Roboguru

Pemanasan Matahari yang tinggi sehingga uap air na...

Pemanasan Matahari yang tinggi sehingga uap air naik secara vertikal di daerah tropis hingga menyebabkan hujan. Jenis hujan yang sesuai dengan fenomena tersebut adalah....

  1. hujan frontal

     

  2. hujan zenithal

  3. hujan orografis

  4. hujan muson

  5. hujan musim dingin

Jawaban:

Berikut ini adalah beberapa jenis hujan:

  • Hujan frontal adalah hujan yang terjadi di daerah front, yang disebabkan oleh pertemuan dua massa udara yang berbeda suhunya. Massa udara panas/lembab bertemu dengan massa udara dingin/padat sehingga berkondensasi dan terjadilah hujan. 
  • Hujan zenithal adalah jenis hujan yang disebabkan pemanasan Matahari yang intensif, sehingga terkumpul uap air yang banyak. Uap air ini kemudian menjadi lebih dingin dan mengembun, kemudian terjadi hujan. Hujan jenis ini biasanya terjadi setelah panas terik matahari yang begitu menyengat. 
  • hujan orografi adalah hujan yang terjadi di daerah pegunungan, udara yang mengandung uap air bergerak naik ke atas pegunungan, sehingga terjadi penurunan suhu dan terkondensasi dan akhirnya turun hujan di lereng gunung yang berhadapan dengan datangnya angin.
  • Hujan muson yaitu hujan yang terjadi karena Angin Musim (Angin Muson). Penyebab terjadinya Angin Muson adalah karena adanya pergerakan semu tahunan Matahari antara Garis Balik Utara dan Garis Balik Selatan.
  • Badai musim dingin (winter storm) adalah peristiwa di mana varietas dominan presipitasi terbentuk yang hanya terjadi pada suhu rendah, seperti salju atau hujan es, atau hujan badai dimana suhu tanah cukup rendah untuk memungkinkan es terbentuk (yaitu hujan yang dingin membeku).

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang paling tepat adalah B.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved