Roboguru

Para ahli menyatakan bahwa makhluk purba jenis Homo Neanderthalensis punah karena cuaca dingin yang ekstrim, sebutkan bukti-bukti yang ditemukan oleh para ahli yang menunjukkan punahnya Homo Neanderthalensis karena cuaca dingin yang ekstrim!

Pertanyaan

Para ahli menyatakan bahwa makhluk purba jenis Homo Neanderthalensis punah karena cuaca dingin yang ekstrim, sebutkan bukti-bukti yang ditemukan oleh para ahli yang menunjukkan punahnya Homo Neanderthalensis karena cuaca dingin yang ekstrim!

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Homo Neanderthalensis adalah anggota genus Homo yang telah punah dan berasal dari zaman Pleistosen. Spesimennya ditemukan di Eurasia, dari Eropa Barat hingga Asia Tengah dan Utara. Spesies ini dinamakan Neandertal sesuai dengan lokasi tempat pertama kali ditemukan di Jerman, Neandertal atau Lembah Neander, yang berada pada bagian Eropa Utara. (North). Spesies Neanderthal diklasifikasikan sebagai subspesies manusia (Homo sapiens neanderthalensis) atau spesies yang berbeda (Homo neanderthalensis). Jejak proto-Neanderthal pertama muncul di Eropa 600.000–350.000 tahun yang lalu. Cepatnya punah spesies ini dikarenakan Pendapat dari  Rudolf Virchow,  penemu spesies sekaligus seorang ahli kedokteran Jerman keturunan Polandia ini menganggap bahwa meskipun spesies ini dianggap sebagai manusia modern, cuaca yang ekstrem seperti suhu yang dingin, badai salju di Eropa, serta  dan tidak ada kemampuan adaptasi yang mumpuni membuat spesies ini sulit untuk bertahan hidup. Kurangnya keahlian adaptasi ini menyebabkan penyakit endemik di tubuh spesies Homo Neanderthalensis, yang menyebabkan kepunahan pada spesies ini.

Dengan demikian, punah spesies Homo Neanderthalensis dikarenakan Pendapat dari  Rudolf Virchow,  penemu spesies sekaligus seorang ahli kedokteran Jerman keturunan Polandia ini menganggap bahwa meskipun spesies ini dianggap sebagai manusia modern, cuaca yang ekstrem seperti suhu yang dingin, badai salju di Eropa, serta  dan tidak ada kemampuan adaptasi yang mumpuni membuat spesies ini sulit untuk bertahan hidup. Adanya penyakit endemik, yang menyebabkan punahnya spesies ini. Bukti yang ditemukan adalah para paleoantropologi menemukan jejak penyakit patologis pada sisa fosil mereka.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Buatlah perbandingan antara Homo Wajakensis di Indonesia dengan manusia purba di Eropa Homo Neanderthalensis dari segi pola hidup dan berikan kelebihan dan kekurangan masing-masing?

Pembahasan Soal:

Homo Wajakensis merupakan manusia purba di Indonesia yang ditemukan oleh van Rietschoten pada tanggal 24 Oktober 1888 di sebuah ceruk di lereng pegunungan karst di barat laut Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Homo Wajakensis hidup pada masa Paleolithikum/ Pleistosen (zaman batu tua) ditandai dengan penggunaan alat-alat dari batu yang sederhana dan kasar. Pola hidup Homo Wajakensis masih berpindah-pindah (nomaden) dan sangat bergantung pada alam. Homo Wajakensis berburu dan mengumpulkan makanan (food gethering) untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Homo Wajakensis memiliki pertahanan diri yang cukup baik, namun belum mampu membuat rumah tetap karena masih sangat bergantung pada alam. Selain itu, Homo Wajakensis telah mengenal api dan memasak hasil buruan secara sederhana.
Homo Neanderthalensis adalah anggota genus Homo yang telah punah dan berasal dari zaman Pleistosen (zaman tersier). Spesimennya ditemukan di Eurasia, dari Eropa Barat hingga Asia Tengah dan Utara. Spesies ini dinamakan Neandertal sesuai dengan lokasi tempat pertama kali ditemukan di Jerman, Neandertal atau Lembah Neander. Homo Neanderthalensis tinggal di goa bersama koloninya dan berpindah untuk mendapatkan daerah yang dekat dengan sumber makanan. Homo Neanderthalensis telah mengenal api, namun belum dapat memanfaatkannya secara maksimal. Homo Neanderthalensis hanya memakan daging buruan mentah sehingga asupan gizi mereka masih kurang. Hal ini menjadi salah satu pemicu punahnya Homo Neanderthalensis karena sumber makanan yang mereka konsumsi semakin berkurang ditambah cuaca ektrem Eropa seperti musim dingin tidak dapat mereka atasi.

Dengan demikian, Homo Wajakensis dan Homo Neanderthalensis merupakan dua spesies Homo yang hidup pada masa Pleistosen. Homo Wajakensis masih sangat bergantung pada alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, namun mereka memiliki pertahanan diri yang cukup baik. Sedangkan Homo Neanderthalensis memiliki peradaban yang hampir sama dengan Homo Wajakensis di mana goa menjadi tempat tinggal utama menyesuaikan kondisi alam dan ketersediaan pangan, mereka memiliki pertahanan diri yang kurang baik saat cuaca ektrem Eropa khususnya pada musim dingin. Selain itu, kedua manusia purba ini telah mengenal api, namun Homo Neanderthalensis belum memanfaatkanya secara maksimal. Berbeda dengan Homo Wajakensis yang telah memasak hasil buruan secara sederhana.

0

Roboguru

Udara dingin yang terjadi di Eropa berdampak pada kehidupan manusia Homo neanderthalensis, karena ….

Pembahasan Soal:

Pada masa kehidupan Homo nearderthalensis, suhu udara di Eropa mengalami cuaca di Eropa sedang mengalami perubahan terutama udara yang sangat dingin. Hal ini ternyata berdampak pada kehidupan manusia purba Homo neanderthalensis. Manusia purba jenis ini banyak yang mempunyai umur yang pendek, sebagian besar banyak yang meninggal di usia sebelum 20 tahun. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Homo neanderthal merupakan manusia dari zaman Pleistosen yang telah punah. Fosil mereka ditemukan di ...

Pembahasan Soal:

Homo neandherthalensis merupakan anggota genus Homo yang berasal dari zaman Pleistosen telah punah. Spesies ini dinamakan Neandertal karena sesuai dengan lokasi tempat pertama kali ditemukan di Jerman, Neandertal atau Lembah Neander. Tetapi, Homo neandherthalensis juga banyak ditemukan di beberapa negara seperti Prancis, Italia, Israel, hingga Irak. Homo neandherthalensis memiliki volume otak yang sangat besar, yaitu sekitar 1400 cc - 1750 cc. Homo neandherthalensis memiliki tulang tengkorak yang lebih tinggi daripada Homo erectus serta memiliki sedikit perbedaan dengan manusia sekarang.

Dengan demikian, Homo neandherthalensis ditemukan di Lembah Neander, Jerman.

0

Roboguru

Adanya penemuan peralatan kubur disekitar fosil Homo neanderthalensis membuktikan bahwa ….

Pembahasan Soal:

Penemuan peralatan kubur di dekat fosil Homo neanderthalensis dapat membuktikan bahwa manusia purba jenis ini sudah mempunyai sistem kepercayaan dalam kehidupan masyarakatnya. Hal tersebut tergambarkan pada peralatan kubur untuk menghormati nenek moyang yang sudah wafat. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan di bawah ini! Memiliki volume otak 1,400-1,500cc. Memiliki tulang pelipis dan rahang yang menonjol. Sudah mengenal sistem kepercayaan. Mampu menggunakan peralatan berburu d...

Pembahasan Soal:

Ciri-ciri Homo neanderthalensis memiliki volume otak sekitar 1,400 cc hingga 1,500 cc, tulang pelipis dan rahang menonjol, bentuk dahi rendah dan dagu tipis, tinggi badan antara 165 sampai 168 cm untuk pria dan 152-156 cm untuk wanita, memiliki kerangka tulang lebih kukuh daripada manusia modern, mampu menggunakan peralatan berburu, meramu, dan memasak, dan sudah mengenal sistem kepercayaan yang dibuktikan dengan penemuan peralatan kubur.

Jadi, jawaban yang tepat adalah Espace 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved