Roboguru

Paru-paru manusia dilapisi oleh selaput tipis yang berguna untuk memisahkan paru-paru dari rongga dada, apabila selaput ini meradang maka gangguan ini disebut  ….

Pertanyaan

Paru-paru manusia dilapisi oleh selaput tipis yang berguna untuk memisahkan paru-paru dari rongga dada, apabila selaput ini meradang maka gangguan ini disebut  ….space space 

  1. dermatitisspace 

  2. bronkitisspace 

  3. pleuritisspace 

  4. neuritisspace 

  5. faringitisspace 

Pembahasan Soal:

Paru-paru dibungkus oleh pleura untuk megurangi gesekan antara paru-paru dan tulang rusuk kitia mengembang dan mengempis. Pleura dapat mengalami peradangan yang disebut sebagai pleuritis. Peradangan yang terjadi akan memicu ekskresi cairan berlebihan hingga menyebabkan penumpukan cairan pleura. Pleuritis menyebabkan penderita mengalami nyeri dada yang menusuk, terutama saat bernapas.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

U. Muftin

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Setiap bulan Pak Randi rutin melakukan penyedotan cairan di dalam rongga pleura. Upaya yang dilakukan Pak Randi tersebut merupakan upaya untuk mengatasi penyakit ....

Pembahasan Soal:

Upaya yang dilakukan Pak Randi tersebut merupakan upaya untuk mengatasi penyakit Pleuritis. Pleuritis merupakan gangguan yang disebabkan oleh peradangan selaput pleura sehingga timbul rasa nyeri saat bermapas. Cara mencegah penyakit pleuritis yaitu menerapkan pola hidup sehat, mengonsumsi makanan bergizi, dan menghindari obat-obatan yang memicu alergi. Cara mengatasi penyakit pleuritis yaitu mengonsumsi obat-obatan yang mengandung antibiotik dan melakukan penyedotan cairan dari dalam rongga pleura (torakosentesis).

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Perhatikan kondisi paru-paru berikut! Paru-paru berwarna kehitaman. Selaput paru-paru mengalami kerusakan. Alveolus mengembang karena terisi karbon hitam.  Kondisi paru-paru tersebut mengindika...

Pembahasan Soal:

Salah satu penyebab kanker paru-paru adalah merokok yang dapat menyebabkan paru-paru berwarna kehitaman dan dapat merusak bagian paru-paru lain seperti alveolus dan selaput paru-paru.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

1

Roboguru

Gangguan sistem pernapasan manusia berikut ini yang ditandai dengan adanya peradangan pada paru-paru sehingga alveolus terisi cairan dan eritrosit yang berlebihan adalah ….

Pembahasan Soal:

Pneumonia adalah penyakit yang ditandai dengan adanya peradangan paru-paru. Alveolus (gelembung paru-paru) pada penderita penyakit ini biasanya terinfeksi oleh bakteri (Streptococcus, Diplococcus pneumoniae, Mycoplasma pneumoniae), virus, atau jamur yang menyebabkan adanya cairan atau nanah dan kelebihan sel darah merah (eritrosit) pada paru-paru. Penyakit ini menyebar seiring dengan persebaran bakteri dari satu alveolus ke alveolus lain hingga dapat meluas ke seluruh paru-paru. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

2

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Gangguan pernapasan yang dapat menyerang organ yang ditunjuk oleh huruf X dan Y secara berurutan adalah ….

Pembahasan Soal:

Bagian yang ditunjuk X adalah faring, sedangkan Y adalah selaput paru-paru atau pleura. Sehingga gangguan yang mungkin terjadi pada faring dan pleura adalah peradangan yang diakibatkan oleh infeksi sehingga menyebabkan luka pada kedua organ tersebut yang masing-masing disebut faringitis dan pleuritis.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A. 

1

Roboguru

Peradangan atau pembekakan dapat terjadi karena terinfeksi oleh mikroorganisme atau tubuh merespons benda asing yang masuk ke tubuh. Peradangan pada lapisan pelindung pembungkus paru-paru disebut ....

Pembahasan Soal:

Salah satu gangguan pada sistem pernapasan adalah penyakit radang. Penyakit ini dapat menyerang berbagai organ pada sistem pernapasan, diantaranya:

  1. Sinusitis, perdangan pada rongga hidung bagian atas.
  2. Laringitis, peradangan pada laring.
  3. Pleuritis, peradangan pada pleura (selaput pembungkus paru-paru).
  4. Bronkitis, peradangan pada bronkus.
  5. Faringitis, peradangan pada faring.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved