Roboguru

Pembangunan berkelanjutan merupakan konsep pembangunan di segala bidang dengan memperhatikan ketersediaan SDA pada masa mendatang. Tindakan manusia yang mencerminkan pembangunan berkelanjutan adalah....

Pertanyaan

Pembangunan berkelanjutan merupakan konsep pembangunan di segala bidang dengan memperhatikan ketersediaan SDA pada masa mendatang. Tindakan manusia yang mencerminkan pembangunan berkelanjutan adalah....

  1. Berburu hewan dengan senapan angin

  2. Mengubur limbah plastik ke dalam tanah

  3. Mendirikan industri di pemukiman

  4. Membakar hutan untuk berladang

  5. Menggunakan air secukupnya

Pembahasan Soal:

Pembangunan berkelanjutan adalah suatu proses pembangunan yang mengoptimalkan manfaat dari sumber daya alam serta sumber daya manusia, dengan menyerasikan sumber alam dengan manusia dalam pembangunan. Secara konseptual, pembangunan berkelanjutan sebagai transformasi progresif terhadap struktur sosial, ekonomi, politik. Hal tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam memenuhi kepentingannya tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang. Salah satu sikap yang mencerminkan pembangunan berkelanjutan adalah menggunakan air secukupnya.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.
 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Junior

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dampak terhadap lingkungan akibat proses pembangunan di negara berkembang, kecuali...

Pembahasan Soal:

0

Roboguru

Ciri pembangunan berkelanjutan yaitu ....

Pembahasan Soal:

Pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang memenuhi kebutuhan masa kini tanpa harus mengurangi kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan dari generasi yang akan datang. Pembangunan berkelanjutan harus memerhatikan pemanfaatan lingkungan hidup dan kelestarian lingkungannya agar kualitas lingkungan tetap terjaga. Pemanfaatan lingkungan hidup yang sesuai dengan pembangunan berkelanjutan adalah pemanfaatan teknologi tepat guna yang ramah lingkungan. Sesuai dengan penjabaran tersebut, maka ciri pembangunan berkelanjutan adalah menggunakan pandangan jangka panjang dalam pengelolaan sumber daya alam, karena pembangunan berkelanjutan harus ada kesinambungan antara pemenuhan kebutuhan saat ini dengan kebutuhan yang akan datang.

0

Roboguru

Pemanfaatan lingkungan hidup yang sesuai dengan pembangunan keberlanjutan adalah ...

Pembahasan Soal:

Pembangunan berkelanjutan merupakan pembangunan yang memenuhi kebutuhan masa kini tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri (Komisi Brundtland pada tahun 1987).

Ciri-ciri pembangunan kelanjutan:

  • Memberi kemungkinan pada kelangsungan hidup dengan jalan melestarikan fungsi dan kemampuan ekosistem yang mendukungnya, baik secara langsung maupun tidak langsung.
  • Memanfaatkan sumber daya alam dengan menggunakan teknologi yang ramah lingkungan, sehingga kelestarian lingkungan tetap terjaga.
  • Memberikan kesempatan pada sektor dan kegiatan lainnya untuk berkembang bersama di seluruh daerah dalam kurun waktu yang sama maupun kurun waktu yang berbeda.
  • Meningkatkan dan melestarikan kemampuan serta fungsi ekosistem untuk memasok sumber daya alam. Selain itu, ada upaya untuk melindungi dan mendukung perikehidupan secara terus menerus.
  • Menggunakan prosedur dan tata cara yang memperhatikan kelestarian fungsi dan kemampuan ekosistem untuk mendukung kehidupan, baik masa kini maupun masa datang.

Penjelasan di atas menjelaskan bahwa ciri pembangunan berkelanjutan salah satunya menggunakan teknologi tepat guna yang ramah lingkungan.

0

Roboguru

Pembangunan yang berusaha memenuhi kebutuhan kini, tanpa mengurangi kemampuan generasi yang akan datang untuk memenuhi kebutuhan mereka disebut ....

Pembahasan Soal:

Eksplorasi sumber daya alam di Indonesia merupakan suatu kegiatan yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Setiap generasi dalam tahap kehidupan manusia membutuhkan sumberdaya alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan terus melakukan pembangunan. Namun tentunya proses pemenuhan kebutuhan dan pembangunan tersebut tetap harus memperhatikan kondisi lingkungan. Pembangunan yang baik adalah pembangunan yang berkelanjutan, yaitu pembangunan yang memiliki prinsip memenuhi kebutuhan sekarang tanpa mengorbankan pemenuhan kebutuhan generasi masa depan.

Pembangunan berkelanjutan berasal dari Bahasa Inggris yaitu sustainable development. Salah satu faktor yang harus dihadapi untuk mencapai pembangunan berkelanjutan adalah bagaimana memperbaiki kehancuran lingkungan tanpa mengorbankan kebutuhan pembangunan ekonomi dan keadilan sosial.
 

Jadi, upaya yang dimaksud adalah pembangunan berkelanjutan.  

0

Roboguru

Peningkatan suhu permukaan bumi telah mengubah pola iklim di berbagai wilayah di dunia, oleh karena itu salah satu agenda dari pembangunan berkelanjutan bertujuan untuk ….

Pembahasan Soal:

Tujuan pembangunan berkelanjutan juga mengakomodasi berbagai permasalahan akibat perubahan iklim. Peningkatan suhu permukaan bumi telah mengubah pola cuaca di berbagai wilayah di dunia. Perubahan arah angin dan fluktuasi suhu yang tak terprediksi telah mengakibatkan berbagai bencana, seperti kekeringan, banjir, angin puting beliung, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, ditetapkanlah tujuan pembangunan yang berkaitan dengan permasalahan ini yaitu untuk “mengambil aksi segera untuk memerangi perubahan iklim dan dampaknya”.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved