Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pembeli: "Selamat sore, Mbak, saya Hanif yang menghubungi Mbak tadi pagi." Penjual: "Selamat sore. Apa benar Anda tertarik dengan sepeda yang saya iklankan di Bintara Olshop itu?" Pembeli: "Betul, Mbak. Saya tertarik ingin melihat fisik asli sepeda tersebut secara dekat. Berdasarkan foto yang saya lihat, sepeda Mbak masih dalam keadaan baik." Penjual: "Ya, betul sekali. Sepeda itu baru saya beli sekitar satu tahun yang lalu dan kondisinya masih bagus." Pembeli: "Oh begitu, Mbak. Kalau begitu, bisa saya lihat sepeda itu sekarang?" Penjual:"Bisa. Nah, ini sepedanya! Masih bagus, bukan?" Pembeli : "Iya, Mbak, persis seperti di foto. Warnanya masih mengkilat seperti baru." Penjual: "Tentu saja. Sepeda ini selalu saya rawat." Pembeli: "Iya, Mbak. Bicara mengenai barang kan sudah jelas ini, Mbak. Bagaimana dengan harga yang Mbak ajukan?" Penjual: "Untuk masalah harga, setelah saya cari informasi dari berbagai sumber mengenai harga sepeda merek ini, saya mematok harga Rp2.500.000,00." Pembeli: "Wah, harganya cukup tinggi ya, Mbak!" Penjual: " lya, itu sesuai dengan kondisi sepedanya. Sekarang berapa harga yang Anda tawarkan?" Pembeli: "Bagaimana kalau saya menawar seharga Rp1.800.000.00?" Penjual: "Wah, itu terlalu rendah! Anda sudah tahu kondisi sepeda ini. Jadi, saya rasa tawaran dari Anda jauh di bawah harga standar." Pembeli: "Bagaimana kalau saya naikkan Rp100.000.00 Mbak?" Penjual: "Kalau segitu, saya belum bisa melepas sepeda ini. Bagaimana kalau saya beri pilihan? Jika Anda benar-benar menginginkan sepeda ini, saya bisa memberi waktu satu minggu untuk melunasi. Bagaimana Saudara Hanif?" Pembeli: "Alternatif yang bagus, Mbak. Sebenarnya saya memang tertarik dengan sepeda ini. Tapi masalah harga yang belum sesuai. Bagaimana kalau saya naikkan menjadi Rp1.950.000,00, Mbak?" Penjual: "Begini saja, sepeda ini akan saya lepas dengan harga Rp2.000.000,00, itu sudah saya kurangkan Rp500.000,00. Jika di bawah harga ini, saya tidak bisa melepas sepeda ini. Jadi, bagaimana?" Pembeli: "Baiklah, Mbak, saya setuju, tetapi pembayarannya sesuai dengan alternatif yang telah disepakati tadi." Penjual: "Baiklah,Saudara Hanif.Jadi pembayarannya tunai atau bagaimana?" Pembeli: "Pembayarannya separuh tunai di sini dan separuhnya lagi jika sepeda telah saya terima. Bagaimana, Mbak?" Penjual: "Baiklah, Saudara Hanif, Silakan tanda tangan di sini. Terima kasih, Saudara Hanif. Senang bekerja sama dengan Anda. Semoga beruntung dengan sepeda ini." Pembeli: "Terima kasih kembali, Mbak, saya juga merasa senang bekerja sama dengan Anda. Baiklah, Mbak, saya tunggu kedatangan sepeda ini. Ini aIamat rumah saya." Penjual: "Baiklah, Saudara Hanif, hati-hati di jalan." Disadur dari: http://hanif. awanda.blogspot.com/2014/02/contohteks negoisasijualbellsepeda.html , diunduh 1 Juni 2016 Jelaskan hasil negosiasi pada teks tersebut!

Pembeli: "Selamat sore, Mbak, saya Hanif yang menghubungi Mbak tadi pagi."

Penjual: "Selamat sore. Apa benar Anda tertarik dengan sepeda yang saya iklankan di Bintara Olshop itu?"

Pembeli: "Betul, Mbak. Saya tertarik ingin melihat fisik asli sepeda tersebut secara dekat. Berdasarkan foto yang saya lihat, sepeda Mbak masih dalam keadaan baik."

Penjual: "Ya, betul sekali. Sepeda itu baru saya beli sekitar satu tahun yang lalu dan kondisinya masih bagus."

Pembeli: "Oh begitu, Mbak. Kalau begitu, bisa saya lihat sepeda itu sekarang?"

Penjual: "Bisa. Nah, ini sepedanya! Masih bagus, bukan?"

Pembeli : "Iya, Mbak, persis seperti di foto. Warnanya masih mengkilat seperti baru."

Penjual: "Tentu saja. Sepeda ini selalu saya rawat."

Pembeli: "Iya, Mbak. Bicara mengenai barang kan sudah jelas ini, Mbak. Bagaimana dengan harga yang Mbak ajukan?"

Penjual: "Untuk masalah harga, setelah saya cari informasi dari berbagai sumber mengenai harga sepeda merek ini, saya mematok harga Rp2.500.000,00."

Pembeli: "Wah, harganya cukup tinggi ya, Mbak!"

Penjual: " lya, itu sesuai dengan kondisi sepedanya. Sekarang berapa harga yang Anda tawarkan?"

Pembeli: "Bagaimana kalau saya menawar seharga Rp1.800.000.00?" 

Penjual: "Wah, itu terlalu rendah! Anda sudah tahu kondisi sepeda ini. Jadi, saya rasa tawaran dari Anda jauh di bawah harga standar."

Pembeli: "Bagaimana kalau saya naikkan Rp100.000.00 Mbak?"

Penjual: "Kalau segitu, saya belum bisa melepas sepeda ini. Bagaimana kalau saya beri pilihan? Jika Anda benar-benar menginginkan sepeda ini, saya bisa memberi waktu satu minggu untuk melunasi. Bagaimana Saudara Hanif?"

Pembeli: "Alternatif yang bagus, Mbak. Sebenarnya saya memang tertarik dengan sepeda ini. Tapi masalah harga yang belum sesuai. Bagaimana kalau saya naikkan menjadi Rp1.950.000,00, Mbak?"

Penjual: "Begini saja, sepeda ini akan saya lepas dengan harga Rp2.000.000,00, itu sudah saya kurangkan Rp500.000,00. Jika di bawah harga ini, saya tidak bisa melepas sepeda ini. Jadi, bagaimana?"

Pembeli: "Baiklah, Mbak, saya setuju, tetapi pembayarannya sesuai dengan alternatif yang telah disepakati tadi."

Penjual: "Baiklah,Saudara Hanif.Jadi pembayarannya tunai atau bagaimana?"

Pembeli: "Pembayarannya separuh tunai di sini dan separuhnya lagi jika sepeda telah saya terima. Bagaimana, Mbak?"

Penjual: "Baiklah, Saudara Hanif, Silakan tanda tangan di sini. Terima kasih, Saudara Hanif. Senang bekerja sama dengan Anda. Semoga beruntung dengan sepeda ini."

Pembeli: "Terima kasih kembali, Mbak, saya juga merasa senang bekerja sama dengan Anda. Baiklah, Mbak, saya tunggu kedatangan sepeda ini. Ini aIamat rumah saya."

Penjual: "Baiklah, Saudara Hanif, hati-hati di jalan."

Disadur dari: http://hanif. awanda.blogspot.com/2014/02/contohteks negoisasijualbellsepeda.html, diunduh 1 Juni 2016


Jelaskan hasil negosiasi pada teks tersebut! 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Iklan

M. Ayu

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Hasil negosiasi dari teks di atas adalah sepeda dijual dengan harga Rp2.000.000,00,00. Pembayarannya separuh tunai pada saat itu dan separuhnya lagi pada saat sepeda diterima oleh pembeli yaitu pada seminggu setelah kesepakatan tersebut sesuai dengan alternatif pembayaran yang ditawarkan.

Hasil negosiasi dari teks di atas adalah sepeda dijual dengan harga Rp2.000.000,00,00. Pembayarannya separuh tunai pada saat itu dan separuhnya lagi pada saat sepeda diterima  oleh pembeli yaitu pada seminggu setelah kesepakatan tersebut sesuai dengan alternatif pembayaran yang ditawarkan.undefined

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pernyataan maksud negosiasi dinyatakan dalam nomor ....

9

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia