, anggrek Hitam dan Cendana. Sedangkan hewan yang langka dan hampir punah antara lain Anoa, bekantan, Gajah, Harimau sumatra, kanguru, landak jawa, elang jawa, burung cendrawasih, burung jalak putih dan lain sebagainya.

Jadi, jenis tanaman yang saat ini hampir mengalami kepunahan yaitu kantong semar, Rafflesia Arnoldii, bunga bangkai, pohon damar, anggrek hitam dan cendana.space 

0

Roboguru

Apa yang dimaksud tumbuhan langka?

Pembahasan Soal:

Tumbuhan langka merupakan tumbuhan yang hampir punah atau hampir hilang dari muka bumi. Populasi tumbuhan langka semakin lama semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor alam dan faktor manusia. Faktor alam seperti tanah longsor dan gunung meletus. Gunung meletus dapat membunuh tumbuhan yang ada sehingga tanah akan menjadi gersang. Sedangkan faktor manusia seperti penebangan pohon secara liar, pembakaran hutan, pengalihan fungsi hutan menjadi permukiman penduduk atau industri. Hutan merupakan habitat dari makhluk hidup yang beragam. Hutan banyak ditumbuhi oleh tumbuhan. Apabila hutan dirusak maka akan menyebabkan beberapa akibat seperti kebanjiran, tanah longsor, kekeringan, dan masuknya hewan ke dalam permukiman warga. Selain itu, keanekaragaman tumbuhan semakin berkurang dan menyebabkan tumbuhan menjadi langka dan hampir punah.

Jadi, tumbuhan langka merupakan tumbuhan yang hampir punah atau hampir hilang dari muka bumi.space 

0

Roboguru

Tumbuhan kantung semar hidup di rawa-rawa yang kekurangan zat ... oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sangat bergantung pada... .

Pembahasan Soal:

Tanaman memerlukan zat nitrogen untuk pertumbuhan dan pembentukan zat hijau daun (klorofil). Pada umumnya tumbuhan kantung semar hidup pada daerah rawa-rawa yang memiliki kandungan zat nitrogen sangat sedikit, sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Untuk memenuhi kebutuhan nitrogen tersebut, tumbuhan kantung semar bergantung pada serangga sebagai pelengkap nutrisinya. Kantung semar memiliki daun berbentuk seperti piala (corong) yang dindingnya dapat mengeluarkan zat yang dapat memikat serangga. Dinding corong tersebut licin dan berlapis lilin, sehingga membuat serangga yang mendekati cairan manis akan tergelincir jatuh ke dalam dan tenggelam dalam cairan. Di dalam corong terdapat cairan yang dapat mencerna bagian hewan lunak menjadi cairan yang kaya zat makanan. Zat makanan itu kemudian diserap oleh dinding bagian dalam dan dibawa ke seluruh bagian tumbuhan.

Dengan demikian, kantung semar hidup di rawa-rawa yang kekurangan zat nitrogen, sehingga bergantung pada serangga untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved