Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pelabuhan Malaka merupakan pelabuhan Internasional yang terletak di wilayah barat. Adapun pelabuhan transit terletak di wilayah bagian timur, yaitu ...

Pelabuhan Malaka merupakan pelabuhan Internasional yang terletak di wilayah barat. Adapun pelabuhan transit terletak di wilayah bagian timur, yaitu ...

  1. Pelabuhan Ternate

  2. Pelabuhan Tidore

  3. Pelabuhan Somba Opu

  4. Pelabuhan Bacan

  5. Pelabuhan Obi

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan diatas adalah C. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut: Pelabuhan Malaka merupakan pelabuhan Internasional yang terletak di wilayah barat. Sedangkan pelabuhan transit di Indonesia terletak di wilayah timur yaitu, pelabuhan Somba Opu/Makassar. Sejak masa pra-kolonial, Pelabuhan Makassar (Somba Opu) sudah dikenal sebagai pintu menuju kawasan timur Indonesia. Kota yang terletak di selatan Pulau Sulawesi ini memiliki sejarah yang panjang sebagai bandar niaga yang masyhur. Meskipun begitu, hingga akhir abad 15, Makassar belumlah menjadi sebuah pusat perdagangan di wilayah Nusantara. Perubahan besar baru terjadi pada abad 16, waktu di mana terjadi perpindahan pedagang muslim dari Malaka yang direbut oleh Portugis pada tahun 1511. Pedagang Malaka ini pindah menuju ke Makassar. Menetapnya para pedagang muslim di Makassar merupakan fondasi bagi terbentuknya sebuah pelabuhan entrepot baru di Nusantara bagian timur. Hal itu membuat pelabuhan Somba Opu berperan penting sebagai pelabuhan entrepot (pos perdagangan) yang menghubungkan pedagang Indonesia bagian barat dengan Indonesia bagian timur.

Jawaban yang tepat dari pertanyaan diatas adalah C.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Pelabuhan Malaka merupakan pelabuhan Internasional yang terletak di wilayah barat. Sedangkan pelabuhan transit di Indonesia terletak di wilayah timur yaitu, pelabuhan Somba Opu/Makassar. Sejak masa pra-kolonial, Pelabuhan Makassar (Somba Opu) sudah dikenal sebagai pintu menuju kawasan timur Indonesia. Kota yang terletak di selatan Pulau Sulawesi ini memiliki sejarah yang panjang sebagai bandar niaga yang masyhur. 

Meskipun begitu, hingga akhir abad 15, Makassar belumlah menjadi sebuah pusat perdagangan di wilayah Nusantara. Perubahan besar baru terjadi pada abad 16, waktu di mana terjadi perpindahan pedagang muslim dari Malaka yang direbut oleh Portugis pada tahun 1511. Pedagang Malaka ini pindah menuju ke Makassar. Menetapnya para pedagang muslim di Makassar merupakan fondasi bagi terbentuknya sebuah pelabuhan entrepot baru di Nusantara bagian timur. Hal itu membuat pelabuhan Somba Opu berperan penting sebagai pelabuhan entrepot (pos perdagangan) yang menghubungkan pedagang Indonesia bagian barat dengan Indonesia bagian timur.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

21

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Masyarakat Jawa memiliki tradisi menulis sejarah yang berkembang di dalam istana raja yang disebut . ...

63

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia