Iklan

Iklan

Pertanyaan

Partai politik di Indonesia berfungsi sebagai sarana aspirasi masyarakat. Pada pilpres 2014 terdapat beberapa partai politik yang bergabung untuk mengusung calon presiden dan wakil presiden. Penggabungan beberapa partai politik merupakan proses sosial asosiatif dalam bentuk ....

Partai politik di Indonesia berfungsi sebagai sarana aspirasi masyarakat. Pada pilpres 2014 terdapat beberapa partai politik yang bergabung untuk mengusung calon presiden dan wakil presiden. Penggabungan beberapa partai politik merupakan proses sosial asosiatif dalam bentuk ....

  1. akomodasi

  2. konsiliasi

  3. kooptasi

  4. asimilasi

  5. koalisi

Iklan

R. Rgfreelanceseratusempattujuh

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Koalisi merupakan bentuk kerja sama memadukan dua kelompok/organisasi/lembaga/partai politik atau lebih yang memiliki tujuan atau kepentingan yang sama. Salah satu bentuk koalisi adalah koalisi partai politik yang dibentuk untuk mengusung atau memenangkan calon presiden dan wakil presiden. Penggabungan beberapa partai politik ini didasari oleh tujuan dan kepentingan yang sama, yakni memenangkan calon presiden dan wakil presiden. Penjelasan pada opsi lain : Akomodasi : Usaha-usaha yang dilakukan untuk mengurangi ataupun mengendalikan konflik agar tidak berkembang menjadi kekerasan Konsiliasi : Usaha untuk menyelesaikan konflik dengan mempertemukan pihak-pihak yang berkonflik melalui pihak ketiga. Kooptasi : usaha ke arah kerjasama yang dilakukan dengan jalan menyepakati pimpinan yang akan ditunjuk untuk mengendalikan jalannya organisasi atau kelompok. Asimilasi : pembauran unsur-unsur budaya yang berbeda dan menghasilkan kebudayaan baru.

Koalisi merupakan bentuk kerja sama memadukan dua kelompok/organisasi/lembaga/partai politik atau lebih yang memiliki tujuan atau kepentingan yang sama. Salah satu bentuk koalisi adalah koalisi partai politik yang dibentuk untuk mengusung atau memenangkan calon presiden dan wakil presiden. Penggabungan beberapa partai politik ini didasari oleh tujuan dan kepentingan yang sama, yakni memenangkan calon presiden dan wakil presiden.

 

Penjelasan pada opsi lain :

  1. Akomodasi : Usaha-usaha yang dilakukan untuk mengurangi ataupun mengendalikan konflik agar tidak berkembang menjadi kekerasan
  2. Konsiliasi : Usaha untuk menyelesaikan konflik dengan mempertemukan pihak-pihak yang berkonflik melalui pihak ketiga.
  3. Kooptasi : usaha ke arah kerjasama yang dilakukan dengan jalan menyepakati pimpinan yang akan ditunjuk untuk mengendalikan jalannya organisasi atau kelompok.

Asimilasi : pembauran unsur-unsur budaya yang berbeda dan menghasilkan kebudayaan baru.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

52

Andri Fizal

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pemerintah daerah menggandeng pihak swasta untuk menjadi investor pembangunan sarana transportasi. Interaksi sosial tersebut merupakan proses asosiatif yang berbentuk ….

2

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia