Roboguru

Pembentukan senyawa amino secara alami di udara dari bahan dasar nitrogen, sesuai dengan teori asal usul kehidupan yang dikemukakan oleh. . .

Pertanyaan

Pembentukan senyawa amino secara alami di udara dari bahan dasar nitrogen, sesuai dengan teori asal usul kehidupan yang dikemukakan oleh. . .space space 

  1. Stanley Millerspace space 

  2. Aristotelesspace space 

  3. Harold Ureyspace space 

  4. Louis Pasteurspace space  

  5. A.I Oparinspace space 

Pembahasan Soal:

Dalam Teori Evolusi Biokimia mencoba menggali informasi asal usul makhluk hidup dari sisi biokimia. Harold Urey menyatakan bahwa atmosfer bumi purba terdiri atas gas-gas metana (CH4), amonia (NH3), uap air (H2O), dan gas hidrogen (H2). Dengan adanya energi alam (berupa halilintar dan sinar kosmis), campuran gas-gas tersebut membentuk asam amino. Teori ini nanti akan didukung oleh percobaan yang dilakukan bersama mahasiswanya Stanley Miller.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Gustinawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 03 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Teori evolusi biokimia menurut Harold Urey menyatakan bahwa di atmosfer terdapat zat-zat anorganik, yaitu . . . .

Pembahasan Soal:

Teori evolusi biokimia menurut Harold Urey menyatakan zat-zat organik terbentuk dari zat-zat anorganik.

Zat-zat anorganik yang ada di atmosfer yaitu berupa gas karbondioksida, metana, amonia, hidrogen, dan air. Semua zat ini bereaksi membentuk zat organik karena energi petir.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Teori evolusi biokimia menurut Harold Urey menyatakan bahwa di atmosfer terdapat zat-zat anorganik, yaitu....

Pembahasan Soal:

Harold Urey menyatakan bahwa atmosfer purba masih didominasi oleh senyawa anorganik. Senyawa anorganik yang dimaksud adalah metana, amonia, uap air, dan karbondioksida. Selain itu, pada atmosfer banyak terdapat unsur seperti hidrogen dan nitrogen.undefined 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.undefined

0

Roboguru

Menurut Oparin, protobion merupakan bentuk awal sel hidup. Namun, mengapa protobion tidak dapat terbentuk di permukaan bumi saat ini?

Pembahasan Soal:

Protobion adalah senyawa yang sudah memiliki properti kehidupan, kecuali reproduksi. Sel protobion merupakan sel purba hasil dari evolusi kimia-fisik. Protobion berkembang menjadi protoplasma dan kemudian berkembang menjadi sel prokariot awal. Prokariot awal terus menerus berevolusi menyesuaikan diri dengan kehidupan awal di bumi. Suhu bumi saat itu masih sangat tinggi, tanpa oksigen, belum ada lapisan ozon, masih sering terjadi letusan vulkanik yang memuntahkan gas-gas beracun. Kondisinya pun sudah sangat jauh berbeda dengan kondisi bumi saat ini. Secara berangsur-angsur protobion digantikan organisme yang dapat membuat molekul yang dibutuhkannya sendiri (autotrof) dengan bantuan cahaya matahari (fotoautotrof) atau molekul berenergi tinggi dari lingkungannya (kemoautotrof). Adanya autotrof memicu munculnya makhluk hidup yang dapat memanfaatkan produk autotrof, misalnya heterotrof, atau merupakan autotrof juga.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut ini! Coba jelaskan Teori Harold Urey menggunakan gambar alat percobaan di atas!

Pembahasan Soal:

Asal usul sebuah kehidupan menurut para ahli kimia salah satunya yaitu Harold-Urey menyatakan bahwa kehidupan dimulai ketika keadaan atmosfer bumi pada masa lampau yang kaya dengan senyawa anorganik seperti metana (begin mathsize 14px style C H subscript 4 end style), amonia (begin mathsize 14px style N H subscript 3 end style), uap air (begin mathsize 14px style H subscript 2 O end style), dan karbondioksida (begin mathsize 14px style C O subscript 2 end style). Proses pembentukan makhluk hidup berdasarkan Teori Harold Urey menggunakan gambar alat percobaan di atas dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Terlebih dahulu alat percobaan dikosongkan menggunakan pompa hampa udara. Lalu, gas-gas berupa begin mathsize 14px style C H subscript 4 end style, begin mathsize 14px style N H subscript 3 end style, begin mathsize 14px style H subscript 2 O end style, dan begin mathsize 14px style C O subscript 2 end style  (semua dalam bentuk gas) dimasukkan ke dalam wadah nomor 1 pada alat percobaan.
  2. Tabung berisi air dipanaskan sampai mendidih sehingga timbul uap air yang akan naik dan bersama dengan gas-gas tadi mengalir di dalam saluran pipa nomor 2 dari wadah nomor 1 menuju ke wadah nomor 3.
  3. Di dalam wadah nomor 3 dipasang elektrode yang dialiri listrik dari sumber listrik bertegangan tinggi, sehingga di dalam wadah nomor 3 terjadi loncatan api listrik. Di tempat itulah terjadi reaksi kimia dari campuran gas kimia sebelumnya tadi.
  4. Hasil dari reaksi kimia tersebut kemudian turun menuju ke saluran nomor 4. Pada saluran tersebut terdapat alat pendingin sehingga hasil reaksi mengalami kondensasi (pendinginan) dan akhirnya terbentuklah embun dan hasil senyawa kimia yang terbentuk akan mengalir melalui keran lalu masuk ke wadah nomor 5.
  5. Hasil senyawa kimia yang terbentuk tersebut kemudian diamati dan dari hasil pengamatan menunjukkan bahwa senyawa yang terbentuk adalah senyawa asam amino.space space 

0

Roboguru

Sebutkan gas-gas purba yang diperkirakan oleh Urey membentuk zat organik!

Pembahasan Soal:

Harold Urey merupakan salah satu tokoh teori evolusi Biokimia. Teori evolusi Biokimia menyatakan bahwa makhluk hidup terbentuk dari gas-gas di atmosfer yang dipengaruhi oleh energi radiasi sinar kosmis dan aliran listrik halilintar berdasarkan hukum fisika-kimia. Teori evolusi Biokimia menurut Harold Urey, yaitu di atmosfer terdapat zat-zat anorganik berbentuk gas, antara lain metana begin mathsize 14px style bold left parenthesis bold CH subscript bold 4 bold right parenthesis end style, air begin mathsize 14px style bold left parenthesis bold H subscript bold 2 bold O bold right parenthesis end style, amonia begin mathsize 14px style bold left parenthesis bold NH subscript bold 3 bold right parenthesis end style, dan hidrogen begin mathsize 14px style bold left parenthesis bold H subscript bold 2 bold right parenthesis end style. Energi radiasi sinar kosmis serta aliran listrik halilintar menyebabkan terjadinya reaksi di antara zat-zat tersebut. Reaksi ini menghasilkan senyawa organik. Menurut Harold Urey, zat hidup yang pertama kali terbentuk mempunyai susunan menyerupai virus saat ini. Zat hidup tersebut selama berjuta-juta tahun mengalami perkembangan menjadi berbagai jenis makhluk hidup. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved