Roboguru

Pada tabel periodik unsur terdapat unsur dengan nomor atom 9 dan nomor massa 19. Tentukan jumlah proton, elektron, dan neutron pada atom tersebut! Uraikan pembentukan senyawa ionnya dengan natrium dalam bentuk diagram! Tulis rumus senyawa yang terbentuk!

Pertanyaan

Pada tabel periodik unsur terdapat unsur dengan nomor atom 9 dan nomor massa 19.

  1. Tentukan jumlah proton, elektron, dan neutron pada atom tersebut!
  2. Uraikan pembentukan senyawa ionnya dengan natrium dalam bentuk diagram!
  3. Tulis rumus senyawa yang terbentuk!space

Pembahasan Soal:

Suatu unsur dengan nomor atom 9 dan nomor massa 19, misalkan simbolnya X maka konfigurasinya adalah:
 

X subscript 9 equals 2 space 7 left parenthesis ev equals 7 comma space terima space 1 e to the power of minus sign right parenthesis
 

Dengan demikian maka:

a. Proton = nomor atom = 9
Elektron = nomor atom = 9
Neutron = Nomor massanegative signnomor atom = 19negative sign9 = 10

b. Pembentukan senyawa ionnya dengan natrium adalah:
 


 

c. Berdasarkan bentuk ion pada poin b maka senyawa yang dibentuk adalah NaX.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Pulungan

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Lengkapi tabel berikut!

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1886 Eugene Goldstein (1850-1930) menemukan bukti keberadaan partikel bermuatan positif ini. Dengan menggunakan tabung sinar katoda dengan lubang-lubang di katoda, ia melihat bahwa ada sinar yang merambat dalam arah yang berlawanan dari sinar katoda. Dia menyebut sinar kanal ini dan menunjukkan bahwa mereka terdiri dari partikel bermuatan positif.
Chadwick mengukur jangkauan proton dan juga mengukur bagaimana radiasi baru berdampak pada atom berbagai gas. Dia menemukan bahwa radiasi baru tidak terdiri dari sinar gamma, tetapi partikel tak bermuatan dengan massa yang hampir sama dengan proton yang disebut dengan neutron.
Pada tahun 1904, Thomson mengusulkan model atom, dengan hipotesis bahwa bola adalah materi positif di mana gaya elektrostatik menentukan posisi. Untuk menjelaskan muatan netral keseluruhan atom,  Dalam "model puding plum" ini, elektron terlihat tertanam dalam muatan positif seperti kismis dalam puding plum (walaupun dalam model Thomson elektron tidak diam, tetapi mengorbit dengan cepat)

Tabel yang telah dilengkapi adalah sebagai berikut.

0

Roboguru

Diketahui ion  , tentukan jumlah proton, neutron, dan elektronnya!

Pembahasan Soal:

  • Jumlah proton sama dengan nomor atom yaitu 87
  • Jumlah neutron adalah pengurangan nomer massa dengan jumlah proton
    table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell jumlah space neutron end cell equals cell A bond p end cell row cell jumlah space neutron end cell equals cell 223 minus sign 87 end cell row cell jumlah space neutron end cell equals 136 end table 
  • Jumlah elektron pada ion positif akan berkurang maka
    e equals 87 minus sign 1 e equals 86

  Jadi jumlah protonnya adalah 87, jumlah neutronnya adalah 136, dan jumlah elektronnya adalah 86.space 

1

Roboguru

Lengkapi tabel berikut.

Pembahasan Soal:

    Nomor atom merupakan jumlah proton dalam inti atom. Setelah menemukan jumlah proton, maka untuk mencari jumlah elektron mengikuti kondisi di bawah ini:

  • pada atom netral jumlah elektron sama dengan jumlah proton,
  • pada atom bermuatan (ion) jumlah elektron sama dengan proton dikurangi muatan.

    Nomor massa merupakan jumlah dari massa proton, neutron dan elektron. Namun karena massa elektron hanya 1/1836 kali massa proton, maka massa elektron diabaikan. Cara mencari jumlah neutron adalah :

neutron = nomor massa dikurangi nomor atom.


    Berdasarkan penjelasan di atas, maka tabel yang telah terisi lengkap adalah sebagai berikut:


 
 

Catatan: gunakan data pada tabel periodik unsur, karena pada baris ion klorida, atom aluminium dan ion hidrogen data yang disajikan kurang lengkap.

Jadi, nomor atom dan nomor massa dapat digunakan untuk menentukan jumlah elektron, ptoron dan neutron begitu pula sebaliknya.space 

1

Roboguru

Inti atom tidak mungkin mengandung ....

Pembahasan Soal:

Atom tersusun dari partikel-partikel penyusunnya. Partikel-partikel penyusun atom terdiri atas elektron (bermuatan listrik negatif), proton (bermuatan listrik positif), dan neutron (tidak bermuatan listrikl netral). Proton dan neutron pada atom selalu jumlahnya sama. Dengan demikian, atom tidak mungkin mengandung jumlah proton yang lebih sedikit dari pada neutron.


Jadi, jawaban yang tepat adalah E. 

0

Roboguru

Perhatikan hubungan proton, elektron, konfigurasi elektron, dan letaknya dalam tabel periodik unsur-unsur berikut. Data yang berhubungan dengan tepat adalah data pada unsur ....

Pembahasan Soal:

Letak unsur dalam tabel periodik unsur dapat diketahui dari konfigurasi elektronnya. Jumlah elektron untuk unsur netral (bukan ion) adalah sama dengan jumlah protonnya.

begin mathsize 14px style P presubscript 20 equals open square brackets Ar close square brackets space 4 s squared Q presubscript 13 equals open square brackets Ne close square brackets space 3 s squared space 3 p to the power of 1 R presubscript 15 equals open square brackets Ne close square brackets space 3 s squared space 3 p cubed S presubscript 26 equals open square brackets Ar close square brackets space 4 s squared space 3 d to the power of 4 T presubscript 25 equals open square brackets Ar close square brackets space 4 s squared space 3 d to the power of 5 end style 

Maka, unsur Q dan R salah, karena penyingkatan yang sesuai seharusnya adalah menggunakan unsur begin mathsize 14px style Ne end style. Unsur S juga salah, karena jumlah elektron pada konfigurasi di tabel adalah 28. Selanjutnya, penentuan periode baik untuk golongan A ataupun B adalah melalui kulit terbesar atau jumlah kulit yang dimiliki atom tersebut, Maka unsur T pada tabel tidak sesuai, seharusnya periodenya = 4 (karena memiliki 4 kulit). Penentuan golongan dapat dilihat melalui subkulit terakhir yang dimiliki atom. Jika berakhir pada d, maka golongannya adalah B dan jumlah elektron pada dan d merupakan nomor golongannya. Sedangkan untuk golongan A berakhir di subkulit s atau s dan p, elektron valensinya menunjukkan nomor golongan.

Jadi, data yang berhubungan dengan tepat adalah unsur P.

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved