Roboguru

Pasangan pengantin bebas menentukan tempat tinggal setelah menikah, disebut ….

Pertanyaan

Pasangan pengantin bebas menentukan tempat tinggal setelah menikah, disebut ….undefined  

  1. komonlokal

  2. utrolokal

  3. neolokal

  4. avunkulokal

  5. natalokal

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pasangan suami dan istri yang baru saja menikah tentu membutuhkan tempat tinggal untuk membangun keluarganya. Ada beberapa pola menetap yang biasanya dikenal dan digunakan oleh suami atau istri yang sudah menikah. Dalam sosiologi ada beberapa pola menetap sesudah perkawinan, salah satunya adalah utrolokal, yaitu pasangan suami istri bebas menentukan tempat tinggalnya.undefined  

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.undefined  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Salah satu pola menetap setelah pernikahan adalah natalokal. Natalokal menunjukkan pola menetap …

Pembahasan Soal:

Lembaga keluarga mengatur tentang pola menetap (residence pattern) setelah dilaksanakannya perkawinan. Salah satu pola menetap setelah pernikahan adalah Natalokal. Natalokal adalah pola menetap suami dan istri tidak tinggal di tempat yang sama, tetapi tinggal di tempat kelahirannya masing-masing dan hanya bertemu untuk waktu yang relatif pendek. Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Rina dan Bagas merupakan pasangan pengantin baru. Karena menganut sistem kekeluargaan yang modern, keluarga kedua belah pihak memberikan kebebasan kepada Rina dan Bagas untuk menentukan tempat tinggal...

Pembahasan Soal:

Lembaga keluarga mengatur tentang pola menetap (residence pattern) setelah dilaksanakannya perkawinan. Salah satu pola menetap setelah pernikahan adalah utrolokal. Utrolokal adalah pola menetap pasangan suami istri yang bebas menentukan tempat tinggalnya. Seperti dalam kasus Rina dan Bagas yang diberi kebebasan oleh keluarga mereka untuk menentukan tempat tinggal mereka setelah menikah. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Pada masyarakat Minangkabau, dianut sistem matrilineal, yaitu penarikan garis keturunan/kekerabatan dari pihak ibu. Jika dikaitkan dengan pola menetap dalam lembaga keluarga, sistem matrilineal masyar...

Pembahasan Soal:

Sistem matrilineal pada masyarakat Minangkabau salah satunya melalui diterapkannya adat matrilokal, yaitu suami dan istri yang baru menikah secara adat diminta untuk tinggal di lingkungan keluarga istri. Begitu pula dalam perkawinan,  pihak perempuan yang meminang laki-laki. Sistem matrilineal juga memengaruhi aturan pembagian harta waris dalam keluarga, yaitu harta waris diberikan kepada perempuan. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Pak Daren Susilo yang berasal dari Jawa dan Ibu Alea Chaniago yang berasal dari Minangkabau adalah pasangan suami istri. Keduanya memiliki dua orang anak, Rasya Chaniago dan Rasyi Chaniago. Setelah me...

Pembahasan Soal:

Lembaga keluarga mengatur tentang pola menetap (residence pattern) setelah dilaksanakannya perkawinan. Salah satu pola menetap adalah matrilokal, yaitu pasangan suami istri bertempat tinggal di sekitar kerabat istri. Seperti dalam kasus ini, Pak Daren dan Ibu Alea tinggal di wilayah keluarga istri setelah menikah. Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Pasangan suami istri yang bertempat tinggal dalam kelompok yang terdiri dari orang tua kedua belah pihak menunjukkan pola menetap ….

Pembahasan Soal:

Lembaga keluarga mengatur tentang pola menetap (residence pattern) setelah dilaksanakannya perkawinan. Salah satu pola menetap setelah pernikahan adalah komonlokal. Komonlokal adalah pola menetap pasangan suami istri yang bertempat tinggal dalam kelompok yang terdiri dari orang tua kedua belah pihak. Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved