Roboguru

Paragraf yang tepat dari kalimat acak tersebut ialah ...

Pertanyaan

Paragraf yang tepat dari kalimat acak tersebut ialah ... space

  1. 4-3-2-1 space

  2. 3-4-2-1 space

  3. 1-2-3-4 space 

  4. 3-2-1-4 space 

Pembahasan Soal:

Paragraf adalah gabungan kalimat yang berisi ide pokok dan beberapa gagasan pendukung. Ide pokok adalah kalimat utama yang menjadi pokok pikiran paragraf. Gagasan pendukung adalah kalimat-kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama. Untuk mengurutkan kalimat acak agar menjadi paragraf yang tepat diawali mencari ide pokok, lalu kalimat penjelas.
Berdasarkan soal, ide pokok terletak pada kalimat laut adalah sumber utama kehidupan yang sangat penting. Hal itu karena kalimat tersebut menjadi pokok pikiran yang dibahas yaitu tentang laut sebagai sumber utama kehidupan yang penting. Kalimat tersebut dapat dilanjutkan dengan kalimat penjelas bahwa laut sebagai sumber kehidupan yang penting dapat dilihat dari berbagai isi kandungan laut yang telah atau belum dimanfaatkan, aneka jenis makhluk hidup di laut menjadi sumber keuntungan para nelayan, dan berbagai jenis mineral terdapat di laut.
Dengan demikian, paragraf yang tepat dari kalimat acak tersebut ialah 3-2-1-4.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Nurjannah

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Alasan menggunakan PLTS yaitu ….

Pembahasan Soal:

PLTS merupakan pembangkit listrik yang memanfaatkan cahaya matahari sebagai energi utama. Penggunaan panel surya memanfaatkan energi surya yang akan menghemat penggunaan biaya, karena tidak menggunakan listrik dari bahan bakar fosil adik-adik, kemudian panel surya ini juga ramah lingkungan. jadi, jawaban yang benar adalah c.

Roboguru

Alat yang mengubah energi cahaya menjadi energi listrik yaitu ….

Pembahasan Soal:

Pembangkit listrik tenaga surya terdiri atas panel-panel surya. Panel-panel surya inilah yang akan mengubah energi cahaya menjadi energi listrik. Panel surya ini mengambil cahaya matahari yang merupakan sumber cahaya. Jadi, jawaban yang benar adalah c.

Roboguru

Kata tanya “mengapa” digunakan untuk menanyakan …

Pembahasan Soal:

Kata tanya “mengapa” digunakan untuk menanyakan sebab atau alasan suatu peristiwa terjadi. Jawaban atas pertanyaan “mengapa” ditandai dengan adanya kata “karena” atau “sebab”. Contohnya adalah Mengapa panel surya ini banyak dipilih oleh masyarakat? Karena penggunaan panel surya memanfaatkan energi surya yang akan menghemat penggunaan biaya, karena tidak menggunakan listrik dari bahan bakar fosil adik-adik, kemudian panel surya ini juga ramah lingkungan. Jadi, jawaban yang tepat adalah b.

Roboguru

Pembangkit listrik tenaga surya adalah pembangkit listrik yang mengubah energi surya (cahaya) menjadi energi listrik. Kata tanya yang tepat untuk kalimat diatas adalah …

Pembahasan Soal:

Kata tanya “apa” digunakan untuk menanyakan benda, keadaan atau perbuatan yang jawabannya berupa pengertian. Soal diatas merupakan sebuah pengertian tau definisi dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Jadi, jawaban yang tepat adalah d.

Roboguru

Kesimpulan dari wawancara yang dilakukan yaitu ….

Pembahasan Soal:

Wawancara dilakukan untuk mengetahui akibat manusia tidak menjaga lingkungan alam. Jika manusia tidak melaksanakan kewajiban terhadap lingkungan alam, maka lingkungan akan menjadi rusak, tidak terawat, kotor dan sumber daya alam akan cepat habis sehingga memberikan dampak buruk bagi alam dan makhluk hidup lainnya. Jadi, jawaban yang benar adalah b.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved