Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pembentukan estuari dipengaruhi oleh kondisi fenomena laut ....

Pembentukan estuari dipengaruhi oleh kondisi fenomena laut ....

  1. pasang surut, pola gelombang, dan arus laut

  2. pasang surut, kadar garam, dan arus laut

  3. pola gelombang, kadar garam, dan arus laut

  4. pola gelombang, kadar garam, dan morfologi laut

  5. pola gelombang, morfologi laut, dan habitat laut

Iklan

D. Tri

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Estuaria merupakan wilayah pesisir semi tertutup yang mempunyai hubungan bebas dengan laut terbuka dan menerima masukan air tawar dari daratan. Sebagian besar estuaria didominasi oleh substrat berlumpur yang merupakan endapan yang dibawa oleh air tawar dan air laut. Daerah perairan yang termasuk dalam estuaria ini adalah muara sungai, teluk dan rawa pasang surut. Estuaria daratan pesisir merupakan tipe estuaria yang paling umum dijumpai (Kamal, 2004). Dinamika arus sungai maupun arus laut, pasang surut, dan gelombang laut dapat memengaruhi dinamika morgologi estuaria. Dinamika tersebut kemudian menghasilkan bentuk fisik estuaria yang berubah-ubah. Pertama, estuaria dataran pesisir ( coastal plain estuary ) atau estuaria yang terbentuk pada akhir zaman es di mana permukaan laut naik dan menggenangi lembah sungai di pantai. Kedua, estuaria tektonik di mana laut menggenangi daratan karena turunnya permukaan daratan vulkanik. Ketiga, estuaria teluk semi tertutup ( semi-enclosed bays or bar-built estuary ), merupakan cekungan dangkal yang sebagian dasar perairannya akan muncul pada saat surut. Perairan ini dapat dikatagorikan sebagai perairan semi tertutup, dengan adanya gundukan pasir penghalang ( bars ) atau pulau-pulau penghalang ( barrier islands )di mana pasir terbentuk sejajar dengan garis pantai dan sebagaian memisahkan perairan di belakangnya dari laut. Keempat, fjord atau lembah yang telah diperdalam oleh kegiatan glasier dan kemudian digenangi air laut. Tipe estuari ini biasanya terbentuk di perairan dalam. Morfologi dasar perairan estuari ini biasanya berbentuk huruf U. Kurun sejarah pembentukannya diperkirakan dimulai pada jaman es ( glasial period ), sehingga dapat digolongkan sebagai bentukan geologis berumur tua.

Estuaria merupakan wilayah pesisir semi tertutup yang mempunyai hubungan bebas dengan laut terbuka dan menerima masukan air tawar dari daratan. Sebagian besar estuaria didominasi oleh substrat berlumpur yang merupakan endapan yang dibawa oleh air tawar dan air laut. Daerah perairan yang termasuk dalam estuaria ini adalah muara sungai, teluk dan rawa pasang surut. Estuaria daratan pesisir merupakan tipe estuaria yang paling umum dijumpai (Kamal, 2004). Dinamika arus sungai maupun arus laut, pasang surut, dan gelombang laut dapat memengaruhi dinamika morgologi estuaria. Dinamika tersebut kemudian menghasilkan bentuk fisik estuaria yang berubah-ubah. Pertama, estuaria dataran pesisir (coastal plain estuary) atau estuaria yang terbentuk pada akhir zaman es di mana permukaan laut naik dan menggenangi lembah sungai di pantai. Kedua, estuaria tektonik di mana laut menggenangi daratan karena turunnya permukaan daratan vulkanik. Ketiga, estuaria teluk semi tertutup (semi-enclosed bays or bar-built estuary), merupakan cekungan dangkal yang sebagian dasar perairannya akan muncul pada saat surut. Perairan ini dapat dikatagorikan sebagai perairan semi tertutup, dengan adanya gundukan pasir penghalang (bars) atau pulau-pulau penghalang (barrier islands) di mana pasir terbentuk sejajar dengan garis pantai dan sebagaian memisahkan perairan di belakangnya dari laut. Keempat, fjord atau lembah yang telah diperdalam oleh kegiatan glasier dan kemudian digenangi air laut. Tipe estuari ini biasanya terbentuk di perairan dalam. Morfologi dasar perairan estuari ini biasanya berbentuk huruf U. Kurun sejarah pembentukannya diperkirakan dimulai pada jaman es (glasial period), sehingga dapat digolongkan sebagai bentukan geologis berumur tua.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8

Syahrul Yanuar

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perubahan penutupan lahan hutan menjadi tipe penutupan lahan lain di daerah pesisir biasanya diikuti kerusakan lahan berupa ....

3

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia