Roboguru

Pada tahun 1896, Henry Becquerel menemukan gejala radioaktivitas. a. Jelaskan gejala radioaktivitas yang dimaksud! b. Apa hubungan antara radioaktivitas dengan struktur atom?

Pertanyaan

Pada tahun 1896, Henry Becquerel menemukan gejala radioaktivitas.

a. Jelaskan gejala radioaktivitas yang dimaksud!

b. Apa hubungan antara radioaktivitas dengan struktur atom?space 

Pembahasan Soal:

a. Henry Becquerel menemukan bahwa bijih uranium memancarkan berkas sinar yang dapat menghitamkan pelat fotografi, walaupun pelat tersebut telah dilapisi dengan kertas hitam untuk mencegahnya dari kontak dengan berkas sinar. Marie Curie dan rekan-rekannya kemudian mengisolasi polonium dan radium, yang juga memancarkan sinar yang sama seperti sinar dari uranium. Ia berpendapat bahwa atom dari zat-zat tertentu mengalami pembelahan jika atom-atom ini memancarkan radiasi yang disebut sebagai radioaktivitas.

b. Penemuan tersebut bertentangan dengan teori atom Dalton yang menyatakan bahwa atom tidak dapat dibelah. Sehingga perlu adanya perluasan teori atom Dalton. Jika atom dapat dibelah, harus ada sesuatu yang lebih kecil daripada atom (partikel subatomik).

Jadi, gejala radioaktivitas yang dimaksud adalah munculnya berkas sinar yang dapat menghitamkan pelat fotografi. Ide mengenai radioaktivitas ini menunjukkan pertentangan teori atom Dalton, dimana atom terdiri dari partikel subatomik.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 18 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved