Roboguru

Pasukan Sekutu yang mendarat di Kota Surabaya dipimpin oleh …

Pertanyaan

Pasukan Sekutu yang mendarat di Kota Surabaya dipimpin oleh …

  1. Letjen Philip Christison

  2. Brigjen A.W.S Mallaby

  3. Kapten Huiyer

  4. Mayjen E.C Marsergh

  5. Laksamana Lord Louis Mounbatten

Pembahasan Soal:

Pertempuran Surabaya merupakan peristiwa sejarah perang antara tentara Indonesia dan tentara Sekutu. Peristiwa besar ini terjadi pada 10 November 1945 di Kota Surabaya, Jawa Timur. Pertempuran ini merupakan salah satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah revolusi Indonesia serta menjadi simbol nasional perlawanan Indonesia terhadap kolonialisasi. Tentara Sekutu mendarat di Surabaya pada 25 Oktober 1945 di bawah pimpinan Brigjen Aubertin Walter Sothern (A.W.S) Mallaby yang berkebangsaan Inggris. Kedatangan mereka ketika itu disambut oleh Gubernur Jawa Timur R.M.T.A Soeryo.

Dalam pertemuan dengan Gubernur Soeryo, disepakati bahwa Inggris dipersilahkan memasuki kota dan melepaskan tawanan Jepang. Namun, kesepakatan ini dilanggar pasukan Inggis dengan menduduki kantor pos besar, pangkalan angkatan laut di Tanjung Priok, gedung Bank Indonesia, serta lokasi-lokasi penting lainnya. Kontak senjata pertama dengan Inggris terjadi siang hari pada 27 Oktober 1945. Pertempuran kemudian meluas dengan cepat dan berubah menjadi perlawanan merebut kembali lokasi-lokasi penting yang telah diduduki oleh tentara Sekutu.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang benar adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Mardiana

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Penyebab utama meletusnya Pertempuran 10 November 1945 antara arek-arek Surabaya melawan pasukan Sekutu (Inggris) adalah ...

Pembahasan Soal:

Tentara Sekutu mendarat di Surabaya pada tanggal 25 Oktober 1945 di bawah pimpinan Brigjen Aubertin Walter Sothern Mallaby yang berkebangsaan Inggris. Kedatangan mereka disambut oleh Gubernur Jawa Timur saat itu, yaitu R.M.T.A. Soeryo. Di awal pertemuan, disepakati bahwa Inggris dipersilahkan memasuki kota dan mendatangi objek-objek yang sesuai dengan tugasnya, akan tetapi kesempatan ini digunakan oleh Inggris untuk menduduki Surabaya.

Pada tanggal 27 Oktober 1945, Inggris menyebarkan pamflet lewat udara yang berisi perintah agar rakyat Surabaya menyerahkan senjata hasil rampasan dari pihak Jepang. Kondisi ini membuat Gubernur Jawa Timur dan rakyat Surabaya bersiap siaga, dan terjadilah kontak senjata pertama pada tanggal 27 Oktober 1945.

Pada tanggal 28 Oktober 1945, para pemuda Surabaya berhasil merebut kembali lokasi dan tempat-tempat penting yang sebelumnya dikuasai oleh tentara Sekutu. Tentara Sekutu semakin terdesak, Brigjen Mallaby melalui Mayjen D.C. Hawthorn meminta bantuan kepada Presiden Soekarno untuk mengendalikan situasi di Surabaya. Tanggal 29 Oktober Presiden dan Wakil Presiden tiba di Surabaya. Akan tetapi, gencatan senjata sudah meluas dan terus berlangsung hingga pada tanggal 30 Oktober 1945, Brigjen Mallaby tewas tertembak dan menimbulkan kemarahan Inggris yang menuntun rakyat Surabaya untuk menyerah tanpa syarat. Tuntutan itu ditolak dan mendapatkan perlawanan hingga meletuslah Pertempuran Surabaya pada 10 November 1945.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Pada 25 Oktober 1945, tentara Sekutu tiba di Surabaya dipimpin oleh ....

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 25 Oktober 1945, Tentara Sekutu dipimpin oleh Brigadir Jenderal Mallaby. Sekitar tanggal 27-30 Oktober 1945,terjadi kontak senjata antara para pemuda Indonesia dengan pasukan Inggris. Dalam pertemuan ini pasukan Inggris dipukul mundur bahkan puncak dari pertempuran tersebut adalah terbunuhnya pemimpin pasukan Inggris yakni Brigadir Jendral Mallaby.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Pecahnya Pertempuran Surabaya diawali dengan peristiwa ….

Pembahasan Soal:

Pertempuran Surabaya diawali dengan kedatangan tentara Sekutu di bawah komando Brigadir Jenderal A.W.S. Mallaby pada 25 Oktober 1945 di Surabaya. Kedatangan Sekutu dalam praktiknya menimbulkan perlawanan rakyat Indonesia yang berujung pada terjadinya bentrokan tanggal 30 Oktober 1945. Bentrokan ini menewaskan  Brigadir  Jenderal A.W.S.  Mallaby. Tewasnya A.W.S Mallaby kemudian membuat tentara Sekutu murka hingga mengirimkan pasukan lebih banyak ke Surabaya di bawah pimpinan Mayor Jenderal R.C. Mansergh.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Pertempuran 10 November 1945 terjadi karena…

Pembahasan Soal:

Alkisah, sebagai kelanjutan dari tewasnya perwira tinggi Inggris A.W.S. Mallaby maka pada tanggal 9 November 1945, pihak sekutu mengeluarkan ultimatum kepada rakyat Surabaya agar segera menyerahkan diri. Batas waktu ultimatum adalah pukul 06.00 tanggal 10 November 1945, ultimatum tersebut dengan tegas ditolak oleh Rakyat. Mengetahui ultimatumnya ditolak, gabungan tentara Inggris dan Belanda pada pagi hari tanggal 10 November 1945 lalu melancarkan serangan secara besar-besaran di Kota Surabaya. Sebagai bagian dari negara yang merdeka dan berdaulat, masyarakat Surabaya dan para pejuang kemerdekaan tentu tidak rela kedaulatan mereka diganggu. Mereka pun mengobarkan semangat perlawanan sehingga pecahlah pertempuran sengit antara milisi Indonesia melawan Inggris yang kemudian dikenal sebagai Pertempuran 10 November 1945.

0

Roboguru

Hal yang dijadikan alasan oleh Inggris untuk mengultimatum para pejuang RI adalah….

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 30 Oktober 1945, terjadi pertempuran antara rakyat Surabaya dengan Inggris, yang kemudian mengakibatkan tewasnya A.W.S. Mallaby. Hal itu yang menjadi alasan Inggris yang dipimpin Mayjen E.C. Marsergh mengultimatum para pejuang RI untuk menyerahkan diri paling lambat 10 November 1945 pukul 06.00 pagi. Namun, para pejuang RI, salah satunya Bung Tomo, menolak ultimatum itu dan memilih tetap mempertahankan kemerdekaan. Pertempuran pun tidak bisa terhindarkan.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved