Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pak Ucok menjual barang X rata-rata 40 unit per hari. Namun, Pak Ucok kecewa karena jumlah penjualannya menurun sebesar 20% per hari pada saat pendapatan masyarakat mengalami peningkatan. Hal ini berarti barang X merupakan barang...

Pak Ucok menjual barang X rata-rata 40 unit per hari. Namun, Pak Ucok kecewa karena jumlah penjualannya menurun sebesar 20% per hari pada saat pendapatan masyarakat mengalami peningkatan. Hal ini berarti barang X merupakan barang...

  1. inferior

  2. mewah

  3. normal

  4. prestise

  5. giffen

Iklan

P. Rahayu

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Barang inferior Barang inferior adalah barang yang permintaannya justru berkurang bila pendapatan seseorang bertambah tinggi. Para pembeli yang mengalami kenaikan pendapatan akan mengurangi pengeluarannya untuk barang-barang inferior dan menggantikannya dengan barang lain yang lebih baik mutunya. Barang mewah Barang mewah adalah jenis barang yang di beli orang apabila pendapatan mereka sudah relative tinggi. Contoh; mobil sedan mewah dan permata. Barang normal Barang normal adalah barang yang mengalami kenaikan permintaan seiring dengan naiknya pendapatan seseorang. Barang prestise Barang prestise adalah barang-barang yang dapat memberikan rasa bangga dan mamapu meningkatkan harga diri bagi pemiliknya. Misalnya, mobil-mobil mewah bekas milyarder. Barang giffen Barang giffen adalah barang yang apabila harganya turun justru permintaannya ikut turun dan naiknya harga barang giffen justru menaikkan jumlah barang yang diminta.

  • Barang inferior
    Barang inferior adalah barang yang permintaannya justru berkurang bila pendapatan seseorang bertambah tinggi. Para pembeli yang mengalami kenaikan pendapatan akan mengurangi pengeluarannya untuk barang-barang inferior dan menggantikannya dengan barang lain yang lebih baik mutunya.
  • Barang mewah
    Barang mewah adalah jenis barang yang di beli orang apabila pendapatan mereka sudah relative tinggi. Contoh; mobil sedan mewah dan permata.
  • Barang normal
    Barang normal adalah barang yang mengalami kenaikan permintaan seiring dengan naiknya pendapatan seseorang.
  • Barang prestise
    Barang prestise adalah barang-barang yang dapat memberikan rasa bangga dan mamapu meningkatkan harga diri bagi pemiliknya. Misalnya, mobil-mobil mewah bekas milyarder.
  • Barang giffen
    Barang giffen adalah barang yang apabila harganya turun justru permintaannya ikut turun dan naiknya harga barang giffen justru menaikkan jumlah barang yang diminta.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

9

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada saat pendapatan Rp 2,4 juta per bulan, jumlah barang yang dibeli sebanyak 20 unit per bulan. Kemudian, pada saat pendapatan meningkat menjadi Rp 2,8 juta per bulan, jumlah barang yang dibeli berk...

6

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia