Iklan

Iklan

Pertanyaan

Palnet-planet dalam tata surya berjumlah 8 buah. Adakah kehidupan atau pernah ada kehidupan pada planet-planet tersebut? Mengapa demikian?

Palnet-planet dalam tata surya berjumlah 8 buah. Adakah kehidupan atau pernah ada kehidupan pada planet-planet tersebut? Mengapa demikian?space 

Iklan

H. Argi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Menurut Huang (959) z ona layak huni didefinisikan sebagai daerah dimana planet-planet berbatu dapat mempertahankan air dalam bentuk cair dengan bantuan kondisi atmosfer permukaan planet – planetnya. Bumi adalah satu-satunya planet yang dapat dihuni oleh makhluk hidup . Hal tersebut didukung oleh beberapa faktor, yaitu: Ketersediaan air dalam wujud cair hanya terdapat di Bumi. Bumi tersusun atas peraira dan daratan dengan konfigurasi dataran, gunung, lembah, dan lain-lain. Bumi mempunyai lapisan atmosfer yang mampu melindungi bumi dari radiasi sinar ultraviolet, dan radiasi dari luar angkasa. Atmosfer bumi terdiri dari empat gas utama yaitu nitrogen (78%), oksigen (21%), argon kurang dari (1%), dan karbondioksida (0,03%). Kutub utara dan kutub selatan m enjadi medan magnetik yang menjaga kestabilan bumi. Temperatur bumi memiliki suhu rata-rata yang dapat dihuni oleh makhluk hidup. Hutan menjadi salah satu ekosistem di bumi yang berperan menjaga keseimbangan energi (air, sedimen) dan sebagai plasma nutfah. Satelit bumi , yaitu bulan menyebabkan fenomena air pasang dan air surut. Kecepatan rotasi bumi memiliki kesesuaian untuk makhluk hidup. Adanya pergerakan revolusi bumi. Proses alam yaitu tenaga endogen dan tenaga eksogen merupakan proses yang berperan keseimbangan alam dan membentuk relief permukaan bumi hingga saat ini.

Menurut Huang (959) zona layak huni didefinisikan sebagai daerah dimana planet-planet berbatu dapat mempertahankan air dalam bentuk cair dengan bantuan kondisi atmosfer permukaan planet – planetnya. Bumi adalah satu-satunya planet yang dapat dihuni oleh makhluk hidup. Hal tersebut didukung oleh beberapa faktor, yaitu:

  1. Ketersediaan air dalam wujud cair hanya terdapat di Bumi. Bumi tersusun atas peraira dan daratan dengan konfigurasi dataran, gunung, lembah, dan lain-lain. 
  2. Bumi mempunyai lapisan atmosfer yang mampu melindungi bumi dari radiasi sinar ultraviolet, dan radiasi dari luar angkasa. Atmosfer bumi terdiri dari empat gas utama yaitu nitrogen (78%), oksigen (21%), argon kurang dari (1%), dan karbondioksida (0,03%). 
  3. Kutub utara dan kutub selatan menjadi medan magnetik yang menjaga kestabilan bumi. 
  4. Temperatur bumi memiliki suhu rata-rata yang dapat dihuni oleh makhluk hidup.
  5. Hutan menjadi salah satu ekosistem di bumi yang berperan menjaga keseimbangan energi (air, sedimen) dan sebagai plasma nutfah.
  6. Satelit bumi, yaitu bulan menyebabkan fenomena air pasang dan air surut. 
  7. Kecepatan rotasi bumi memiliki kesesuaian untuk makhluk hidup. 
  8. Adanya pergerakan revolusi bumi.
  9. Proses alam yaitu tenaga endogen dan tenaga eksogen merupakan proses yang berperan keseimbangan alam dan membentuk relief permukaan bumi hingga saat ini.space 

Latihan Bab

Jagat Raya

Tata Surya

Gerakan Planet Bumi

Lapisan Interior Bumi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

565

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bumi memiliki satelit, yaitu ....

126

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia