Iklan

Iklan

Pertanyaan

Para pejuang membakar Kota Bandung dengan alasan ...

Para pejuang membakar Kota Bandung dengan alasan ...

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

alasan para pejuang membakar Kota Bandung adalahagar pihak musuh tidak dapat menggunakan gedung-gedung yang ada.

alasan para pejuang membakar Kota Bandung adalah agar pihak musuh tidak dapat menggunakan gedung-gedung yang ada.

Iklan

Pembahasan

Pada masa revolusi di Indonesia, terjadi serangkaian peristiwa di berbagai daerah yang bertujuan untuk mempertahankan kemerdekaan. Salah satunya adalah peristiwa Bandung Lautan Api. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 23 Maret 1946. Peristiwa tersebut berlangsung sangat cepat. Dalam kurun waktu kurang lebih 7 jam, Kota Bandung terbakar oleh api. Peristiwa ini terjadi karena adanya ultimatum dari pasukan sekutu untuk mengosongkan Kota Bandung dan juga menyerahkan senjata yang dilucuti dari tentara Jepang. Akibatnya,200.000 warga Bandung meninggalkan kota dengan berjalan kaki menuju ke pegunungan. Ultimatum tersebut dilatarbelakangi oleh kekalahan sekutu dalam pertempuran di Bandung dan Sukabumi. Menanggapi ultimatum tersebut, Perdana Menteri Sutan Sjahrir memerintahkan Pejuang Bandung untuk menuruti ultimatum tersebut. Akan tetapi, para Pejuang Bandung sudah mengadakan rapat sebelumnya, dan menolak perintah tersebut. Hasilnya adalah sebelum meninggalkan Bandung, para pejuang memilih untuk membakar Kota Bandungdengan tujuan mencegah Sekutu untuk memakai Kota Bandung sebagai markas strategis dalam perang kemerdekaan Indonesia. Dengan demikian, alasan para pejuang membakar Kota Bandung adalahagar pihak musuh tidak dapat menggunakan gedung-gedung yang ada.

Pada masa revolusi di Indonesia, terjadi serangkaian peristiwa di berbagai daerah yang bertujuan untuk mempertahankan kemerdekaan. Salah satunya adalah peristiwa Bandung Lautan Api. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 23 Maret 1946. Peristiwa tersebut berlangsung sangat cepat. Dalam kurun waktu kurang lebih 7 jam, Kota Bandung terbakar oleh api. Peristiwa ini terjadi karena adanya ultimatum dari pasukan sekutu untuk mengosongkan Kota Bandung dan juga menyerahkan senjata yang dilucuti dari tentara Jepang. Akibatnya, 200.000 warga Bandung meninggalkan kota dengan berjalan kaki menuju ke pegunungan. Ultimatum tersebut dilatarbelakangi oleh kekalahan sekutu dalam pertempuran di Bandung dan Sukabumi.

Menanggapi ultimatum tersebut, Perdana Menteri Sutan Sjahrir memerintahkan Pejuang Bandung untuk menuruti ultimatum tersebut. Akan tetapi, para Pejuang Bandung sudah mengadakan rapat sebelumnya, dan menolak perintah tersebut. Hasilnya adalah sebelum meninggalkan Bandung, para pejuang memilih untuk membakar Kota Bandung dengan tujuan mencegah Sekutu untuk memakai Kota Bandung sebagai markas strategis dalam perang kemerdekaan Indonesia.

Dengan demikian, alasan para pejuang membakar Kota Bandung adalah agar pihak musuh tidak dapat menggunakan gedung-gedung yang ada.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

317

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tujuan dari tentara Indonesia dan masyarakat Bandung membakar habis kota Bandungadalah….

3

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia