Pertanyaan

Pada proses pembuatan amoniak, hal berikut ini akan mempercepat laju reaksi, kecuali :

Pada proses pembuatan amoniak, hal berikut ini akan mempercepat laju reaksi, kecuali :space 

  1. Penambahan Fe sebagai katalis space 

  2. Penambahan panas pada sistem space 

  3. Penggunaan nitrogen dalam wujud cairan space 

  4. Penambahan gas hydrogen space 

  5. Penambahan gas nitrogen space 

S. Susanti

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jayabaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah C.

jawaban yang benar adalah C.space 

Pembahasan

Proses pembuatan amoniak ( ) dengan proses Haber-Bosch dilakukan dengan menggabungkan nitrogen dari udara dan hidrogen dari gas metana. Reaksinya merupakan reaksi kesetimbangan / reversibel dan berlangsung secara eksoterm. Reaksinya yaitu : Katalis besi biasanya digunakan untuk mempercepat terjadinya reaksi. Penambahan gas nitrogen dan gas hidrogen juga akan mempercepat reaksi karena semakin banyak tumbukan efektif yang dihasilkan. Penambahan panas dalam sistem akan menggeser kesetimbangan ke arah eksotermik / ke arah produk sehingga laju reaksi juga semakin besar. Dengan demikian, dari opsi pada soal hal yang tidak mempercepat laju reaksi pada proses pembuatan amoniak adalah penggunaan nitrogen dalam wujud cairan. Hal ini dikarenakan luas permukaan cairan lebih kecil dibandingkan gas sehingga reaksi akan berlangsung lebih lambat. Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Proses pembuatan amoniak (N H subscript 3) dengan proses Haber-Bosch dilakukan dengan menggabungkan nitrogen dari udara dan hidrogen dari gas metana. Reaksinya merupakan reaksi kesetimbangan / reversibel dan berlangsung secara eksoterm. Reaksinya yaitu :


N subscript 2 open parentheses g close parentheses space plus space 3 space H subscript 2 open parentheses g close parentheses space rightwards harpoon over leftwards harpoon space 2 space N H subscript 3 open parentheses g close parentheses space space space space space space space space space space increment H equals minus sign 92 bevelled fraction numerator space kJ over denominator mol end fraction


Katalis besi biasanya digunakan untuk mempercepat terjadinya reaksi. Penambahan gas nitrogen dan gas hidrogen juga akan mempercepat reaksi karena semakin banyak tumbukan efektif yang dihasilkan. Penambahan panas dalam sistem akan menggeser kesetimbangan ke arah eksotermik / ke arah produk sehingga laju reaksi juga semakin besar.

Dengan demikian, dari opsi pada soal hal yang tidak mempercepat laju reaksi pada proses pembuatan amoniak adalah penggunaan nitrogen dalam wujud cairan. Hal ini dikarenakan luas permukaan cairan lebih kecil dibandingkan gas sehingga reaksi akan berlangsung lebih lambat.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.space 

315

5.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Penggunaan besi pada proses Haber-Bosch adalah sebagai…

55

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia