Roboguru

Pemberontakan PKI Madiun pada tahun 1948 terjadi pada tanggal....

Pertanyaan

Pemberontakan PKI Madiun pada tahun 1948 terjadi pada tanggal....

  1. 1 Maret

  2. 17 Agustus

  3. 18 September

  4. 30 September

Pembahasan Soal:

Pemberontakan PKI 1948 atau yang juga disebut Peristiwa Madiun adalah sebuah peristiwa dalam rangkaian daftar pemberontakan yang pernah berlangsung di sejarah Indonesia modern. Peristiwa ini terjadi tidak lama setelah Perjanjian Renville berlangsung pada tanggal 17 Januari 1948. Pemberontakan PKI tersebut berlangsung pada tanggal 18 September 1948 di kota Madiun, Jawa Timur. Pemberontakan ini dilakukan oleh Front Demokrasi Rakyat, yang terdiri atas Partai Komunis Indonesia, Partai Sosialis Indonesia, Partai Buruh Indonesia, Pemuda Rakyat, dan Sentral Organisasi Buruh Seluruh Indonesia. Pemberontakan ini diawali dengan jatuhnya kabinet RI yang pada waktu itu dipimpin oleh Amir Sjarifuddin karena kabinetnya tidak mendapat dukungan lagi sejak disepakatinya Perjanjian Renville. Lalu dibentuklah kabinet baru dengan Mohammad Hatta sebagai perdana menteri, namun Amir beserta kelompok-kelompok sayap kiri lainnya tidak setuju dengan pergantian kabinet tersebut.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Mardiana

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pemimpin pemberontakan PKI Madiun tahun 1948 adalah....

Pembahasan Soal:

Pemberontakan PKI di Madiun diawali dengan jatuhnya kabinet RI yang pada waktu itu dipimpin oleh Amir Sjarifuddin karena kabinetnya tidak mendapat dukungan lagi sejak disepakatinya Perjanjian Renville. Lalu dibentuklah kabinet baru dengan Mohammad Hatta sebagai perdana menteri, namun Amir beserta kelompok-kelompok sayap kiri lainnya tidak setuju dengan pergantian kabinet tersebut. Dalam sidang Politbiro PKI pada tanggal 13-14 Agustus 1948, Musso, seorang tokoh komunis Indonesia yang lama tinggal di Uni Soviet (sekarang Rusia) ini menjelaskan tentang “pekerjaan dan kesalahan partai dalam dasar organisasi dan politik” dan menawarkan gagasan yang disebutnya “Jalan Baru untuk Republik Indonesia”. Musso menghendaki satu partai kelas buruh dengan memakai nama yang bersejarah, yakni PKI. Untuk itu harus dilakukan fusi tiga partai yang beraliran Marxsisme-Leninisme: PKI ilegal, Partai Buruh Indonesia (PBI), dan Partai Sosialis Indonesia (PSI). PKI hasil fusi ini akan memimpin revolusi proletariat untuk mendirikan sebuah pemerintahan yang disebut "Komite Front Nasional".undefined


Dengan demikian, maka jawaban yang benar adalah A.undefined

0

Roboguru

Pemberontakan PKI Madium berafiliasi dengan negara

Pembahasan Soal:

Pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) di Madiun diawali oleh jatuhnya kabinet yang dipimpin oleh Amir Sjarifuddin karena tidak mendapatkan dukungan sejak disepakatinya Perjanjian Renville. Pemerintah pun segera membentuk kabinet baru dengan perdana menteri Moh. Hatta. Kabinet ini ternyata tidak disetujui oleh para golongan sosialis sehingga membentuk poros oposisi dengan nama Front Demokrasi Rakyat (FDR).

Salah satu tokoh dalam pemberontakan PKI Madiun adalah Musso yang sudah lama tinggal di Uni Soviet. Sepulangnya ia dari Moskow, Musso menawarkan sebuah konsep politik ‘Jalan Baru’ dengan partai kelas buruh menjadi satu. Selain konsep tersebut, Musso juga menyerukan kerja sama internasional, terutama dengan Uni Soviet dalam rangka mematahkan blokade Belanda. Pihak militer menyebutkan bahwa PKI bermaksud untuk mendirikan "Republik Soviet Indonesia". Pemerintah segera merespon dengan memberikan ultimatum lewat Kol. Gatot Subroto agar pihak-pihak terlibat berhenti dengan batas waktu 20 September 1948. Namun, karena FDR semakin bergerilya, maka meletuslah pemberontakan pada tanggal 18 September 1948.

Jadi, pemberontakan PKI Madiun berafiliasi dengan negara Uni Soviet. space

0

Roboguru

Jelaskan pemberontakan pada awal mempertahankan kemerdekaan!

Pembahasan Soal:

Startegi mempertahankan kemerdekaan dilakukan melalui dua jalur, jalur senjata dan jalur diplomasi. Melalui jalur senjata, Indonesia dihadapkan perlawanan dari sekutu dan pemberontakan. dalam negeri. Pemberontakan tersebut di antaranya pemberontakan Partai Komunis Indonesia di Madiun pada tahun 1948, pembrontakan DI/TII Jawa Barat, Pembrontakan DI/TII Jawa Tengah, pembrontakan DI/TII Aceh, pembrontakan DI/TII Sulawesi Selatan, pemberontakan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA), pemberontakan Andi Azis, dan pemberontakan Republik Maluku Selatan.

Jadi, jawabannya adalah pemberontakan dalam negeri yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia seeprti PKI Madiun hingga pemberontakan RMS.

0

Roboguru

Tugas penumpasan terhadap Pemberontakan PKI Madiun tahun 1948 dilakukan oleh ...

Pembahasan Soal:

Untuk memulihkan keamanan secara menyeluruh di Madiun pada saat peristiwa pemberontakan PKI, pemerintah bertindak cepat. Provinsi Jawa Timur dijadikan daerah istimewa, selanjutnya Kolonel Sungkono diangkat sebagai gubernur militer. Operasi penumpasan dimulai pada tanggal 20 September 1948 dipimpin oleh Kolonel A. H. Nasution. Salah satu operasi penumpasan ini adalah pengejaran Musso yang melarikan diri ke Sumoroto, sebelah barat Ponorogo. Dalam peristiwa itu, Musso berhasil ditembak mati. Sedangkan Amir Syarifuddin dan tokoh-tokoh kiri lainnya berhasil ditangkap dan dijatuhi hukuman mati. Amir sendiri tertangkap di daerah Grobogan, Jawa Tengah.undefined

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.undefined

0

Roboguru

Apa saja dampak dari pemberontakan PKI di Madiun?

Pembahasan Soal:

Tahun 1948 ditandai dengan pecahnya pemberontakan besar pertama setelah Indonesia merdeka, yaitu pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) di Madiun. Selain Partai Nasional Indonesia (PNI), PKI merupakan partai politik pertama yang didirikan sesudah proklamasi. Meski demikian, PKI bukanlah partai baru karena telah ada sejak jaman pergerakan nasional sebelum dibekukan oleh pemerintah Hindia Belanda akibat memberontak pada tahun 1926.

Sejak merdeka sampai awal tahun 1948, PKI masih bersikap mendukung pemerintah yang kebetulan memang dikuasai oleh golongan kiri. Namun ketika golongan kiri terlempar dari pemerintahan, PKI menjadi partai oposisi dan bergabung dengan partai serta organisasi kiri lainnya dalam Front Demokrasi Rakyat (FDR) yang didirikan Amir Syarifuddin pada bulan Februari 1948. Pada awal September 1948 pimpinan PKI dipegang Musso. Ia membawa PKI ke dalam pemberontakan bersenjata yang dicetuskan di Madiun pada tanggal 18September1948. Alasan utamanya tentu bersifat ideologis, dimana mereka memiliki cita-cita ingin menjadikan Indonesia sebagai negara komunis.

Berbagai upaya dilakukan oleh PKI untuk meraih kekuasaan. Di bawah pimpinan Musso, PKI berhasil menarik partai dan organisasi kiri dalam FDR bergabung ke dalam PKI. Partai ini lalu mendorong dilakukannya berbagai demonstrasi dan pemogokan kaum buruh dan petani. Sebagian kekuatan-kekuatan bersenjata juga berhasil masuk dalam pengaruh mereka. Muso juga kerap mengeluarkan pernyataan-pernyataan yang mengecam pemerintah dan membahayakan strategi diplomasi Indonesia melawan Belanda yang ditengahi Amerika Serikat (AS). Pernyataan Musso lebih menunjukkan keberpihakannya pada Uni Soviet yang komunis. Padahal saat itu AS dan Uni Soviet tengah mengalami Perang Dingin. Pemerintah Indonesia telah melakukan upaya-upaya diplomasi dengan Musso, bahkan sampai mengikutsertakan tokoh-tokoh kiri yang lain, yaitu Tan Malaka, untuk meredam gerak ofensif PKI Musso. Namun kondisi politik sudah terlampau panas, sehingga pada pertengahan September 1948 pertempuran antara kekuatan-kekuatan bersenjata yang memihak PKI dengan TNI mulai meletus. PKI dan kelompok pendukungnya kemudian memusatkan diri di Madiun. Musso pun kemudian pada tanggal 18 September 1948 memproklamirkan Republik Soviet Indonesia.

Di awal pemberontakan, pembunuhan terhadap pejabat pemerintah dan para pemimpin partai yang anti komunis terjadi. Tetapi pasukan pemerintah yang dipelopori Divisi Siliwangi kemudian berhasil mendesak mundur pemberontak. Puncaknya adalah ketika Musso tewas tertembak dan Amir Syarifuddin juga tertangkap. Amir Syarifuddin pun akhirnya dijatuhi hukuman mati. Tokoh-tokoh muda PKI seperti Aidit dan Lukman berhasil melarikan diri. Merekalah yang kelak di tahun 1965 berhasil menjadikan PKI kembali menjadi partai besar di Indonesia sebelum terjadinya peristiwa Gerakan 30 September 1965. Ribuan orang tewas dan ditangkap pemerintah akibat pemberontakan Madiun ini. PKI gagal mengambil alih kekuasaan.

Upaya membentuk tentara Indonesia yang lebih profesional menguat sejak pemberontakan tersebut. Berbagai laskar dan kekuatan bersenjata “liar” berhasil didemobilisasi (dibubarkan). Dari sisi perjuangan diplomasi, simpati AS sebagai penengah dalam konflik dan perundingan antara Indonesia dengan Belanda perlahan berubah menjadi dukungan terhadap Indonesia, meskipun hal ini tidak juga bisa dilepaskan dari strategi global AS dalam menghadapi ancaman komunisme. Tetapi hal terpenting lain juga perlu dicatat. Bahwasannya konflik yang terjadi berdampak pula pada banyaknya korban yang timbul. Ketidakbersatuan bangsa Indonesia yang tampak dalam peristiwa ini juga dimanfaatkan oleh Belanda yang mengira Indonesia lemah, untuk kemudian melancarkan agresi militernya yang kedua pada Desember 1948.

Dengan demikian dampak pemberontakan PKI Madiun adalah pembunuhan terhadap pejabat pemerintah dan para pemimpin partai yang anti komunis, semakin menguatnya upaya untuk membentuk tentara Indonesia yang lebih profesional, berbagai laskar dan kekuatan bersenjata “liar” berhasil didemobilisasi (dibubarkan), simpati AS sebagai penengah dalam konflik dan perundingan antara Indonesia dengan Belanda perlahan berubah menjadi dukungan terhadap Indonesia, dan Belanda yang kemudian menggunakan kondisi tersebut untuk melancarkan agresi militernya yang kedua pada Desember 1948.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved