Iklan

Iklan

Pertanyaan

Para nelayan memanfaatkan angin darat untuk pergi ke laut pada malam hari dan pulang kembali ke darat memanfaatkan angin laut. Fenomena tersebut merupakan aspek Geografi yang berkaitan dengan ....

Para nelayan memanfaatkan angin darat untuk pergi ke laut pada malam hari dan pulang kembali ke darat memanfaatkan angin laut.

Fenomena tersebut merupakan aspek Geografi yang berkaitan dengan ....

  1. Aspek atmosfer

  2. Aspek litosfer

  3. Aspek biosfer

  4. Aspek hidrosfer

  5. Aspek antroposfer

Iklan

E. Anggraeni

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Peristiwa-peristiwa alam di dalam geosfer banyak yang berkaitan dengan kehidupan manusia baik yang terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Fenomena tersebut berkaitan dengan aspek atmosfer. Angin merupakan gerakan udara atau massa udara yang terjadi di atmosfer dalam arah vertikal maupun horizontal. Angin darat dan angin laut merupakan jenis angin lokal yang terjadi sepanjang tahun. Proses terjadinya angin darat dan angin laut meliputi: Angin Darat Pada malam hari daratan lebih dingin dibandingkan lautan, karena sifat daratan yang cepat menerima panas dan cepat menerima dingin. Angin Darat menjadi daerah yang mempunyai tekanan tinggi (maksimum), sedangkan laut menjadi daerah yang mempunyai tekanan rendah (minimum). Angin darat biasanya digunakan oleh nelayan untuk berangkat mencari ikan ke laut. Oleh karena itu, kita sering melihat nelayan pergi menangkap ikan pada malam hari dan kembali dari menangkap ikan pada siang hari. Angin Laut Suhu di laut lebih dingin dibandingkan dengan suhu daratan. Hal ini disebabkan sifat laut (perairan) yang lambat menerima panas dan lambat melepaskannya. Sehingga laut menjadi daerah yang mempunyai tekanan tinggi (maksimum) dan daratan menjadi daerah yang mempunyai tekanan rendah (minimum). Angin laut digunakan oleh para nelayan pulang dari laut menuju ke darat pada siang hari.

Peristiwa-peristiwa alam di dalam geosfer banyak yang berkaitan dengan kehidupan manusia baik yang terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Fenomena tersebut berkaitan dengan aspek atmosfer.

Angin merupakan gerakan udara atau massa udara yang terjadi di atmosfer dalam arah vertikal maupun horizontal. Angin darat dan angin laut merupakan jenis angin lokal yang terjadi sepanjang tahun. Proses terjadinya angin darat dan angin laut meliputi:

  • Angin Darat
    Pada malam hari daratan lebih dingin dibandingkan lautan, karena sifat daratan yang cepat menerima panas dan cepat menerima dingin. Angin Darat menjadi daerah yang mempunyai tekanan tinggi (maksimum), sedangkan laut menjadi daerah yang mempunyai tekanan rendah (minimum). Angin darat biasanya digunakan oleh nelayan untuk berangkat mencari ikan ke laut. Oleh karena itu, kita sering melihat nelayan pergi menangkap ikan pada malam hari dan kembali dari menangkap ikan pada siang hari.
     
  • Angin Laut
    Suhu di laut lebih dingin dibandingkan dengan suhu daratan. Hal ini disebabkan sifat laut (perairan) yang lambat menerima panas dan lambat melepaskannya. Sehingga laut menjadi daerah yang mempunyai tekanan tinggi (maksimum) dan daratan menjadi daerah yang mempunyai tekanan rendah (minimum). Angin laut digunakan oleh para nelayan pulang dari laut menuju ke darat pada siang hari.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

40

Falisha Savaira Naznin

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Fenomena urban heat island merupakan contoh fenomena yang berkaitan dengan aspek fisik geografi, tepatnya padalapisan ....

2

3.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia