Roboguru

Pada reaksi terang fotosintesis, elektron dari fotosistem II diteruskan ke fotosistem I sehingga elektron fotosistem I tereksitasi. Elektron yang tereksitasi ini akan dilanjutkan ke rantai transpor elektron kedua yang menghasilkan NADPH. Namun, kadang elektron tidak diteruskan ke transpor elektron kedua melainkan kembali ke kompleks sitokrom dan melalui fotosistem I lagi. Peristiwa ini dapat mengakibatkan . . . .

Pertanyaan

Pada reaksi terang fotosintesis, elektron dari fotosistem II diteruskan ke fotosistem I sehingga elektron fotosistem I tereksitasi. Elektron yang tereksitasi ini akan dilanjutkan ke rantai transpor elektron kedua yang menghasilkan NADPH. Namun, kadang elektron tidak diteruskan ke transpor elektron kedua melainkan kembali ke kompleks sitokrom dan melalui fotosistem I lagi. Peristiwa ini dapat mengakibatkan . . . .undefined 

  1. fotolisis H subscript 2 O yang menghasilkan undefined

  2. dihasilkan ATP tanpa energi cahaya

  3. terbentuk glukosa dari fruktosa-6P di stroma

  4. dihasilkannya ATP lebih banyak melalui aliran siklik

  5. dihasilkannya NADPH untuk digunakan dalam siklus Calvin

Pembahasan Soal:

Peristiwa di atas mengakibatkan ATP banyak dihasilkan pada jalur siklik. Jalur fotofosforilasi siklik adalah proses yang melibatkan hanya satu fotosistem (PI) dan hanya menghasilkan ATP tanpa NADPH dan Oksigen. Pengertian siklik yakni elektron mengalami perputaran kembali ke pusat reaksi. Jalur ini disebut siklik karena elektron (e−) bertenaga tinggi yang meninggalkan klorofil pusat reaksi, kembali ke pusat reaksi tersebut setelah melalui rantai pemindah elektron.

Dengan demikian pilihan jawaban yang tapat adalah D.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 02 Februari 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved