Roboguru

Pembentukan Batara Sapta Prabu pada sistem pemerintahan Kerajaan Majapahit menunjukkan budaya asli Indonesia berkaitan dengan ....

Pertanyaan

Pembentukan Batara Sapta Prabu pada sistem pemerintahan Kerajaan Majapahit menunjukkan budaya asli Indonesia berkaitan dengan .... 

  1. raja adalah dewan tertinggi kerajaan

  2. gotong royong

  3. suka menolong

  4. ramah

  5. musyawarah

Pembahasan Soal:

Melihat struktur pemerintahannya, sistem pemerintahan di Majapahit bersifat teritorial dan disentralisasi dengan birokrasi yang terinci. Rajan yang dianggap sebagai penjelmaan dewa, memegang otoritas politik tertinggi. Hubungan antara raja dengan pegawai-pegawainya dalam birokrasi pemerintahan kerajaan berbentuk clienship, yaitu ikatan seorang penguasa politik tertinggi dan orang yang dikuasakan untuk menjalankan sebagian dari kekuasaan tertinggi. Di samping raja, ada kelompok yang disebut sebagai Bhatara Sapta Prabu semacam Dewan Pertimbangan Agung. Dalam Negarakertagama dewan ini disebut pahom narendra yang beranggotakan sembilan orang, sedangkan dalam Kidunga Sundayana disebut Sapta Raja.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kerajaan Majapahit memiliki masyarakat yang multikultural, keadaan sosial Majapahit ini dapat diketahui melalui ....

Pembahasan Soal:

Kerajaan Majapahit memiliki masyarakat yang multikultural. Hal ini disebabkan karena Majapahit memiliki pelabuhan yang ramai dikunjungi oleh para pedagang asing. Gambaran masyarakat yang hidup di Kerajaan Majapahit dituliskan oleh Empu Prapanca  dalam kitab Negarakertagama pada tahun 1365 Masehi. Dalam kitab tersebut dituliskan bahwa tamu asing datang dari India, Kamboja, China, Yamana, Campa dan Goda serta Siam ke Majapahit.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C

Roboguru

Pelajaran apa yang dapat kamu pelajari setelah mempelajari materi tentang perkembangan kerajaan Majapahit?

Pembahasan Soal:

Kerajaan Majapahit sebagai salah satu kerajaan Hindu terbesar di Indonesia telah memberikan peninggalan-peninggalan baik fisik maupun non fisik bagi bangsa Indonesia. Wilayah Indonesia saat ini dapat dikatakan merupakan warisan yang ditinggalkan oleh Kerajaan Majapahit melalui tokoh yang sangat berpepengaruh yaitu Gajah Mada dan Hayam Wuruk melalui Sumpah Palapa nya Gajah Mada. Kejayaan Kerajaan Majapahit dapat dijadikan contoh bagi bangsa Indonesia untuk menjadi sebuah negara yang besar di masa sekarang. Toleransi dalam beragama yang ditunjukan oleh Kerajaan Majapahit juga dapat menjadi contoh bagi bangsa Indonesia dewasa ini untuk mencegah terjadinya disintegrasi akibat adanya perbedaan di dalam masyarakat. Dengan demikian, Kerajaan Majapahit dapat menjadi contoh bagi bangsa Indonesia untuk bisa menyamai atau melebihi kejayaan Kerajaan Majapahit di masa lampau.

Roboguru

Majapahit adalah kerajaan maritim Nusantara terbesar di Indonesia. Di masa akhir sebelum keruntuhannya, Kerajaan Majapahit rutin melancarkan ekspedisi laut seperti mengirim duta-dutanya ke Tiongkok. S...

Pembahasan Soal:

Saat Majapahit berjaya, kerajaan terbesar di Nusantara dalam sejarah Indonesia ini intens membangun hubungan dengan Dinasti Kerajaan China. Salah satunya dengan Dinasti Ming yang dipimpin oleh Laksanama Cheng Ho, seorang Jenderal muslim China, ia tiba di Jawa beberapa kali antara kurun waktu 1405 sampai 1433. Dan menurut sejarah, sejak tahun 1430 ekspedisi Cheng Ho ini telah menciptakan komunitas muslim Tiongkok dan Arab di beberapa kota pelabuhan pantai utara Jawa, seperti di Semarang, Demak, Tuban, dan Ampel. Dari situ, Islam pun mulai berkembang di pantai utara Jawa.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.undefinedundefined 

Roboguru

Majapahit adalah kerajaan metropolis sekaligus multikultur yang terbuka dengan banyak kerajaan lain pada masanya, para pendatang asing yang berkunjung ke Majapahit saat itu biasa tinggal di .…

Pembahasan Soal:

Kondisi masyarakat Majapahit sangat beragam karena ramainya perdagangan di pelabuhan-pelabuhan. Perdagangan mendatangkan tamu asing seperti dari India, Kamboja, Tiongkok, Campa, dan Siam. Kerajaan Majapahit juga terbuka terhadap kedatangan orang-orang asing. Hal itu terbukti dengan sikap Hayam Wuruk yang mengangkat pejabat khusus yaitu Juru Kling untuk melayani kedatangan tamu tersebut. Biasanya para pengunjung dan tamu tersebut tinggal di Trowulan yang belakangan dikenal sebagai pusat pemerintahan Majapahit. Trowulan sendiri saat ini berada di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Roboguru

Salah satu sumber primer untuk meneliti sejarah Majapahit adalah ...

Pembahasan Soal:

Kerajaan Majapahit berdiri sekitar abad ke 14-15 M setelah runtuhnya kerajaan Singhasari. Raja pertama dari Majapahit adalah Raden Wijaya dengan gelar Kertarajasa Jayawardhana setelah sebelumnya menyerang kerajaan Kadiri bersama dengan tentara Tiongkok yang mempunyai tugas membalaskan penghinaan Kertanegara terhadap Kubilai Khan. Kerajaan Majapahit ini bercorak Hindu-Buddha. Keberadaan kerajaan Majapahit di Nusantara terberitakan oleh banyak sumber, adapun sumber-sumber yang paling menjelaskan yaitu.

  1. Kitab Pararaton, menceritakan tentang raja-raja Singosari juga menjelaskan tentang raja-raja Majapahit.
  2. Kitab Kutaramanawa, Berisikan tentang aturan hukum di Majapahit.
  3. Kitab Negarakertagama, Kitab ini ditulis oleh Mpu Prapanca pada tahun 1365 yang menjelaskan tentang keadaan kota Majapahit, daerah jajahannya dan perjalanan Hayam Wuruk mengelilingi daerah kekuasaannya.
  4. Prasasti Butak, Mengisahkan peristiwa keruntuhan Singasari dan perjuangan Raden Wijaya untuk mendirikan Majapahit. 
  5. Kronik Ying Yai, Menceritakan tentang keadaan masyarakat dan kota Majapahit tahun 1418.
  6. Kronik Dinasti Ming, Menceritakan tentang stuktur dan filsafat Majapahit pada tahun 1368-1643.

Dari enam sumber sejarah tersebut, salah satu yang sumber sejarah yang paling sering dipakai untuk meneliti kerajaan Majapahit adalah adalah kitab Negarakertagama. Hal ini dikarenakan isi yang tertuang dalam kitab Negarakertagama berbicara banyak mengenai kerajaan Majapahit dimulai dari silsilah raja, keluarga raja, wilayah kekuasaan, perjalanan Hayam Wuruk hingga upacara keagamaan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved