Roboguru

Pada suatu ruangan bersuhu 30°C, kemampuan maksimum udara menampung uap air adalah 60 . Berdasarkan hasil pengukuran langsung ternyata kandungan uap air adalah 45 . Berapakah kelembaban absolutnya?

Pertanyaan

Pada suatu ruangan bersuhu 30°C, kemampuan maksimum udara menampung uap air adalah 60 begin mathsize 14px style gr divided by straight m cubed end style. Berdasarkan hasil pengukuran langsung ternyata kandungan uap air adalah 45 begin mathsize 14px style gr divided by straight m cubed end style. Berapakah kelembaban absolutnya?space 

Pembahasan Soal:

Diketahui:

  • Suhu ruangan adalah 30°C.
  • Kemampuan maksimum udara menampung uap air adalah 60 begin mathsize 14px style gr divided by straight m cubed end style.
  • Hasil pengukuran langsung ternyata kandungan uap air adalah 45 begin mathsize 14px style gr divided by straight m cubed end style.

Ditanya:

Berapakah kelembaban absolutnya?

Jawab:

Kelembaban udara adalah banyaknya volume uap air di udara dalam waktu dan lokasi tertentu. Kelembaban udara dibagi menjadi kelembaban relatif (nisbi) dan kelembaban absolut (mutlak). Kelembaban relatif (relative humidity) adalah perbandingan jumlah uap air dalam udara dengan jumlah air maksimum yang ditampung oleh udara dalam suhu yang sama. Sedangkan kelembaban absolut (absolute humidity) adalah banyaknya uap air yang terkandung dalam begin mathsize 14px style 1 straight m cubed end style. Rumus menghitung kelembaban absolut adalah sebagai berikut.

begin mathsize 14px style Kelembaban space absolut space equals space 45 space gr divided by straight m cubed end style

Dengan demikian, besaran kelembaban asolut adalah 45 undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 02 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved