Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pembentukan Concilium Plebis pada periode republik Romawi dilatarbelakangi oleh fakta politik pada waktu itu bahwa golongan pleb . . . .

Pembentukan Concilium Plebis pada periode republik Romawi dilatarbelakangi oleh fakta politik pada waktu itu bahwa golongan pleb . . . .

  1. Tidak terwakili dalam konsul

  2. Tidak dapat menjadi anggota Senat

  3. Tidak terwakili dalam Majelis Kuria

  4. Tidak dilibatkan dalam proses politik

  5. Hanya menjadi anggota Majelis Kuria saja

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Concilium Plebis (Dewan Pleb) pada masa periode Republik Romawi dibentuk karena golongan pleb tidak dilibatkan dalam proses politik. Majelis Kuria merupakan lembaga legislatif dan yudikatif pada masa Romawi Kuno. Anggota dari Majelis Kuria hanya terdiri dari golongan utama yaitu golongan patricia di Roma. Pada Sidang Majelis, golongan pleb diperkenankan hadir, tetapi hanya untuk mendengar. Mereka tidak memiliki hak suara atau memilih. Tetapi keputusan majelis harus dipatuhi oleh semua warga negara Roma termasuk golongan pleb. Hal inilah yang kemudian mendasari pembentukan Concilium Plebis (Dewan Pleb).

Concilium Plebis (Dewan Pleb) pada masa periode Republik Romawi dibentuk karena golongan pleb tidak dilibatkan dalam proses politik. Majelis Kuria merupakan lembaga legislatif dan yudikatif pada masa Romawi Kuno. Anggota dari Majelis Kuria hanya terdiri dari golongan utama yaitu golongan patricia di Roma. Pada Sidang Majelis, golongan pleb diperkenankan hadir, tetapi hanya untuk mendengar. Mereka tidak memiliki hak suara atau memilih. Tetapi keputusan majelis harus dipatuhi oleh semua warga negara Roma termasuk golongan pleb. Hal inilah yang kemudian mendasari pembentukan  Concilium Plebis (Dewan Pleb).

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan pernyataan dibawah ini ! Masuk dalam jajaran Majelis Centuria membentuk komisi beranggotakan 10 orang yang kemudian disebut sebagai Decemviri membentuk komisi Lex Duodecim Tabul...

25

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia