Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pelapisan sosial yang dibentuk secara sengaja bertujuan untuk ... Mempertahankan kekayaan. Membedakan prestasi dan prestise. Membagi kekuasaan dan wewenang. Mempertahankan kekerabatan.

Pelapisan sosial yang dibentuk secara sengaja bertujuan untuk ...

  1. Mempertahankan kekayaan.
  2. Membedakan prestasi dan prestise.
  3. Membagi kekuasaan dan wewenang.
  4. Mempertahankan kekerabatan.space space 
  1. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar.space space 

  2. 1 dan 3 SAJA yang benar.space space 

  3. 2 dan 4 SAJA yang benar.space space 

  4. HANYA 4 yang benar.space space 

  5. SEMUA pilihan benar.space space 

Iklan

N. Atika

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.space space 

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan tersebut adalah A. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut: Poin yang ditanyakan adalah tujuan dibentuknya stratifikasi sosial secara sengaja. Stratifikasi sosial di masyarakat dapat terbentuk secara otomatis/dengan sendirinya dan sengaja . Secara otomatis/dengan sendirinya, pelapisan sosial dibentuk berdasarkan keturunan. Sedangkan, secara sengaja stratifikasi sosial dibentuk untuk mencapai tujuan tertentu . Maka, berdasarkan pada soal, yang merupakan tujuan dibentuknya stratifikasi sosial secara sengaja, antara lain: Mempertahankan kekayaan , dengan mempertahankan kekayaan maka individu akan terus berada di lapisan sosial atas dan akan memiliki kemudahan akses pada berbagai bidang kehidupan. Membedakan prestasi dan prestise . Prestasi berkaitan dengan hasil usaha yang dilakukan individu, sedangkan prestise sosial berkaitan dengan kehormatan dan kedudukan yang dimiliki seseorang. Membagi kekuasaan dan wewenang , pembagian kekuasaan dan wewenang biasanya terdapat pada lingkungan kerja, di mana semakin tinggi kekuasaan yang dimiliki maka wewenang semakin banyak. Dengan demikian, pelapisan sosial yang dibentuk secara sengaja bertujuan untuk mempertahankan kekayaan, membedakan prestasi dan prestise, dan membagi kekuasaan dan wewenang, yang ditunjukkan nomor (1), (2), dan (3). Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Jawaban yang tepat dari pertanyaan tersebut adalah A.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Poin yang ditanyakan adalah tujuan dibentuknya stratifikasi sosial secara sengaja.

Stratifikasi sosial di masyarakat dapat terbentuk secara otomatis/dengan sendirinya dan sengaja. Secara otomatis/dengan sendirinya, pelapisan sosial dibentuk berdasarkan keturunan. Sedangkan, secara sengaja stratifikasi sosial dibentuk untuk mencapai tujuan tertentu. Maka, berdasarkan pada soal, yang merupakan tujuan dibentuknya stratifikasi sosial secara sengaja, antara lain:

  1. Mempertahankan kekayaan, dengan mempertahankan kekayaan maka individu akan terus berada di lapisan sosial atas dan akan memiliki kemudahan akses pada berbagai bidang kehidupan.
  2. Membedakan prestasi dan prestise. Prestasi berkaitan dengan hasil usaha yang dilakukan individu, sedangkan prestise sosial berkaitan dengan kehormatan dan kedudukan yang dimiliki seseorang.
  3. Membagi kekuasaan dan wewenang, pembagian kekuasaan dan wewenang biasanya terdapat pada lingkungan kerja, di mana semakin tinggi kekuasaan yang dimiliki maka wewenang semakin banyak.

Dengan demikian, pelapisan sosial yang dibentuk secara sengaja bertujuan untuk mempertahankan kekayaan, membedakan prestasi dan prestise, dan membagi kekuasaan dan wewenang, yang ditunjukkan nomor (1), (2), dan (3).

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space space 

Konsep Kilat Mengenal Struktur Sosial (NEW!)

Konsep Kilat Diferensiasi dan Stratifikasi Sosial (NEW!)

Bedah Tipe Soal Mengenal Struktur Sosial (NEW!)

Bedah Tipe Soal Diferensiasi dan Stratifikasi Sosial (NEW!)

Latihan Bab

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Status sosial dalam masyarakat yang memiliki sistem kasta berdasarkan pada achieved status . SEBAB ...

133

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia