Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pembangunan industri di perkotaan menarik penduduk desa untuk pindah ke daerah industri tersebut Mobilitas penduduk itu disebut ....

Pembangunan industri di perkotaan menarik penduduk desa untuk pindah ke daerah industri tersebut Mobilitas penduduk itu disebut ....



 

  1. migrasi

  2. ruralisasi

  3. urbanisasi

  4. komuter

  5. sirkuler

Iklan

A. Kusbardini

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah Urbanisasi.

jawaban yang benar adalah Urbanisasi.

Iklan

Pembahasan

Dinamika penduduk adalah suatu perubahan baik secara kuantitas atau kualitas penduduk suatu daerah. Salah satu yang mempengaruhi perubahan tersebut adalah mobilitas penduduk, ada beberapa jenis mobilitas penduduk sebagai berikut: Mobilitas Sirkuler, adalah mobilitas yang dilakukan seharian dan bersifat sementara. Contoh : mobilitas ulang-alik (harian), mobilitas musiman. Mobilitas Permanen, adalah mobilitas yang dilakukan lebih dari satu hari, dan bersifat permanen. Contoh : Migrasi International, pada migrasi international dibagi menjadi tiga yaitu. Emigrasi, penduduk pindah ke negara asing, Imigrasi, penduduk berpindah dari negara luar ke dalam negeri, dan Remigrasi, kembalinya penduduk yang sebelumnya pindah ke negara luar, dan kembali lagi ke dalam negeri. Ketiganya bermaksud menetap. Selanjutnya ada Migrasi Nasional, pada migrasi nasional dibagi menjadi tiga yaitu. Urbanisasi, penduduk dari desa ke kota. Transmigrasi, penduduk dari provinsi atau pulau yang pada ke provinsi atau pulau yang penduduknya jarang, dan Ruralisasi, perpindahan dari kota ke desa untuk menetap. Oleh karena itu jawaban yang benar adalah Urbanisasi.

Dinamika penduduk adalah suatu perubahan baik secara kuantitas atau kualitas penduduk suatu daerah. Salah satu yang mempengaruhi perubahan tersebut adalah mobilitas penduduk, ada beberapa jenis mobilitas penduduk sebagai berikut:

  1. Mobilitas Sirkuler, adalah mobilitas yang dilakukan seharian dan bersifat sementara. Contoh : mobilitas ulang-alik (harian), mobilitas musiman.
  2. Mobilitas Permanen, adalah mobilitas yang dilakukan lebih dari satu hari, dan bersifat permanen. Contoh : Migrasi International, pada migrasi international dibagi menjadi tiga yaitu. Emigrasi, penduduk pindah ke negara asing, Imigrasi, penduduk berpindah dari negara luar ke dalam negeri, dan Remigrasi, kembalinya penduduk yang sebelumnya pindah ke negara luar, dan kembali lagi ke dalam negeri. Ketiganya bermaksud menetap. Selanjutnya ada Migrasi Nasional, pada migrasi nasional dibagi menjadi tiga yaitu. Urbanisasi, penduduk dari desa ke kota. Transmigrasi, penduduk dari provinsi atau pulau yang pada ke provinsi atau pulau yang penduduknya jarang, dan Ruralisasi, perpindahan dari kota ke desa untuk menetap.

Oleh karena itu jawaban yang benar adalah Urbanisasi.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Terjadinya urbanisasi tidak lepas dari daya tarik kota dan daya dorong desa. Berikut ini yang merupakandaya tarik kota dalam peristiwa urbanisasi adalah….

365

4.4

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia