Roboguru

Pembangunan pabrik pada suatu daerah mendorong terjadinya migrasi penduduk untuk mencari kerja. Dalam perkembangannya, masyarakat pendatang lebih sukses dibandingkan penduduk lokal yang mayoritas tidak tertarik bekerja di pabrik. Keadaan ini mengakibatkan munculnya konflik sosial karena kecemburuan sosial. Dilihat dari penyebabnya, faktor yang menjadi latar belakang konflik adalah...

Pertanyaan

Pembangunan pabrik pada suatu daerah mendorong terjadinya migrasi penduduk untuk mencari kerja. Dalam perkembangannya, masyarakat pendatang lebih sukses dibandingkan penduduk lokal yang mayoritas tidak tertarik bekerja di pabrik. Keadaan ini mengakibatkan munculnya konflik sosial karena kecemburuan sosial. Dilihat dari penyebabnya, faktor yang menjadi latar belakang konflik adalah...space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Soal ini merujuk pada terjadinya konflik kesenjangan sosial yang terjadi suatu daerah akibat migrasi. 

Untuk menjelaskan yang menjadi latar belakang terjadinya konflik tersebut, maka kita perlu tahu apa yang dimaksud konflik. Konflik berasal dari kata kerja latin "configere". Artinya saling memukul. Secara sosiologi, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih. Di mana salah satu pihak berusaha yang ingin menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya. Menurut Soerjono Soekanto, Faktor penyebab konflik atau akar-akar pertentangan suatu konflik antara lain:

  1. Perbedaan antara individu-individu. Perbedaan pendirian dan perasaan mungkin akan melahirkan bentrokan antara mereka, terutama perbedaan pendirian dan perasasaan. Sehingga, hal ini lantas menjadi faktor penyebab konflik yang signifikan.
  2. Perbedaan kebudayaan. Perbedaan kepribadian dari orang perorangan tergantung pula dari pola-pola kebudayaan yang menjadi latar belakang pembentukan serta perkembangan kepribadian, yang sedikit banyak akan mempengaruhi kepribadian seseorang dalam kebudayaan tersebut.
  3. Perbedaan kepentingan. Perbedaan kepentingan antara individu maupun kelompok merupakan sumber lain dari pertentangan baik kepentingan ekonomi, politik, dan sebagainya.
  4. Perubahan sosial. Perubahan sosial yang berlangsung dengan cepat untuk sementara waktu akan mengubah nilai-nilai yang ada dalam masyarakat yang dapat menyebabkan munculnya golongan-golongan yang berbeda pendiriannya.

Dalam ilustrasi di soal dijelaskan bahwa terjadinya konflik sosial tersebut dikarenakan adanya proses migrasi penduduk luar daerah yang justru menjadi orang-orang sukses mengalahkan penduduk asli daerah tersebut. Hal ini menandakan bahwa adanya konflik sosial tersebut dilatarbelakangi oleh perubahan sosial dimana perubahan di suatu daerah menyebebakan munculnya golongan-golongan yang berbeda dari golongan pada umumnya. 

Jadi, jawabannya adalah adanya perubahan sosial. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Penyebab utama terjadinya konflik di lingkungan perusahaan adalah ...

0

Roboguru

Uraikan bagaimana konflik itu terjadi, dan apa faktor penyebabnya!

0

Roboguru

Sebutkan faktor pendorong konflik sosial!

0

Roboguru

Buatlah 5 contoh gejala yang ditimbulkan dari PPKM darurat yang bisa menyebabkan konflik dalam masyarakat ...

0

Roboguru

Menurut Robert M. Z. Lawang, konflik terjadi disebabkan oleh ....

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved