Roboguru

Pada sensus penduduk, terdapat metode householder, canvaser, sensus de facto dan de jure. Jelaskan perbedaannya!

Pertanyaan

Pada sensus penduduk, terdapat metode householder, canvaser, sensus de facto dan de jure. Jelaskan perbedaannya!undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Sensus penduduk proses menyusun, mengelola, dan mempublikasikan data kependudukan. Mulai dari data yang bersifat sosial, demografi, serta ekonomis dari suatu wilayah atau negara tertentu dan dalam waktu tertentu. Dalam pelaksanaannya, sensus penduduk dibagi menjadi dua, yaitu berikut ini.

  • Berdasarkan tempat tinggal, sensus dibedakan menjadi:
  1. Sensus de jurepencacahan jiwa yang dilakukan di tempat penduduk tersebut tinggal secara resmi.
  2. Sensus de factopencacahan jiwa di tempat mereka ditemukan oleh petugas lapangan.
  • Berdasarkan metode pengisiannya, sensus dibedakan menjadi:
  1. Metode householderpendataan dengan cara meminta penduduk mengisi daftar sensus sendiri.
  2. Metode canvasserpendataan oleh petugas dengan cara mewawancarai penduduk secara langsung. Biasanya petugas sensus mengisi daftar sensus, dan penduduk hanya sebagai narasumber.space space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Data penduduk dapat diperoleh dengan berbagai macam metode. Indonesia menggunakan metode sensus untuk mendata penduduknya. Analisislah kelebihan dan kekurangan metode perolehan data tersebut!

Pembahasan Soal:

Sensus penduduk adalah perhitungan jumlah penduduk dengan cara mengumpulkan, menghitung dan menyusun data penduduk pada wilayah dan waktu tertentu. Metode sensus di Indonesia dilakukan 10 tahun sekali oleh BPS (Badan Pusat Statistik).

Kelebihan sensus penduduk adalah sebagai berikut.

  1. Paling akurat
  2. Mencakup seluruh populasi
  3. Dapat digunakan sebagai dasar perencanaan pembangunan
  4. Penyajian data sampai unit terkecil, seperti kecamatan dan kelurahan

Kekurangan sensus penduduk adalah sebagai berikut.

  1. Biayanya mahal
  2. Kurang update atau tingkat pembaruan datanya kurang
  3. Ada kemungkinan populasi tidak semuanya tercacah
  4. Ada kesulitan dalam mendata semua anggota populasi yang relevan
Roboguru

Pendataan penduduk yang hanya di tunjukkan pada setiap orang yang resmi berdomisili di suatu daerah adalah ...

Pembahasan Soal:

Sensus de jure hanya mencatat penduduk yang sudah secara resmi terdaftar sebagai penduduk dan tinggal di daerah tersebut. Jika menggunakan metode sensus de jure, penduduk asli yang sudah terdaftar dapat dibedakan dengan penduduk yang belum terdaftar. Penduduk yang belum terdaftar tersebut antara lain penduduk yang hanya tinggal di tempat tersebut untuk sementara waktu. Oleh karena itu, penduduk tersebut tidak diikutkan dalam proses sensus de jure.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Roboguru

Wafa dan Syifa adalah anak-ibu dan merupakan penduduk asli Kota Depok dan telah memiliki KTP Depok. Suatu hari, Wafa harus tinggal di Cirebon selama dua bulan untuk penelitian. Pada saat itu, kegiatan...

Pembahasan Soal:

Sensus penduduk adalah suatu proses pengumpulan dan pencatatan data demografi, sosial, dan ekonomi mengenai semua penduduk yang bertempat tinggal di suatu wilayah tertentu secara periodik.   

Berdasarkan tempat tinggalnya, sensus penduduk dapat dibagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut.

  1. Sensus de jure, yaitu pencacahan yang ditujukan kepada setiap penduduk yang benar-benar berdiam atau bertempat tinggal di daerah atau negara yang bersangkutan.
  2. Sensus de facto, yaitu pencacahan penduduk yang ditujukan kepada setiap penduduk yang pada waktu diadakan sensus berada dalam wilayah atau negara yang bersangkutan.

Berdasarkan cara pengumpulan datanya, sensus penduduk dapat dibagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut.

  1. Metode householder, yaitu pendataan yang dilakukan dengan cara meminta kepala keluarga yang mengisi daftar sensus sendiri.
  2. Metode canvasser, yaitu pendataan yang dilakukan dengan cara mewawancarai kepala keluarga. Biasanya petugas sensus mengisi daftar sensus dan kepala keluarga hanya sebagai narasumber.

Pada saat sensus penduduk terjadi di Kota Depok, data kependudukan Wafa tidak dicatat karena dirinya tidak berada di Depok dan sedang tinggal di Cirebon. Berdasarkan tempat tinggalnya, hal ini termasuk dalam sensus de facto. Kemudian, ketika hasil wawancara sensus dicatat langsung oleh petugas, hal ini termasuk dalam metode canvasser. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B 

Roboguru

Kegiatan pengumpulan data yang berhubungan dengan peristiwa kependudukan seperti pencatatan kelahiran, kematian, dan pernikahan disebut ….

Pembahasan Soal:

Data kependudukan di suatu wilayah dapat dilakukan dengan beberapa metode, yaitu sensus penduduk, survei penduduk, dan registrasi penduduk. Sensus penduduk adalah suatu proses pengumpulan, pengolahan, evaluasi, analisis, dan penerbitan data demografi, ekonomi, dan sosial di suatu wilayah pada waktu tertentu. Survei penduduk adalah pencacahan penduduk dengan teknik mengambil contoh daerah untuk dicacah penduduknya dan dilakukan secara berkala satu tahun sekali. Registrasi penduduk adalah pencatatan penduduk yang dilakukan secara teratur dan berkesinambungan seperti data kelahiran, kematian, dan pernikahan.

Berdasarkan penjelasan tiga metode pendataan penduduk, jawaban yang cocok untuk menjawab pertanyaan diatas adalah registrasi penduduk. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

Roboguru

Berikut ini merupakan karakteristik sensus penduduk, kecuali...

Pembahasan Soal:

Sensus penduduk adalah keseluruahan proses pendatan penduduk. Ciri khas dari sensus adalah bersifat individu, universal, serentak dan periodik. Dari opsi jawaban pada soal ini, jawaban yang bukan merupakan ciri atau karakterisitik dari sensus adalah bersifat pasif.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved