Roboguru

Pembangunan infrastruktur tidak optimal karena sebagian besar anggaran pajak digunakan untuk belanja subsidi solar. Kondisi tersebut disebabkan kenaikan harga minyak dunia, sementara kebutuhan bahan bakar dalam negeri terus bertambah. Fungsi pajak yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah ....

Pertanyaan

Pembangunan infrastruktur tidak optimal karena sebagian besar anggaran pajak digunakan untuk belanja subsidi solar. Kondisi tersebut disebabkan kenaikan harga minyak dunia, sementara kebutuhan bahan bakar dalam negeri terus bertambah. Fungsi pajak yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah .... space 

  1. distribusi space 

  2. regulasi space 

  3. stabilisasi space 

  4. anggaran space 

  5. alokasi space 

Pembahasan Soal:

Terdapat empat bentuk fungsi dari penerimaan pajak, yaitu:

Fungsi Anggaran (Budgetair)

Pajak sebagai sumber pendapatan terbesar negara yang berfungsi untuk membiayai pengeluran negara. Sehingga Fungsi Anggaran ini memiliki kesamaan dengan fungsi APBN seperti fungsi Alokasi (anggaran yang telah ditetapkan pemerintah dibagi-bagi agar sesuai dengan target dan sasaran yang ditetapkan, seperti pembangunan infrastruktur, dll).

Fungsi Mengatur (Regulerend)

Pajak sebagai sumber pendapatan terbesar negara yang berfungsi untuk mengatur kegiatan ekonomi melalui kebijakan perpajakan. Seperti, dikenakan tarif PPnBM bagi barang-barang yang tergolong mewah, supaya masayarakat tidak hidup berlebihan, dll.

Fungsi Stabilitas

Pajak sebagai salah satu sumber penerimaan pendapatan negara berfungsi sebagai penstabil harga sehingga inflasi yang terjadi di sebuah negara dapat dikendalikan.

Fungsi Redistribusi Pendapatan

Pajak sebagai salah satu sumber penerimaan pendapatan negara berfungsi sebagai pendistribusian pendapatan antar lapisan masyarakat.

Ketika sebagian besar anggaran pajak digunakan untuk belanja subsidi solar yang disebabkan kenaikan harga minyak dunia, maka peranan pajak disini sebagai fungsi anggaran (budgetair).

Jadi, jawaban yang sesuai adalah D.space  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Rachman

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pemerintah menetapkan pengurangan tarif pajak bagi investor asing yang menanamkan modalnya di dalam negeri. Tindakan tersebut merupakan contoh penerapan fungsi pajak yaitu ....

Pembahasan Soal:

Fungsi pajak antara lain:

  1. Fungsi Anggaran (Budgetair). Sebagai sumber pendapatan negara, pajak berfungsi untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran negara. Untuk menjalankan tugas-tugas rutin negara dan melaksanakan pembangunan, negara membutuhkan biaya. Biaya ini dapat diperoleh dari penerimaan pajak. Dewasa ini pajak digunakan untuk pembiayaan rutin seperti belanja pegawai, belanja barang, pemeliharaan, dan lain sebagainya. Untuk pembiayaan pembangunan, uang dikeluarkan dari tabungan pemerintah, yakni penerimaan dalam negeri dikurangi pengeluaran rutin. Tabungan pemerintah ini dari tahun ke tahun harus ditingkatkan sesuai kebutuhan pembiayaan pembangunan yang semakin meningkat dan ini terutama diharapkan dari sektor pajak.
  2. Fungsi Mengatur (Regulerend). Pemerintah bisa mengatur pertumbuhan ekonomi melalui kebijaksanaan pajak. Dengan fungsi mengatur, pajak bisa digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan. Contohnya dalam rangka menggiring penanaman modal, baik dalam negeri maupun luar negeri, diberikan berbagai macam fasilitas keringanan pajak. Dalam rangka melindungi produksi dalam negeri, pemerintah menetapkan bea masuk yang tinggi untuk produk luar negeri.

Tindakan pemerintah menetapkan pengurangan tarif pajak bagi investor asing yang menanamkan modalnya di dalam negeri merupakan Fungsi Mengatur (Regulerend). undefined 

Roboguru

Untuk meningkatkan produksi tekstil dalam negeri, pemerintah menaikkan tarif pajak tekstil impor. Tindakan ini merupakan contoh penerapan fungsi ....

Pembahasan Soal:

Pajak merupakan iuran yang dibayarkan oleh pihak masyarakat kepada kas negara yang sifatnya dapat dipaksakan karena diatur melalui undang-undang dan balas jasa kepada masyarakat bersifat tidak langsung yang bertujuan untuk melakukan pembangunan nasional. Pajak sendiri memiliki empat fungsi, yaitu fungsi anggaran (budgetair), fungsi mengatur (regulerend), fungsi stabilisasi, dan fungsi redistribusi pendapatan.

Dari pernyataan di atas, diketahui bahwa pemerintah ingin menaikkan tariff pajak tekstil impor supaya para produsen dalam negeri dapat meningkatkan produksinya, hal ini sesuai dengan fungsi mengatur (regulerend) dari pajak, karena pajak bisa digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan yang diinginkan oleh pemerintah.

Jadi, jawaban yang sesuai adalah B.undefined  

Roboguru

Berikut ini yang bukan merupakan peranan penting pajak dalam pembangunan nasional adalah....

Pembahasan Soal:

Pajak adalah iuran wajib yang dibayarkan rakyat kepada pemerintah, bersifat memaksa, diatur dengan undang-undang dan digunakan untuk membiayai pengeluaran negara. Pajak memiliki beberapa peranan antara lain:

  • Sebagai sumber pengeluaran pemerintah. Pajak dikutip pemerintah sebagai sumber pemasukan pemerintah dan nantinya penerimanaan digunakan untuk membiayai pengeluaran pemerintah.
  • Untuk membiayai pembangunan. Pajak dikutip pemerintah sebagai sumber pemasukan pemerintah dan nantinya penerimanaan digunakan untuk membiayai pembangunan seperti pembuatan jalan dan lain-lain.
  • Untuk pemerataan pendapatan. Pajak dipungut dari orang yang berpenghasilan tinggi dan nantinya disalurkan kepada rakyat miskin dalam bentuk subsidi dan bantuan sosial lainnya.
  • Sebagai sarana untuk mengatur kegiatan ekonomi nasional. Dengan pajak pemerintah bisa mengatur harga barang sehingga inflasi berkurang dan kegiatan ekonomi lebih stabil.

Dengan demikian, yang bukan termasuk peranan penting pajak dalam pembangunan nasional adalah sebagai pungutan yang diwajibkan kepada seluruh masyarakat karena hal ini merupakan ciri-ciri pajak.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space  space

Roboguru

Berikut ini merupakan peranan pajak dalam pembangunan ekonomi. Dengan penetapan dan pengenaan pajak atas barang mewah pola hidup konsumtif masyarakat menurun. Di bulan Januari 2018 pendapatan paja...

Pembahasan Soal:

Berikut ini merupakan peranan pajak dalam pembangunan ekonomi bagi Negara: 

  1. Di bulan Januari 2018 pendapatan pajak mengalami pertumbuhan sebesar 11,7% dari tahun lalu.
  2. Guna menstabilkan perekonomian negara besarnya pajak diturunkan gunakan meningkatkan daya beli masyarakat.
  3. Penerimaan pajak masyrast digunakan untuk membangun sarana dan prasarana ekonomi di daerah kurang maju

(2), (4), dan (5)


Jadi, jawaban yang tepat adalah D. undefined 

Roboguru

Pajak digunakan sebagai salah satu instrumen kebijakan fiskal untuk mengatasi inflasi. Berdasarkan pernyataan tersebut, pajak berfungsi sebagai ….

Pembahasan Soal:

Inflasi merupakan salah satu kondisi perekonomian yang menunjukkan banyaknya jumlah uang beredar di masyarakat. Pemerintah meningkatkan tarif pajak untuk mengurangi jumlah uang beredar merupakan salah satu fungsi pajak yang berupa fungsi stabilitas. 

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C. undefined 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved