Pertanyaan

Pelapukan batuan akibat adanya perbedaan temperatur termasuk dalam pelapukan jenis ....

Pelapukan batuan akibat adanya perbedaan temperatur termasuk dalam pelapukan jenis .... 

  1. Fisika 

  2. Kimia 

  3. Biologi 

  4. Confidential 

E. Data

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pembahasan

Pelapukan yaitu sebuah proses perubahan komposisi serta pemecahan yang dialami batuan ataupun material-material lainnya yang terjadi di atas permukaan bumi akibat proses secara fisika, kimia maupun biologi. Jenis-jenis pelapukan diantaranya pelapukan fisika, pelapukan kimia dan pelapukan biologi. Pelapukan fisika adalahpelapukan batuan yang disebabkan karena adanya pengaruh faktor fisik pada batuan atau material tersebut. Adapun beberapa faktor utama yang paling berpengaruh dalam pelapukan ini adalah suhu, tekanan, dan juga kristalisasi pada garam. Pelapukan kimia adalahpelapukan yang terjadi karena adanya proses perubahan kimia yang ada di dalam batuan atau material tersebut akibat adanya reaksi tertentu. Pelapukan biologi adalahpelapukan yang disebabkan karena aktivitas makhluk hidup atau organisme yang beraktivitas di lingkungan sekitar batuan maupun material yang mengalami pelapukan.Beberapa contoh organisme yang menyebabkan terjadinya pelapukan antara lain jamur, lumut, bakteri atau bahkan manusia. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Pelapukan yaitu sebuah proses perubahan komposisi serta pemecahan yang dialami batuan ataupun material-material lainnya yang terjadi di atas permukaan bumi akibat proses secara fisika, kimia maupun biologi. Jenis-jenis pelapukan diantaranya pelapukan fisika, pelapukan kimia dan pelapukan biologi. 

  1. Pelapukan fisika adalah pelapukan batuan yang disebabkan karena adanya pengaruh faktor fisik pada batuan atau material tersebut. Adapun beberapa faktor utama yang paling berpengaruh dalam pelapukan ini adalah suhu, tekanan, dan juga kristalisasi pada garam.
  2. Pelapukan kimia adalah pelapukan yang terjadi karena adanya proses perubahan kimia yang ada di dalam batuan atau material tersebut akibat adanya reaksi tertentu.
  3. Pelapukan biologi adalah pelapukan yang disebabkan karena aktivitas makhluk hidup atau organisme yang beraktivitas di lingkungan sekitar batuan maupun material yang mengalami pelapukan. Beberapa contoh organisme yang menyebabkan terjadinya pelapukan antara lain jamur, lumut, bakteri atau bahkan manusia.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

 

527

5.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Faktor fisika yang mempercepat pelapukan tanah adalah ....

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia