Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pada reaksi pembuatan gas amonia, persamaan reaksinya adalah: N 2 ​ ( g ) + 3 H 2 ​ ( g ) → 2 NH 3 ​ ( g ) . Pernyataan yang benar tentang persamaan reaksi di atas adalah ...

Pada reaksi pembuatan gas amonia, persamaan reaksinya adalah:


.


Pernyataan yang benar tentang persamaan reaksi di atas adalah ... 

  1. Ketiga fase dalam hasil reaksi di atas sama, yaitu fase cair.undefined 

  2. 2 molekul gas amonia adalah zat hasil reaksi.undefined 

  3. Gas nitrogen dan gas hidrogen disebut zat hasil reaksi.undefined 

  4. Angka 3 dalam gas hidrogen dinamakan indeks reaksi.undefined 

  5.  Gas amonia disebut zat pereaksi.undefined 

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah B.

jawaban yang benar adalah B.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Penulisan reaksi kimia melibatkan zat pereaksi (reaktan atau pereaksi), zat hasil reaksi (produk), dan tanda anak panah. Tanda anak panah menyatakan bahwa zat reaktan bereaksi menjadi produk. Selain ketiga komponen tersebut, dalam persamaan reaksi kimia juga terdapat indeks dan koefisien. Indeks merupakan angka yang menyatakan banyaknya atom suatu unsur yang membentuk persenyawaan tetap. Indeks tidak dapat diubah karena merupakan perbandingan tetap atom-atom dalam suatu senyawa. Koefisien merupakan angka yang menyatakan banyaknya atom suatu unsur atau molekul suatu senyawa yang ditulis di depan rumus kimia. Kkoefisien ditambahkan saat menyetarakan atom dalam persamaan reaksi kimia. Pada penulisan persaamaan reaksi kimia juga melibatkan fase yang menunjukkan wujud zat. Fase-fase dalam persamaan kimia adalah sebagai berikut. Padat ( solid , disingkat s ) Larutan ( aqueous , disingkat aq ) Cairan (liquid, disingkat l ) Gas ( gas , disingkat g ) Pada reaksi , ketiga komponen penyusun reaksi berada dalam fase yang sama, yaitu fase gas. Gas nitrogen dan gas hidrogen berperan sebagai pereaksi atau reaktan yang direaksikan untuk memperoleh produk. Angka 3 yang terdapat di depan gas hidrogen merupakan angka koefisien, yang menandakan bahwa terdapat 3 molekul gas hidrogen dalam reaksi.Dari reaksi ini diperoleh 2 molekul gas amonia sebagai hasil reaksi atau produk. Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Penulisan reaksi kimia melibatkan zat pereaksi (reaktan atau pereaksi), zat hasil reaksi (produk), dan tanda anak panah. Tanda anak panah menyatakan bahwa zat reaktan bereaksi menjadi produk. Selain ketiga komponen tersebut, dalam persamaan reaksi kimia juga terdapat indeks dan koefisien. Indeks merupakan angka yang menyatakan banyaknya atom suatu unsur yang membentuk persenyawaan tetap. Indeks tidak dapat diubah karena merupakan perbandingan tetap atom-atom dalam suatu senyawa. Koefisien merupakan angka yang menyatakan banyaknya atom suatu unsur atau molekul suatu senyawa yang ditulis di depan rumus kimia. Kkoefisien ditambahkan saat menyetarakan atom dalam persamaan reaksi kimia.

Pada penulisan persaamaan reaksi kimia juga melibatkan fase yang menunjukkan wujud zat. Fase-fase dalam persamaan kimia adalah sebagai berikut.

  1. Padat (solid, disingkat s)
  2. Larutan (aqueous, disingkat aq)
  3. Cairan (liquid, disingkat l)
  4. Gas (gas, disingkat g)

Pada reaksi begin mathsize 14px style N subscript 2 open parentheses italic g close parentheses and 3 H subscript 2 open parentheses italic g close parentheses yields 2 N H subscript 3 open parentheses italic g close parentheses end style, ketiga komponen penyusun reaksi berada dalam fase yang sama, yaitu fase gas. Gas nitrogen dan gas hidrogen berperan sebagai pereaksi atau reaktan yang direaksikan untuk memperoleh produk. Angka 3 yang terdapat di depan gas hidrogen merupakan angka koefisien, yang menandakan bahwa terdapat 3 molekul gas hidrogen dalam reaksi. Dari reaksi ini diperoleh 2 molekul gas amonia sebagai hasil reaksi atau produk.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

425

Haykal Akmal

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Setarakanlah persamaan reaksi berikut! Na + O 2 ​ → Na 2 ​ O

10

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia