Roboguru

Para pekerja yang bekerja di dalam ruang rontgen, pada beberapa bagian tubuhnya harus ditutup dengan pengaman. Hal ini dilakukan karena sinar rontgen dapat . . . .

Pertanyaan

Para pekerja yang bekerja di dalam ruang rontgen, pada beberapa bagian tubuhnya harus ditutup dengan pengaman. Hal ini dilakukan karena sinar rontgen dapat . . . .undefined  

Pembahasan Soal:

Sinar rontgen termasuk sinar x yang merupakan jenis mutagen fisika. Sinar x dapat menyebabkan mutasi sehingga terjadinya kerusakan organ-organ tubuh apabila terpapar dalam jangka waktu yang panjang.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Ridho

Mahasiswa/Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apabila jaringan di tangan kita terkena sinar X dan mengalami mutasi, kemungkinan mutasi itu . . . .

Pembahasan Soal:

Sinar X merupakan mutagen yang memancarkan radiasi. Jenis radiasinya adalah radiasi pengion. Radiasi pengion mampu menembus jaringan tubuh karena memiliki energy tinggi. Radiasi pengion dapat menyebabkan mutasi gen dan pemutusan kromosom yang berakibat delesi, duplikasi, inversi, translokasi, dan fragmentasi kromosom. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Peristiwa mutasi berikut yang disebab­kan oleh mutagen alami yaitu....

Pembahasan Soal:

Mutagen alami adalah penyebab mutasi yang berasal dari alam secara langsung seperti sinar UV, sinar kosmis, dan radioaktif alam. Sebagai contoh radiasi sinar UV dari matahari yang berlebihan dapat mengakibatkan kanker kulit. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Sinar matahari mengandung radiasi .... yang dapat menyebabkan mutasi.

Pembahasan Soal:

Salah satu contoh radiasi yang menyebabkan mutasi adalah sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet yang berasal dari matahari dapat memicu terjadinya kanker kulit.space  

Dengan demikian jawabannya adalah sinar ultraviolet.space 

0

Roboguru

Salah satu contoh mutagen buatan adalah...

Pembahasan Soal:

Mutasi merupakan peristiwa yang sudah umum terjadi dan sifatnya bisa menguntungkan atau merugikan jika dilihat dari sudut pandang kegunaannya bagi manusia. Mutasi dapat disebabkan oleh banyak hal, antara lain oleh radiasi, iradiasi, dan bahan kimia. Zat atau gen yang menyebabkan mutasi ini disebut mutagen. Berdasarkan sumber atau penyebab terjadinya mutasi, mutasi dapat dibedakan atas mutasi spontan dan mutasi induksi (mutasi buatan). Secara mendasar, hasil mutasi spontan dan mutasi induksi tidak terdapat perbedaan. Keduanya tetap dapat menimbulkan variasi genetik.

  1. Mutasi spontan adalah mutasi yang terjadi secara spontan di alam, tanpa campur tangan manusia. Oleh karena itu, mutasi spontan disebut juga mutasi alami. Penyebab mutasi alami bermacam-macam, antara lain disebabkan oleh radiasi sinar kosmis, radiasi radioaktif alam, sinar ultraviolet, dan kesalahan genetika.
  2. Mutasi induksi adalah mutasi hasil induksi dan dibuat secara sengaja oleh manusia. Mutasi ini disebut juga mutasi buatan. Mutasi jenis ini sengaja dilakukan menggunakan mutagen, seperti mutagen fisika dan kimia. Pelopor mutasi buatan ini diawali oleh penelitian H.J. Muller pada 1927. Muller meneliti pengaruh radiasi terhadap lalat buah (Drosophila). Ia meradiasi lalat buah dengan sinar X radiasi tinggi dan menemukan bahwa radiasi meningkatkan kejadian mutasi. dari hal tersebut diketahui bahwa radiasi menyebabkan perubahan molekul-molekul gen. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Contoh mutagen alami adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Mutagen alami berasal dari alam sehingga dapat menyebabkan mutasi secara alami. Contoh mutagen alami adalah sinar matahari, sinar ultraviolet, sinar kosmik, unsur radioaktif di dalam, virus, bakteri, serta gas-gas maupun zat kimia yang berasal dari bumi. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved