Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pasar dimana seorang penjual bisa menjual berapa pun produk yang dihasilkannya tanpa memengaruhi kuantitas pasar secara keseluruhan termasuk pada pasar....

Pasar dimana seorang penjual bisa menjual berapa pun produk yang dihasilkannya tanpa memengaruhi kuantitas pasar secara keseluruhan termasuk pada pasar....space space 

  1. abstrakspace space 

  2. monopolistikspace space 

  3. oligopolispace space 

  4. doupolispace space 

  5. monopolispace space 

Iklan

N. Nurlaila

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Malang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.

jawaban yang tepat adalah E.space space 

Iklan

Pembahasan

Sebelumnya perlu diketahui bahwa terdapat tiga jenis pasar yang termasuk ke dalam kelompok pasar persaingan tidak sempurna, yaitu : Pasar Monopoli , yaitu pasar yang didalamnya hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Biasanya barang yang dijual di pasar monopoli adalah barang yang tidak memiliki pengganti. Karena barang yang dijual tidak memiliki pengganti maka penjual memiliki kuasa untuk menetapkan harga dan memproduksi produknya. Contoh dari pasar monopoli adalah listrik oleh PLN, dan BBM oleh pertamina. Pasar Oligopoli , yaitu pasar yang didalamnya hanya terdapat beberapa penjual yang menguasai pasar. Contoh dari pasar oligopoli adalah pasar mobil, motor, dan semen Pasar persaingan monopolistik , pada dasarnya pasar persaingan monopolistik hampir sama dengan pasar persaingan sempurna, namun yang membedakan adalah jenis barang yang dijual di pasar persaingan monopolistik lebih terdiferensiasi (berbeda). Jadi, jawaban yang tepat adalah E .

Sebelumnya perlu diketahui bahwa terdapat tiga jenis pasar yang termasuk ke dalam kelompok pasar persaingan tidak sempurna, yaitu : 

  • Pasar Monopoli, yaitu pasar yang didalamnya hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Biasanya barang yang dijual di pasar monopoli adalah barang yang tidak memiliki pengganti. Karena barang yang dijual tidak memiliki pengganti maka penjual memiliki kuasa untuk menetapkan harga dan memproduksi produknya. Contoh dari pasar monopoli adalah listrik oleh PLN, dan BBM oleh pertamina.
  • Pasar Oligopoli, yaitu pasar yang didalamnya hanya terdapat beberapa penjual yang menguasai pasar. Contoh dari pasar oligopoli adalah pasar mobil, motor, dan semen 
  • Pasar persaingan monopolistik, pada dasarnya pasar persaingan monopolistik hampir sama dengan pasar persaingan sempurna, namun yang membedakan adalah jenis barang yang dijual di pasar persaingan monopolistik lebih terdiferensiasi (berbeda).

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

49

Nailah Khansa Zahrani

Pembahasan tidak menjawab soal

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Apabila terdapat suatu pasar yang mekanisme harganya hanya ditentukan oleh produsen, dan konsumen tidak memiliki kekuatan dalam penetapan harga, maka pasar tersebut adalah ….

3

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia