Roboguru

Para ahli kesehatan telah menganjurkan tiap orang untuk mengonsumsi delapan gelas sehari. Dengan mengonsumsi air yang cukup, kesehatan ginjal akan terjaga dengan baik. Mengapa demikian? Apakah jika tu

Para ahli kesehatan telah menganjurkan tiap orang untuk mengonsumsi delapan gelas sehari. Dengan mengonsumsi air yang cukup, kesehatan ginjal akan terjaga dengan baik. Mengapa demikian? Apakah jika tubuh kekurangan air, kerja ginjal akan terganggu? Bagaimanakah cara lain untuk menjaga kesehatan ginjal? 

Jawaban:

Air merupakan  salah satu komponen penting dalam menjaga kesehatan ginjal. Karena, dapat membantu ginjal membuang limbah dari darah dalam bentuk urine. Banyaknya konsumsi air yang dibutuhkan didasarkan pada perbedaan usia, iklim, intensitas olahraga, serta keadaan kehamilan, menyusui, dan riwayat penyakit. Jika tubuh kekurangan air maka akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan penumpukan limbah dan asam dalam tubuh serta menyumbat ginjal dengan protein otot (mioglobin). Semua ini dapat melukai ginjal. Jika tidak ditangani dengan cepat, dehidrasi juga dapat berkontribusi pada pembentukan batu ginjal dan infeksi saluran kemih yang mengakibatkan kerusakan ginjal. Agar terhindar dari dehidrasi dan menjaga kesehatan ginjal, maka perlu untuk mengonsumsi air putih yang cukup. Selain mengonsumsi air putih yang cukup, upaya yang dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal diantaranya menjaga pola makan dengan mengurangi konsumsi garam, olahraga secara teratur, menjauhi rokok dan alkohol, menghindari obat dan suplemen tertentu yang dapat merusak ginjal, dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil. 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved