Roboguru

Pelapukan batuan oleh vegetasi antara lain dilakukan oleh ....

Pertanyaan

Pelapukan batuan oleh vegetasi antara lain dilakukan oleh ....undefined 

 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pelapukan biologi yaitu pelapukan yang disebabkan karena aktivitas makhluk hidup baik tumbuhan maupun hewan. Terjadinya pelapukan yang disebabkan oleh vegetasi antara lain dilakukan oleh:

  • Lumut yang berada di permukaan batuan akan membuat batuan mengalami degradasi karena lembabnya permukaan akibat proses penyerapan akar serta tingginya kadar keasaman di sekitar permukaan batuan.
  • Akar tanaman di sekitar batuan akan membuat batuan lebih cepat hancur karena adanya akar tanaman yang semakin membesar masuk ke dalam sela-sela batuan hingga memecah belah batuan tersebut. Selain itu akar tanaman juga mengeluarkan enzim yang dapat menghancurkan batuan. space space  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Entry

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Proses pelapukan tanah yang disebabkan oleh matahari dan organisme adalah...

Pembahasan Soal:

Pelapukan merupakan proses berubahnya batuan menjadi tanah secara alami melalui proses kimia, fisika, dan biologi. Pelapukan kimia adalah jenis pelapukan yang terjadi karena perubahan struktur kimia batuan melalui reaksi tertentu. Pelapukan kimia dipengaruhi oleh suhu, jenis air, dan kelembaban. Pelapukan fisika atau mekanik adalah jenis pelapukan yang diakibatkan adanya pengaruh faktor fisik seperti suhu udara, tekanan udara, dan kristalisasi garam. Pelapukan biologi atau organik adalah jenis pelapukan yang dilakukan oleh organisme melalui aktivitas di sekitar lingkungan batuan. Dengan demikian proses pelapukan tanah yang disebabkan oleh matahari dan organisme adalah pelapukan fisika atau mekanik dan biologi atau organik.

0

Roboguru

Dalam keseharian semua aktivitas alam dan manusia akan menyebabkan beberapa bentukan, salah satunya adalah pelapukan. Proses pelapukan tanah yang disebabkan oleh matahari dan organisme adalah...

Pembahasan Soal:

Pelapukan merupakan proses berubahnya batuan menjadi tanah secara alami melalui proses kimia, fisika, dan biologi. Pelapukan kimia adalah jenis pelapukan yang terjadi karena perubahan struktur kimia batuan melalui reaksi tertentu. Pelapukan kimia dipengaruhi oleh suhu, jenis air, dan kelembaban. Pelapukan fisika atau mekanik adalah jenis pelapukan yang diakibatkan adanya pengaruh faktor fisik seperti suhu udara, tekanan udara, dan kristalisasi garam. Pelapukan biologi atau organik adalah jenis pelapukan yang dilakukan oleh organisme melalui aktivitas di sekitar lingkungan batuan. Dengan demikian proses pelapukan tanah yang disebabkan oleh matahari dan organisme adalah pelapukan fisika atau mekanik dan biologi atau organikundefined 

0

Roboguru

Jenis pelapukan yang disebabkan oleh adanya lumut kerak yang ada di batuan adalah ....

Pembahasan Soal:

Pelapukan organik atau disebut juga dengan pelapukan biologis merupakan pelapukan yang diakibatkan oleh organisme atau makhluk hidup, seperti binatang, tumbuhan, jamur, bakteri, dan manusia. Contoh pelapukan organik adalah akar tanaman yang merusak batuan dan juga lumut kerak yang berada di batuan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. undefined

0

Roboguru

Penambangan batu akik adalah di wilayah Bukit Manggal, Wonogiri dilakukan dengan cara tradisional, yaitu dengan  menggali dinding perbukitan menggunakan linggis dan membuat lubang untuk mencari urat b...

Pembahasan Soal:

Penambangan batu akik yang dilakukan di wilayah Bukit Manggala, Wonogiri oleh para penambang merupakan salah satu contoh dari pelapukan biologi/organik. Pelapukan biologis adalah pelapukan yang disebabkan oleh organisme (tumbuhan, hewan, manusia) melalui aktivitasnya. Kegiatan ini akan mengakibatkan pelapukan berupa massa batuan yang pecah akibat penambangan yang dilakukan secara tradisional menggunakan linggis. Apabila penambangan dilakukan secara masif, maka akan menyebabkan wilayah Bukit Manggala mengalami kerusakan dan terancam rawan terhadap bencana tanah longsor.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. undefined

0

Roboguru

Pelapukan organis merupakan pelapukan batuan yang disebabkan oleh . . .

Pembahasan Soal:

Pelapukan adalah penghancuran batuan dari bongkah-bongkah batu besar dan keras menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Pelapukan bisa terjadi karena berbagai hal, salah satunya adalah karena makhluk hidup, seperti tumbuhan, hewan, maupun manusia. Pelapukan yang disebabkan karena makhuk hidup disebut dengan pelapukan organis atau biologis. Jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved