Roboguru

Pada umumnya reaksi kimia berlangsung lebih cepat jika: a. ditambahkan katalis, b. suhu dinaikkan, atau c. konsentrasi reaktan diperbesar. Jelaskan pengaruh masing-masing terhadap laju reaksi berdasarkan teori tumbukan.

Pertanyaan

Pada umumnya reaksi kimia berlangsung lebih cepat jika:

a. ditambahkan katalis,

b. suhu dinaikkan, atau

c. konsentrasi reaktan diperbesar.

Jelaskan pengaruh masing-masing terhadap laju reaksi berdasarkan teori tumbukan. 

Pembahasan Soal:

Menurut teori tumbukan, reaksi berlangsung sebagai hasil tumbukan antarpartikel pereaksi. Akan tetapi, tidak setiap tumbukan menghasilkan reaksi, melainkan hanya tumbukan antarpartikel yang memiliki energi cukup serta arah tumbukan yang tepat. Tumbukan yang menghasilkan reaksi disebut tumbukan efektif. 

Pada umumnya reaksi kimia berlangsung lebih cepat jika:

a. ditambahkan katalis karena katalis menurunkan energi aktivasi. Energi aktivasi adalah energi minimum yang harus dimiliki oleh partikel reaktan sehingga menghasilkan tumbukan efektif. Semakin rendah energi aktivasi, semakin cepat reaksi berlangsung.

b. suhu dinaikkan berarti menambah energi. Akibatnya energi kinetik molekul-molekul yang bereaksi akan bertambah dan lebih aktif mengadakan tumbukan sehingga reaksi berlangsung lebih cepat. 

c. konsentrasi reaktan diperbesar, hal ini karena semakin besar konsentrasi suatu zat, maka semakin banyak molekul dalam tiap satuan. Sehingga intensitas tumbukan antarmolekul makin sering terjadi dan reaksi berlangsung semakin cepat. 

Jadi, faktor yang memengaruhi laju reaksi antara lain suhu, konsentrasi reaktan, dan katalis.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 29 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved