Roboguru

Pertanyaan

Pada sungai yang belum mengalami pencemaran sering ditemukan siput air dan cacing Planaria. Termasuk kelompok apakah kedua hewan tersebut? 

R. Anissa

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Hewan dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu invertebrata (hewan tak bertulang belakang) dan vertebrata (hewan bertulang belakang).

Hewan invertebrata termasuk Porifera (hewan berpori), Cnidaria (hewan berongga), Platyhelminthes (Cacing pipih), Mollusca (hewan bertubuh lunak), Arthropoda (hewan berruas), Annelida (cacing tanah), dan Echinodermata (teripang dan sejenisnya).

Platyhelminthes adalah hewan paling sederhana yang bersifat bilateral simetris dan triploblastik (terdiri dari tiga lapisan sel mendasar). Contoh dari Platyhelminthes adalah Planaria sp. Planaria terkenal karena kemampunya melakukan pembelahan bila dipotong, serta memperbaiki sel tubuhnya yang rusak.

Siput atau gastropoda adalah salah satu kelas dari filum Moluska. Gastropoda dapat dibedakan dari moluska lainya dengan cara bergeraknya yang merambat dengan menggunakan otot perut. Siput memiliki cangkang di bagian atas tubuhnya yang terusun dari kalsium. Cangkang ini berfungsi untuk melindunhi organ dalam siput.space

332

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan tabel di bawah ini! Pasangan filum dan contoh organismenya yang tepat adalah ….

93

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia