Roboguru

Panglima TKR adalah Supriyadi. Tapi berdasarkan konferensi TKR pada tanggal 12 November 1945 digantikan jabatannya, karena…

Pertanyaan

Panglima TKR adalah Supriyadi. Tapi berdasarkan konferensi TKR pada tanggal 12 November 1945 digantikan jabatannya, karena…

  1. Jabatan ini tidak cocok

  2. Supriyadi tidak pernah datang

  3. Dialihkan ke jabatan lain

  4. Banyak menghadapi masalah jabatan

  5. Usianya terlalu muda

Pembahasan Soal:

Pada awal kemerdekaan, tepatnya pada 5 Oktober 1945, Pemerintah Republik Indonesia membentuk Tentara Keamanan Rakyta (TKR) menggantikan Badan Keamanan Rakyat (BKR) yang sebelumnya bertugas sebagai penjaga penjaga keamanan dan penolong korban perang. Pada 6 Oktober 1945, Presiden Soekarno mengangkat Supriyadi, komandan PETA di Blitar sebagai pemimpin tertinggi TKR. Namun, Supriyadi tidak pernah muncul dan tidak pernah dilantik sebagai pemimpin tertinggi TKR.

Kemudian pada 14 Oktober 1945, Oerip Soemohardjo ditetapkan sebagai Kepala Staf Umum TKR yang baru dibentuk. Oerip berupaya untuk menyatukan berbagai kekuatan mililter di Indonesia dalam wadah TKR. Pada tanggal 12 November 1945, diadakan konferensi TKR di Yogyakarta yang dipimpin Kepala Staf Umum Oerip Soemohardjo dengan agenda utama memilih pemimpin tertinggi TKR. Pemilihan tersebut dilakukan dengan pemungutan suara. Hasilnya, Jendeal Soedirman terpilih menjadi Panglima Besar TKR yang diresmikan dan dilantik pada 18 Desember 1945.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang benar adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Mardiana

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Maklumat Pemerintah tanggal 5 Oktober 1945 berisikan pembentukan organisasi ketentaraan yang bernama....

Pembahasan Soal:

Tentara Keamanan Rakyat (atau biasa disingkat dengan TKR) adalah sebuah nama angkatan perang pertama yang dibentuk oleh Pemerintah Indonesia, setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. TKR dibentuk pada tanggal 5 Oktober 1945 berdasarkan maklumat yang dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia. TKR dibentuk dari hasil peningkatan fungsi Badan Keamanan Rakyat (BKR) yang sudah ada sebelumnya dan tentara intinya diambil dari bekas PETA.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

1

Roboguru

Maklumat Pemerintah tanggal 5 Oktober 1945 berisikan pembentukan organisasi ketentaraan yang bernama...

Pembahasan Soal:

Setelah Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu pada tanggal 15 Agustus 1945, pasukan Sekutu yang diboncengi NICA datang ke Indonesia dan menekan pihak Jepang agar tidak memberikan kekuasaan kepada Indonesia. Kedatangan pasukan Sekutu dan NICA membuat para pemuda Indonesia tergerak untuk mendirikan berbagai laskar kepemudaan, seperti Hizbullah, Angkatan Pemuda Indonesia, Pemuda Indonesia Maluku, dan Pemuda Republik di Aceh. Akan tetapi keadaan semakin buruk dan semakin menyadarkan pemerintah Indonesia bahwa mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan negara tanpa memilki angkatan perang adalah hal yang sulit. Sehingga, pada 5 Oktober 1945 dibentuklah Tentara Keamanan Rakyat (TKR).

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Selain mengesahkan pembentukan Tentara Republik Indonesia (TRI), Presiden Soekarno membentuk Panitia Pembentukan Organisasi Tentara Nasional. Mengapa demikian? Jelaskan !

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 5 Mei 1947, Presiden Soekarno mengeluarkan dekrit yang berisi tentang pembentukan panitia yang disebut Panitia Pembentukan Organisasi Tentara Nasional. Panitia itu dipimpin sendiri oleh Presiden Sukarno. Setelah panitia itu bekerja, akhirnya keluar Penetapan Presiden tentang pembentukan organisasi TNI (Tentara Nasional Indonesia). Mulai tanggal 3 Juni 1947, secara resmi telah diakui berdirinya TNI sebagai penyempurnaan dari TRI. Segenap anggota angkatan perang yang tergabung dalam TRI dan anggota kelaskaran dimasukkan ke dalam TNI. Dalam organisasi ini telah dimiliki TNI Angkatan Darat (TNI AD), TNI Angkatan Laut (TNI AL), dan TNI Angkatan Udara (TNI AU).

Dengan demikian, tujuan pembentukan dari Panitia Pembentukan Organisasi Tentara Nasional, tidak lain untuk menyempurnakan organisasi kemiliteran Indonesia.

0

Roboguru

Berikut latar belakang pembentukan tentara rakyat, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Pada sidang PPKI ke-3 dibentuklah Badan Keamanan Rakyat (BKR). BKR pada awalnya bukanlah sebuah badan militer. Tujuan awal BKR adalah merawat korban perang dan juga memelihara keselamatan rakyat. Alasan pemerintah tidak membentuk sebuah badan militer dikaranakan agar tidak membangkitkan permusuhan dengan kekuatan militer asing. Akan tetapi pembentukan BKR tersebut mendapatkan kritikan dari berbagai pihak. Oleh karena itu keluarlah maklmat tanggal 5 Otober 1945 tentang pembentukan Tentara Keamanan Rakyat. Adapun latar belakang dari pembentukan TKR antara lain:

  • desakan anggota BKR akan pentingnya tentara kebangsaan dalam suatu negara
  • tindakan provokasi dari pasukan Sekutu dan Belanda
  • keamanan rakyat yang semakin terancam oleh kedatangan Sekutu

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Kursi TKR berada di.

Pembahasan Soal:

Tentara Keamanan Rakyat (TKR) resmi dibentuk setelah Presiden Soekarno mengeluarkan maklumat pada tanggal 5 Oktober 1945. Urip Sumoharjo ditunjuk sebagai kepala staf umum tentara merangkap panglima sementara TKR. Dengan segera beliau menyusun organisasi Markas Tertinggi TKR (MT-TKR), meniru Departemen Peperangan Hindia Belanda. Kemudian disusun juga organisasi Markas Besar Umum (MBU) yang merupakan bagian Markas Besar Tertinggi TKR. Awalnya Markas Tertinggi TKR ditetapkan di Purwokerto. Namun setelah dipertimbangkan, diputuskan markas tersebut dipindahkan ke Yogyakarta yang dinilai lebih strategis.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved