Roboguru

Para pakar taksonomi banyak yang menganggap bahwa filum Echinodermata merupakan kelompok avertebrata yang memiliki derajat tertinggi, karena memiliki banyak kesamaan dengan Chordata, di antaranya berikut ini, kecuali ....

Pertanyaan

Para pakar taksonomi banyak yang menganggap bahwa filum Echinodermata merupakan kelompok avertebrata yang memiliki derajat tertinggi, karena memiliki banyak kesamaan dengan Chordata, di antaranya berikut ini, kecuali ....undefined

  1. mempunyai mesodermal skeletonundefined

  2. pada blastofor, embrio beranusundefined

  3. mulut terbentuk dari kantong ektoderm

  4. tubuhnya radial simetris serta mempunyai coelomundefined

  5. mesoderm berkembang membentuk kantongundefined

Pembahasan Soal:

Echinodermata (dari bahasa Yunani,  echinos = landak/berduri; derma = kulit) adalah sebuah filum hewan laut yang mencakup bintang laut, teripang, bulu babi, lili laut dan kerabat lainnya. Seluruh anggota Echinodermata hidup di laut dan tidak ada yang hidup di daratan (terestrial). 

Echinodermata dan Chordata termasuk dalam kelompok Deuterostoma, yaitu kelompok hewan pada perkembangan embrionya, lubang atau bukaan pertama (blastofor) menjadi anus. Sementara itu, mulut berkembang dari lubang yang berlawanan arah dari blastofor, melalui diferensiasi endoderm.

Pada Deuterostomia, mesoderm (lapisan tengah) dalam embrio yang sedang berkembang membentuk kantong atau rongga tubuh (coelom) yang terpisah dari saluran pencernaan. Proses ini disebut enteroselus.

Dengan demikian, mulut terbentuk dari diferensiasi endoderm, bukan ektoderm.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 16 Juni 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved