Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pada tahap tertentu penambahan jumlah tenaga kerjadi suatu perusahaan menimbulkan permasalahan, yaitu pengangguran terselubung. Salah satu upaya mengatasi pengangguran tersebut adalah ....

Pada tahap tertentu penambahan jumlah tenaga kerja di suatu perusahaan menimbulkan permasalahan, yaitu pengangguran terselubung. Salah satu upaya mengatasi pengangguran tersebut adalah .... undefined

  1. mempermudah kredit produktif bagi pemilik perusahaan sebagai tambahan modal undefined

  2. mengembangkan keahlian dan kemampuan tenaga kerja pada sektor lain yang terkait undefined

  3. memberikan kemudahan bagi investor untuk berinvestasi undefined

  4. memperluas informasi lowongan pekerjaan undefined

  5. mengembangkan industri padat karya 

Iklan

F. Fany

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.undefined

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Pengangguran terselubung adalah tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimal dan maksimal karena suatu alasan tertentu. Penambahan jumlah tenaga kerja pada perusahaan menyebabkan tenaga kerja terbagi kedalam beberapa shift. Pembagian shift ini berdampak pada tenaga kerja yang tidak dapat bekerja secara optimal. Oleh karena itu, cara untuk mengatasi pengangguran terselubung karena jam kerja yang tidak optimal dengan mengembangkan keahlian dan kemampuan tenaga kerja pada sektor lain yang terkait. Apabila tenaga kerja mencari keahlian di sektor lain maka jam kerja yang dimiliki akan digunakan secara optimal. Contohnya yaitu tenaga kerja yang memiliki jam kerja sebanyak 7 jam dapat membagi waktu jam kerjanya di perusahaan sesuai waktu jam kerja nya dan sisa jam kerja nya untuk pekerjaan sampingan lainnya. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.

Pengangguran terselubung adalah tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimal dan maksimal karena suatu alasan tertentu. Penambahan jumlah tenaga kerja pada perusahaan menyebabkan tenaga kerja terbagi kedalam beberapa shift. Pembagian shift ini berdampak pada tenaga kerja yang tidak dapat bekerja secara optimal. Oleh karena itu, cara untuk mengatasi pengangguran terselubung karena jam kerja yang tidak optimal dengan mengembangkan keahlian dan kemampuan tenaga kerja pada sektor lain yang terkait. 

Apabila tenaga kerja mencari keahlian di sektor lain maka jam kerja yang dimiliki akan digunakan secara optimal. Contohnya yaitu tenaga kerja yang memiliki jam kerja sebanyak 7 jam dapat membagi waktu jam kerjanya di perusahaan sesuai waktu jam kerja nya dan sisa jam kerja nya untuk pekerjaan sampingan lainnya. 

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.undefined

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

15

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan upaya pemerintah meningkatkan kualitas tenaga kerja melalui peningkatan kualitas kesehatan masyarakat!

47

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia