Roboguru

Pembelahan sel dipengaruhi oleh cahaya yang merangsang hormon ….

Pertanyaan

Pembelahan sel dipengaruhi oleh cahaya yang merangsang hormon …. 

  1. Auksin 

  2. Giberelin 

  3. Etilen 

  4. Sitokinin 

  5. Asam absisat 

Pembahasan Soal:

Auksin diproduksi di bagian koleoptil (titik tumbuh), ujung batang, ujung akar, serta jaringan lain yang bersifat meristematis. Fungsi auksin salah satunya adalah untuk memacu pembentangan dan pembelahan sel.  Aktivitas auksin dipengaruhi oleh cahaya matahari. Aktivitas auksin akan terhambat jika terkena cahaya matahari. Jika salah satu sisi batang terkena cahaya, persebaran auksin menjadi tidak merata. Akibatnya, bagian yang tidak terkena cahaya matahari dapat tumbuh lebih panjang. Hal ini dikarenakan kandungan auksin pada sisi yang terkena cahaya matahari lebih rendah daripada bagian yang tidak terkena cahaya matahari. Oleh karena itu, batang tumbuh membengkok menuju arah datangnya cahaya matahari. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimanakah cara kerja auksin untuk pertumbuhan tanaman ?

Pembahasan Soal:

Hormon auksin merangsang dominansi apikal, yaitu pertumbuhan kuncup apikal yang sangat cepat sehingga menghambat pertumbuhan kuncup lateral yang ada di bawahnya. Kuncup apikal yang sedang tumbuh menghasilkan hormon auksin. Sementara itu, kerja auksin dihambat oleh adanya cahaya. Apabila sebagian kuncup apikal diarahkan pada cahaya matahari, akan terjadi pengangkutan auksin dari bagian yang terkena cahaya ke bagian yang terlindung dari cahaya. Pada keadaan demikian, auksin akan merangsang pertumbuhan sel-sel pada bagian yang terlindung tersebut. Pada saat yang bersamaan, pertumbuhan sel-sel pada bagian yang terkena cahaya matahari akan terhambat karena konsentrasi auksin yang rendah. Akibatnya, batang akan tumbuh melengkung ke arah datangnya cahaya matahari.

0

Roboguru

Sebutkan hormon apa yang banyak terdapat pada koleoptil yang di potong?

Pembahasan Soal:

Hormon yang terdapat pada koleoptil yang dipotong adalah hormon auksin. Auksin didefinisikan sebagai zat tumbuh yang mendorong elongasi jaringan koleoptil pada percobaan-percobaan bio-assay dengan Avena atau tanaman lainnya. Salah satu jenis auksin yang telah dapat diekstraksi dari tumbuhan adalah asam indol asetat atau IAA. Auksin ditemukan oleh Frits Went, ahli botani Belanda (1863-1935), pada tahun 1928.space 

0

Roboguru

Tumbuhan yang tumbuh di tempat gelap, batang dan daunnya berwarna kuning pucat. Keadaan ini dinamakan ....

Pembahasan Soal:

Tanaman yang tumbuh di tempat gelap, batang dan daunnya berwarna kuning pucat. Keadaan ini dinamakan etiolasi. Penyebab utama etiolasi yaitu kurangnya cahaya yang didapat, akibatnya hormon auksin bekerja lebih aktif dan menyebabkan sel-sel tumbuh lebih cepat. Namun, pertumbuhan yang cepat di tempat gelap tidak diimbangi dengan proses fotosintesis yang baik dan mengakibatkan terhambatnya pembentukan klorofil pada daun, sehingga tanaman menjadi pucat dan tidak kokoh.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space

0

Roboguru

Hormon auksin atau IAA (indole acetic acid) berperan penting dalam proses pertumbuhan dan pemanjangan sel sehingga banyak ditemukan pada jaringan  ….

Pembahasan Soal:

Hormon auksin berperan dalam proses pertumbuhan dan pemanjangan sel. Sesuai dengan fungsinya ini, maka hormon auksin banyak ditemukan pada jaringan yang baru terbentuk seperti jaringan meristem apikal (misalnya ujung akar dan ujung batang), selain itu juga ditemukan didalam embrio dan daun muda. Dengan demikian jawaban adalah A. 

0

Roboguru

Perhatikan gambar di bawah! Kesimpulan dari percobaan tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Klorofil sangat penting bagi tumbuhan hijau, karena dengan adanya klorofil, tanaman hijau dapat melakukan proses fotosintesis.Sama seperti manusia dan hewan, tanaman juga membutuhkan makanan. Proses fotosintesis inilah yang membantu tanaman membuat makanannya sendiri.

Berbeloknya tanaman hijau ke arah Matahari ini dilakukan untuk menyerap cahaya Matahari yang nantinya akan diubah menjadi makanan dengan proses fotosintesis. Nah, klorofil inilah yang menjadi bahan utama bagi tanaman berwarna hijau untuk melakukan proses fotosintesis. Dalam proses mendapatkan cahaya Matahari untuk seluruh bagian tumbuhan, ada sebuah hormon yang bernama auxin yang akan terbentuk di ujung tunas tumbuhan. Setelah terbentuk di ujung tunas, hormon auxin ini akan diteruskan ke sel-sel lain yang ada di seluruh bagian tumbuhan sehingga bagian tumbuhan lainnya juga akan berbelok mengikuti arah cahaya Matahari.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C yaitu pertumbuhan batang menuju arah datangnya cahaya.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved