Roboguru

Pembelahan meiosis I pada spermatogenesis akan menghasilkan .... yang memiliki jumlah kromosom ....

Pertanyaan

Pembelahan meiosis I pada spermatogenesis akan menghasilkan .... yang memiliki jumlah kromosom ....space space  

  1. .... space space  

  2. ....space space  

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Spermatogenesis adalah proses pembentukan spermatozoa oleh testis.  Spermatogenesis dibagi menjadi 3 tahap, yaitu proliferasi mitotik, meiosis, dan pengemasan (spermiogenesis).

  1. Pada tahap proliferasi mitotik, mula-mula spermatogonia yang terletak di lapisan terluar tubulus terus menerus bermitosis. Mitosis tersebut menghasilkan sel anak yang identik dengan sel induk (46 kromosom).
  2. Pada tahap meiosis, pertama-tama terjadi pembelahan meiosis pertama dimana setiap spermatosit primer tadi membentuk dua spermatosit sekunder dengan jumlah haploid 23 kromosom rangkap. Dan akhirnya dua spermatosit sekunder tadi menghasilkan empat spermatid (masing-masing dengan 23 kromosom tunggal) di pembelahan meiosis kedua.
  3. Pada tahap pengemasan atau remodelling, setiap spermatid tadi akan ditransformasi menjadi spermatozoa karena secara struktural spermatid masih mirip spermatogonia yang belum berdiferensiasi, kecuali jumlah kromosomnya. Pada tahap remodeling akan ada beberapa proses seperti, pembentukan akrosom, pembentukan kepala, pembentukan ekor,pemadatan dan pemanjangan inti, serta proses kehilangan sebagian besar sitoplasmanya.

Dengan demikian pembelahan meiosis I pada spermatogenesis akan menghasilkan spermatosit sekunder yang memiliki jumlah kromosom haploid 23 kromosom rangkap.space space  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 18 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved