Roboguru

Para kelompok buruh melakukan unjuk rasa di depan gedung DPR untuk mengaspirasikan keinginannya tentang RUU Buruh. Kelompok buruh termasuk pada kelompok sosial melalui hasil pengalaman ....

Pertanyaan

Para kelompok buruh melakukan unjuk rasa di depan gedung DPR untuk mengaspirasikan keinginannya tentang RUU Buruh. Kelompok buruh termasuk pada kelompok sosial melalui hasil pengalaman .... space

  1. emosional space

  2. kedekatan space

  3. praktis space

  4. intelektual space

  5. perasaan senasib space

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Soal di atas berkaitan dengan kelompok sosial dan poin yang ditanyakan dalam sosla di atas adalah faktor pembentuk kelompok sosial.

Kelompok sosial diartikan sebagai sekumpulan orang yang saling berinteraksi, memiliki kesadaran sebagai bagian dari anggota kelompok. Pembentukan kelompok sosial didasarkan pada beberapa faktor sebagai berikut.

  1. Kepentingan yang sama. Orang-orang yang memiliki kepentingan yang sama akan membentuk suatu kelompok untuk mewadahi mereka dalam mencapai tujuan bersama. Contoh; asosiasi buruh, pengusaha atau seniman.
  2. Keturunan yang sama. Faktor keturunan menjadi dasar yang kuat dalam pembentukan keompok sosial. Contoh: adanya kelompok keturunan Minangkabau, Batak, Arab, China.
  3. Asal daerah yang sama. Asal daerah yang sama memungkinkan seseorang atau kelompok untuk kelompok sosial yang di dasarka pada kesamaan budaya, bahasa, dan juga perasaan senasib ketika sama-sama berada di satu wilayah perantauan.
  4. Perasaan senasib. Adanya perasaan senasib seperti sama-sama merasa adanya ketidakadilan, terjajah atau dirugikan akan memungkinkan terbentuknya kelompok sosial dengan tujuan bersatu agar suara mereka dapat memunculkan adanya suatu perubahan. Contoh: demonstrasi mahasiswa yang terkena UKT tinggi, demonstrasi buruh.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bermain sepak bola merupakan aktivitas yang menarik untuk kalangan mayoritas laki-laki, sehingga banyak di antara mereka yang bergabung dalam kelompok sosial pecinta para pemain sepakbola terkenal. Il...

Pembahasan Soal:

Soal ini merujuk pada materi kelompok sosial. 

Menurut Soerjono Soekanto, kelompok sosial adalah himpunan atau kesatuan-kesatuan manusia yang hidup bersama karena saling berhubungan di antara mereka secara timbal balik dan saling memengaruhi. Kelompok sosial dasar pembentukannya dapat dilihat sebagai berikut :

  1. Faktor Darah (Common Ancestry). Kelompok sosial dapat dibentuk atas dasar kesamaan darah atau keturunan.
  2. Faktor Geografis. Letak tempat juga menentukan terbentuknya kelompok sosial. Anggota masyarakat yang berkumpul di suatu tempat kemudian terjalin komunikasi yang intens maka secara perlahan akan membangun ikatan. Misal: individu yang tinggal di tepian pantai akan membentuk kelompok nelayan.
  3. Faktor Kepentingan (Common Interest). Terdapatnya kesamaan kepentingan di antara para anggota masyarakat sangat memungkinkan untuk membentuk kelompok sosial. Misal: kelompok intelektual, kelompok seniman, dan lain-lain.
  4. Faktor Daerah Asal. Apabila seorang individu yang tinggal di suatu tempat kemudian bertemu dengan individu lain dalam jumlah cukup banyak sementara diketahui juga berasal dari daerah kelahiran yang sama maka sangat mungkin mendorong terbentuknya kelompok sosial di daerah tersebut.

Berdasarkan ilustrasi soal diatas, terbentuknya kelompok pecinta sepak bola adalah karena kesamaan kepentingan dari mereka untuk tahu info terbaru tentang sepak bola atau bertukar pikir membahas sepak bola. 

Jadi, jawabannya adalah E kepentinganspace 

0

Roboguru

Perhatikan ilustrasi berikut untuk menjawab pertanyaan!     Dika, Anita, Rian, dan Bela memutuskan berhenti menjadi pengamen dan berusaha membuka usaha. tekad tersebut, mereka kembangkan atas dasar k...

Pembahasan Soal:

    Sebagai makhluk sosial manusia tidak pernah bisa hidup seorang diri. Manusia memiliki naluri gregariousness, artinya manusia selalu menjalin interaksi sosial dengan manusia lain. Naluri tersebut mendorong manusia membentuk atau bergabung dalam kelompok sosial tertentu. Adapun bentuk-bentuk dorongan dalam pembentukan kelompok sosial terdiri dari :

  1. Dorongan untuk mempertahankan hidup.
  2. Hasrat untuk meneruskan keturunan.
  3. Keinginan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja.
  4. Pengalaman praktis, intelektual dan emosional.
  5. Ikatan darah atau keturunan.
  6. Kesamaan ciri-ciri fisik.
  7. Kesamaan kepentingan.
  8. Kesamaan daerah

    Faktor yang melatarbelakangi pembentukan kelompok sosial pada ilustrasi di atas yaitu adanya kesempatan kepentingan dan tujuan. Mereka memutuskan berhenti menjadi pengamen dan berusaha membuka usaha dengan tujuan memperbaiki kehidupan. Setiap individu atau kelompok dalam masyarakat memiliki kepentingan. kepentingan merujuk pada keinginan dalam pemenuhan kebutuhan dasar atau sosial. Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang paling tepat adalah E.

0

Roboguru

Kelompok orang-orang miskin dan orang-orang kaya hanya didasarkan pada satu kriteria dalam pembentukannya. Dalam klasifikasi kelompok sosial termasuk pada ....

Pembahasan Soal:

Soal di atas berkaitan dengan kelompok sosial dan poin yang ditanyakan adalah kelompok sosial berdasarkan dasar pembentukannya.

Bierstedt membedakan kelompok menjadi empat jenis yaitu:

  1. Kelompok masyarakat (societal group)kelompok yang hanya memiliki satu kriteria, yaitu kesadaran adanya persamaan di antara anggotanya. Dalam kelompok masyarakat belum ada kontak, komunikasi dan pengorganisasian. Contoh: kelompok berdasarkan jenis kelamin (laki-laki dan perempuan), kelompok berdasarkan tingkat kekayaan (orang miskin dan kaya).
  2. Kelompok sosial (social group), kelompok yang memiliki dua kriteria yaitu kesadaran jenis dan antar anggota saling berhubungan, namun dalam kelompok sosial belum ada pengorganisasian. Contoh: kelompok teman, kelompok olahraga.
  3. Kelompok statistik (statistical group)kelompok yang tidak memenuhi ketiga kriteria tersebut yaitu tidak memiliki kesadaran persamaan, tidak saling berhubungan, dan belum ada pengorganisasian. Contoh: pengelompokan penduduk berdasarkan tingkat pendidikan atau mata pencaharian.
  4. Kelompok asosiasi (associational group), kelompok ini para anggotanya memiliki kesadaran jenis, yaitu dijumpainya persamaan kepentingan pribadi maupun kepentingan bersama. Dalam keompok asosiasi, anta anggota kelompok saling berhubungan melalui kontak dan komunikasi. Contoh: asosiasi pengusaha.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah B. space

0

Roboguru

Untuk meningkatkan interaksi sosial dan meningkatkan kesejahteraan petani, maka para petani Indonesia membentuk kelompok Serikat Petani Indonesia (SPI). Dasar pembentukan kelompok sosial dari deskrips...

Pembahasan Soal:

Salah satu faktor atau dasar pembentuk kelompok sosial adalah karena kepentingan yang sama, yaitu orang-orang yang membentuk kelompok sosial karena mempunyai kepentingan yang sama. Berdasarkan soal menjelaskan untuk meningkatkan interaksi sosial dan meningkatkan kesejahteraan petani, maka para petani membentuk kelompok Serikat Petani Indonesia (SPI). Kepentingan yang sama terletak pada meningkatkan kesejahteraan petani. Kelompok berdasarkan kepentingan yang sama umumnya disebut sebagai kelompok asosiasi, seperti asosiasi seniman, asosiasi kaum buruh, asosiasi pengusaha kayu, dan asosiasi petani. Adapun dasar pembentukan kelompok sosial secara umum, antara lain kepentingan yang sama, pertalian darah atau keturunan yang sama, dan kesamaan daerah atau wilayah.

0

Roboguru

Adanya demonstrasi buruh yang kerap dilakukan pada saat "May Day" atau hari buruh dilatarbelakangi oleh ikatan yang kuat antarpeserta demonstrasi untuk menuntut adanya kelayakan upah. Berdasarkan hal ...

Pembahasan Soal:

Poin soal membahas pembentukan kelompok sosial.

Soal menanyakan dasar pembentuk kelompok sosial. Berdasarkan ilustrasi, terjadinya demonstrasi yang dilakukan oleh para buruh dipengaruhi oleh adanya kepentingan yang sama. Dimana, para buruh menuntut untuk adanya kelayakan upah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved