Roboguru

Pada suatu wilayah terdapat dua jenis organisme. Organisme 1 adalah kuda nil yang berkubang dalam lumpur sedangkan organisme 2 adalah rusa yang sedang memakan rumput. Menurut teori evolusi Darwin, organisme yang akan bertahan terhadap proses seleksi alam adalah . . . .

Pertanyaan

Pada suatu wilayah terdapat dua jenis organisme. Organisme 1 adalah kuda nil yang berkubang dalam lumpur sedangkan organisme 2 adalah rusa yang sedang memakan rumput. Menurut teori evolusi Darwin, organisme yang akan bertahan terhadap proses seleksi alam adalah . . . . space space 

  1. Organisme 2, karena memiliki warna yang kontras dengan tempat hidupnya  space 

  2. Organisme 2, karena bergerak lebih lambat daripada organisme 1 space 

  3. Organisme 1 dan 2, karena peluang suatu individu untuk bertahan hidup sama  space 

  4. Organisme 1, karena memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada organisme 2  space 

  5. Organisme 1 karena memiliki warna kulit yang gelap menyerupai tempat berkubang space 

Pembahasan Soal:

Seleksi alam merupakan istilah yang diajukan oleh Charles Darwin yang dapat diartikan sebagai proses dimana individu yang memiliki ciri bawaan dapat bertahan hidup dan bereproduksi dalam tingkat yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan individu lain diakibatkan ciri bawaan yang dimilikinya. Darwin mengajukan bahwa mekanisme seleksi alam dapat menjelaskan pola evolusi.

Darwin berpendapat bahwa proses serupa terjadi di alam. Salah satu contoh yang berasal dari ide Darwin adalah anggota suatu populasi seringkali memiliki variasi ciri bawaan.

Faktor lingkungan bervariasi dari satu tempat ke tempat lain seiring waktu. Sifat yang menguntungkan di satu tempat dan di satu waktu bisa jadi tidak berguna atau bahkan merugikan di tempat lain atau di waktu lain. Seleksi alam selalu terjadi, namun sifat apa yang menguntungkan bergantung pada konteks dalam kondisi seperti apa spesies tersebut hidup dan berkembang biak.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 12 Maret 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved