Roboguru

Pada tanggal berapa sidang pertama BPUPKI?

Pertanyaan

Pada tanggal berapa sidang pertama BPUPKI?

Pembahasan Soal:

BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) atau Dokuritsu Junbi Cosakai dibentuk pada tanggal 1 Maret 1945. BPUPKI diketuai oleh dr. Rajiman Wedyodiningrat dan wakilnya R.P. Soeroso. Tujuan dibentuknya BPUPKI adalah menyelidiki berbagai hal dalam segala bidang kehidupan yang diperlukan sebagai persiapan menuju Indonesia Merdeka.

BPUPKI melaksanakan sidang sebanyak dua kali. Sidang BPUPKI tahap pertama berlangsung pada 29 Mei 1945 sampai 1 Juni 1945 dengan fokus pembahasan mengenai dasar negara Republik Indonesia. Sidang pertama tersebut dilakukan di Gedung Chou Shangi In di Jakarta yang sekarang dikenal sebagai Gedung Pancasila. Sedangkan sidang kedua dilaksanakan pada 10 - 17 Juli 1945 dengan agenda merancang Undang Undang Dasar.

Dengan demikian, sidang pertama BPUPKI dilaksanakan pada tanggal 29 Mei 1945 sampai 1 Juni 1945.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Mardiana

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan latar belakang Pancasila!

Pembahasan Soal:

Pancasila adalah dasar negara Indonesia. Sebagai dasar negara maka nilai-nilai yang ada dalam Pancasila menjadi landasan atau acuan dalam menyelenggarakan kehidupan di Indonesia baik dalam lingkup bermasyarakat, berbangsa pun juga dalam bernegara.

Latar belakang pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia dimulai ketika ia dirumuskan pada sidang resmi pertama Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang berlangsung 29 Mei-1 Juni 1945. Pada sidang tersebut, terdapat tiga tokoh bangsa yang mengemukakan pendapatnya, yaitu Moh. Yamin, Mr. Supomo, dan Ir. Sukarno. Ir. Sukarno mengemukakan pendapatnya pada tanggal 1 Juni 1945. Ia memberikan istilah Pancasila untuk pendapatnya tersebut sehingga tanggal 1 Juni dikenal sebagai hari lahirnya Pancasila. Rumusan dasar negara usulan Ir. Sukarno adalah sebagai berikut.

  1. Kebangsaan Indonesia (nasionalisme).
  2. Internasionalisme (peri kemanusiaan).
  3. Mufakat (demokrasi).
  4. Kesejahteraan sosial.
  5. Ketuhanan yang berkebudayaan.

Karena hingga sidang pertama selesai belum mencapai kesepakatan mengenai dasar negara Republik Indonesia, maka dibentuklah Panitia Sembilan yang bertugas untuk menyusun rumusan dasar negara dari gagasan ketiga tokoh tersebut. Panitia Sembilan ini diketuai oleh Ir. Sukarno. Panitia Sembilan menyelesaikan tugasnya pada tanggal 22 Juni 1945 dengan Piagam Jakarta (Jakarta Charter). Isi dari Piagam Jakarta adalah sebagai berikut.

  1. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya.
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.
  3. Persatuan Indonesia.
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.
  5. Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pancasila dijadikan sebagai dasar negara semenjak disahkan dalam Sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pertama, yaitu pada tanggal 18 Agustus 1945. Pada sidang ini, sila pertama sebagaimana tercantum dalam Piagam Jakarta diubah, yaitu dari “Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi para pemeluk-pemeluknya” menjadi “Ketuhanan Yang Maha Esa”. 

Dengan demikian, Pancasila dilatarbelakangi oleh hasil dari sidang BPUPKI pertama yang beragendakan menyusun dasar negara Indonesia. Karena setelah sidang berakhir belum mencapai kesepakatan mengenai sila-sila dalam Pancasila, akhirnya disempurnakanlah oleh Panitia Sembilan. Hasil dari Panitia Sembilan ini adalah Piagam Jakarta atau Jakarta Charter. Dalam sidang PPKI pertama, sila pertama dalam Piagam Jakarta diubah sebelum disahkan menjadi dasar negara Indonesia.

1

Roboguru

Pada tanggal 29 Mei 1945, Mr. Muh. Yamin menyumbangkan pemikirannya tentang ....

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 29 Mei-1 Juni 1945, diselenggarakan sidang pertama Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Agenda dalam sidang pertama BPUPKI adalah pembahasan seputar gagasan dasar negara. Penyampaian materi seputar gagasan dasar negara dilakukan oleh tiga tokoh, yakni Moh. Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno. Moh. Yamin menyampaikan gagasan serta pemikirannya terkait dasar negara pada tanggal 29 Mei 1945. Isi materi dari Moh. Yamin yakni Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri Ketuhanan, Peri Kerakyatan, Kesejahteraan Rakyat. Isi materi dari Soepomo yakni Persatuan, Mufakat dan Demokrasi, Keadilan Sosial, Kekeluargaan, dan Musyawarah. Isi materi oleh Ir. Soekarno adalah Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme dan Peri Kemanusiaan, Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial, dan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Dengan demikian, isi materi dan pemikiran dari Moh. Yamin adalah Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri Ketuhanan, Peri Kerakyatan, Kesejahteraan Rakyat.

0

Roboguru

Janji Jepang untuk membentuk BPUPKI (Dokuritsi Zyumbi Tyoosakai) direalisasikan pada tanggal 1 Maret 1945 BPUPKI mengadakan dua sidang resimi, di akhir sidang pertama BPUPKI membentuk sebuah panitia k...

Pembahasan Soal:

Panitia sembilan merupakan panitia kecil yang dibentuk oleh BPUPKI dan beranggotakan 9 orang dengan diketuai oleh Ir. Soekarno. Pada dasarnya, panitia ini diberi tugas untuk memriksa dan mengklarifikasi semua masukan yang diterima BPUPKI baik dalam format tulisan maupun lisan tentang dasar negara Indonesia. Panitia ini bekerja selama masa reses sidang BPUPKI, yaitu mulai dari 2 Juli hingga 9 Juli 1945. Panitia ini beranggotakan Ir Soekarno, Drs. Mohammad Hatta, Mr. Achmad Soebarjo, Mr. Mohammad Yamin, KH. Wachid Hasyim, Abdoel Kahar Moezakir, Abikoesno Tjokrosoejoso, H. Agus Salim, dan Mr. Alexander Andries Maramis. Adapun tugas panitia sembilan adalah sebagai berikut:

  1. bertanggungjawab dalam merumuskan dasar negara Indonesia merdeka,
  2. memberikan masukan baik secara tulisan maupun lisan serta membahas dan merumuskan dasar negara Indonesia merdeka,
  3. menampung masukan dari berbagai pihak terkait pembentukan dasar negara Indonesia,
  4. menyusun naskah rancangan dasar negara Indonesia.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Hasil sidang BPUPKI yang pertama yaitu...

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 1 Maret 1945, pemerintah Jepang melalui Letnan Jenderal Kumakichi Harada mengumumkan pembentukan Dokuritsu Junbi Coosakai atau Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Badan ini bertugas untuk mempelajari dan menyelidiki hal-hal yang berkaitan dengan aspek-aspek politik, ekonomi, tata pemerintahan, dan hal-hal yang diperlukan dalam usaha pembentukan negara Indonesia merdeka. BPUPKI diketuai oleh dr. Radjiman Wedyodiningrat.
Adapun sidang pertama BPUPKI dilaksanakan pada tanggal 29 Mei 1945 hingga 1 Juni 1945. Sidang pertama ini membahas masalah pokok tentang dasar negara Indonesia yang kemudian dikenal dengan nama Pancasila. Berikut ini merupakan tokoh-tokoh yang telah mengajukan pandangannya tentang dasar negara Indonesia, seperti Mr. Muh. Yamin, Prof. Dr. Supomo dan Ir. Soekarno.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Setelah Jepang mengalami kekalahan dalam perang Asia Timur Raya pada Tahun 1944, Jepang memberikan janji kemerdekaan kepada bangsa Indonesia. Sebagai tindakan nyata memenuhi janji tersebut, Jepang mem...

Pembahasan Soal:

Pasca kekalahan Jepang dalam perang Asia Timur Raya pada tahun 1944, Jepang memberikan janji kemerdekaan kepada bangsa Indonesia. Sebagai tindakan nyata memenuhi janji tersebut, Jepang membentuk Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan diketuai oleh dr. Radjiman Wedyodiningrat. BPUPKI mengadakan sidang resmi sebanyak dua kali. Sidang pertama BPUPKI berlangsung pada tanggal 29 Mei 1945 sampai 1 Juni 1945. Agenda sidang pertama BPUPKI adalah pembahasan seputar dasar negara. Dalam sidang BPUPKI yang pertama, terdapat tiga tokoh yang menyampaikan gagasannya seputar dasar negara. Ketiga tokoh tersebut adalah Moh. Yamin, Prof. Soepomo, dan Ir. Soekarno.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah D. 

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved