Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pembangunan pabrik gula perlu memperhatikan keberadaan perkebunan tebu agar dapat menekan biaya produksi dan kelangsungan industri tersebut. Konsep geografi yang berkaitan dengan hal tersebut adalah ....

Pembangunan pabrik gula perlu memperhatikan keberadaan perkebunan tebu agar dapat menekan biaya produksi dan kelangsungan industri tersebut.

Konsep geografi yang berkaitan dengan hal tersebut adalah ....

  1. Konsep keterjangkauan

  2. Konsep lokasi

  3. Konsep aglomerasi

  4. Konsep morfologi

  5. Konsep diferensiasi area

Iklan

E. Anggraeni

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka

Jawaban terverifikasi

Jawaban

keterjangkauan lokasi bahan baku (perkebunan tebu) menjadi pertimbangan utama dalam pembangunan pabrik gula.

keterjangkauan lokasi bahan baku (perkebunan tebu) menjadi pertimbangan utama dalam pembangunan pabrik gula.

Iklan

Pembahasan

Penjelasan konsep geografi yang ada pada pilihan jawaban adalah sebagai berikut: Keterjangkaun , adalah konsep yang membahas mengenai cara menjangkau suatu wilayah tertentu, bisa dilihat dari hambatan untuk menuju suatu tempat, alat transportasi yang dapat digunakan, hingga medan yang akan dilewati. Contoh: Pengiriman soal UN ke Irian Jaya mengalami kendala karena jalanan yang rusak dan medan yang sulit dilalui. Lokasi , konsep ini menunjukkan letak berbagai tempat di muka bumi. Lokasi dibagi menjadi lokasi absolut dan lokasi relatif. Lokasi absolut (lokasi astronomis) ditentukan berdasarkan garis astronomis (lintang dan bujur). Contohnya seperti Indonesia yang terletak di 6˚ LU-11˚ LS dan 95˚ BT-141˚ BT. Sementara itu, lokasi relatif (lokasi geografis) ditentukan berdasarkan objek lain di sekitar letak objek yang dimaksud. Contohnya Indonesia yang terletak di antara dua benua dan dua samudra. Morfologi , merupakan konsep yang membahas mengenai keadaan fisik suatu wilayah baik ketinggian, atau pun bentang alam yang terlihat. Contoh: Jakarta, ibu kota Indonesia, memiliki kondisi fisik dataran rendah. Aglomerasi , adalah konsep yang membahas mengenai kecenderungan pengelompokkan objek-objek tertentu yang biasanya memiliki karakteristik sama pada suatu wilayah. Contoh: kawasan industri, zona permukiman elit, Kampung Cina, dan lain sebagainya. Diferensiasi Area , adalah konsep yang membahas mengani perbedaan antarwilayah yang ada di permukaan bumi. Contoh: Jakarta merupakan kota yang terletak di dataran rendah sementara Bogor terletak di dataran tinggi dan pegunungan. Konsep geografi yang berkaitan dengan pernyataan pada soal adalah konsep keterjangkauan. Pabrik gula dan perkebunan tebu dibangun di suatu tempat yang berdekatan untuk menekan biaya produksi dan keberlangsungan industri tersebut. Tebu yang masih berupa bahan mentah jika diangkut dari perkebunan ke pabrik gula dengan jarak yang dekat akan lebih hemat dan efisien, baik dari segi waktu dan biaya transportnya jika dibandingkan dengan lokasi yang jauh. Oleh karena itu, keterjangkauan lokasi bahan baku (perkebunan tebu) menjadi pertimbangan utama dalam pembangunan pabrik gula.

Penjelasan konsep geografi yang ada pada pilihan jawaban adalah sebagai berikut:

  1. Keterjangkaun, adalah konsep yang membahas mengenai cara menjangkau suatu wilayah tertentu, bisa dilihat dari hambatan untuk menuju suatu tempat, alat transportasi yang dapat digunakan, hingga medan yang akan dilewati. Contoh: Pengiriman soal UN ke Irian Jaya mengalami kendala karena jalanan yang rusak dan medan yang sulit dilalui.
  2. Lokasi, konsep ini menunjukkan letak berbagai tempat di muka bumi. Lokasi dibagi menjadi lokasi absolut dan lokasi relatif. Lokasi absolut (lokasi astronomis) ditentukan berdasarkan garis astronomis (lintang dan bujur). Contohnya seperti Indonesia yang terletak di 6˚ LU-11˚ LS dan 95˚ BT-141˚ BT. Sementara itu, lokasi relatif (lokasi geografis) ditentukan berdasarkan objek lain di sekitar letak objek yang dimaksud. Contohnya Indonesia yang terletak di antara dua benua dan dua samudra.
  3. Morfologi, merupakan konsep yang membahas mengenai keadaan fisik suatu wilayah baik ketinggian, atau pun bentang alam yang terlihat. Contoh: Jakarta, ibu kota Indonesia, memiliki kondisi fisik dataran rendah.
  4. Aglomerasi, adalah konsep yang membahas mengenai kecenderungan pengelompokkan objek-objek tertentu yang biasanya memiliki karakteristik sama pada suatu wilayah. Contoh: kawasan industri, zona permukiman elit, Kampung Cina, dan lain sebagainya.
  5. Diferensiasi Area, adalah konsep yang membahas mengani perbedaan antarwilayah yang ada di permukaan bumi. Contoh: Jakarta merupakan kota yang terletak di dataran rendah sementara Bogor terletak di dataran tinggi dan pegunungan.

Konsep geografi yang berkaitan dengan pernyataan pada soal adalah konsep keterjangkauan. 

Pabrik gula dan perkebunan tebu dibangun di suatu tempat yang berdekatan untuk menekan biaya produksi dan keberlangsungan industri tersebut. Tebu yang masih berupa bahan mentah jika diangkut dari perkebunan ke pabrik gula dengan jarak yang dekat akan lebih hemat dan efisien, baik dari segi waktu dan biaya transportnya jika dibandingkan dengan lokasi yang jauh. Oleh karena itu, keterjangkauan lokasi bahan baku (perkebunan tebu) menjadi pertimbangan utama dalam pembangunan pabrik gula.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

45

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi wisata unggulan Indonesia dalam menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Pada beberapa tahun terakhir, dari Jakarta menuju Labuan Bajo dapat menghabisk...

9

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia