Roboguru

Pertanyaan

  1. Diceritakan pada suatu hari seorang ibu melintasi angkringan nasi uduk sambil mendorong gerobak miliknya. Dia tidak hidup seorang diri melainkan bersama kedua anaknya yang berada di dalam gerobak. Sontak saja kondisi ini menyentuh seseorang untuk turut berbagi. Panggil saja namanya Ami, seseorang yang sedang makan nasi uduk di waktu pagi menjelang siang.
  2. Melihat kondisi sang ibu dan kedua anaknya membuat Armi bergegas memanggil si ibu berkali-kali. Namun belum juga mendekati seruannya. Hingga akhimya si ibu mendekat dengan air muka yang bingung. Tanpa pikir panjang Armi memesan 3 bungkus nasi uduk dan menyerahkan nasi tersebut pada si ibu. Berkali-kali si ibu mengucapkan terima kasih kepada Ami.
  3. Sang ibu bercerita bahwa sang suami telah meninggal dan gerobak itulah peninggalan satu-satunya. Pekerjaannya kini hanya mencari sampah di dekat perum ahan atau pinggir jalan raya. Kemudian menghibur kedua anaknya sembari terus berusaha bertahan hidup. Akan tetapi kondisi hidupnya kini sama sekali tidak dia sesali, sebab sang ibu selalu berusaha dan Tuhan ada bersamanya.
  4. Tak ada di dunia ini yang mau hidup serba kesulitan. Namun di sanalah segala syukur dan pesan mesti digaungkan. Sebab Tuhan tidak pemah tidur dan selalu memberkahi setiap hambanya yang selalu bersyukur.undefined 

Paragraf yang menggambaka perasaan pedulil dari teks cerite inspiratif di atas ditandai nomor ....undefined 

  1. ....undefined 

  2. ....undefined 

N. Febriyanti

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat ialah terdapat pada kalimat nomor 2.undefined 

Pembahasan

Perasaan peduli ialah perasaan yang memperhatikan atau menghiraukan orang lain. Perasaa peduli terdapat pada kalimat "Melihat kondisi sang ibu dan kedua anaknya membuat Armi bergegas memanggil si ibu berkali-kali. Namun belum juga mendekati seruannya. Hingga akhimya si ibu mendekat dengan air muka yang bingung. Tanpa pikir panjang Armi memesan 3 bungkus nasi uduk dan menyerahkan nasi tersebut pada si ibu."

Jadi, jawaban yang tepat ialah terdapat pada kalimat nomor 2.undefined 

13

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Nilai kehidupan yang berkaitan dengan tingkah laku baik-buruknya manusia merupakan pengertian dari ….

20

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia